Insight

Cari Tahu Exhaust fan yang Cocok untuk Kebutuhan Anda Disini!

exhaust fan plafon

Rumah sehat perlu memiliki sirkulasi udara yang lancar, penggunaan ventilasi saja tidak cukup, karena tak jarang ventilasi suatu bangunan tidak didesain sedemikian baik untuk sirkulasi udara. Untuk mendapatkan sistem sirkulasi udara yang baik, Anda dapat memasang exhaust fan di dinding, plafon, dapur, dan ruangan lainnya yang memiliki sirkulasi udara minim.

Exhaust fan sendiri merupakan alat yang dapat membantu menyalurkan udara yang bersih sehingga penghuni ruangan dapat menghirup udara segar dan terhindar dari udara kotor. Penggunaan exhaust fan tidak hanya untuk rumah saja, tapi juga dapat digunakan untuk mall, restoran, hingga pabrik industrial.

Untuk itu pada kesempatan kali ini tim indotrading news akan membahas lebih jauh jenis-jenis exhaust fan yang dapat disesuaikan untuk kebutuhan Anda. Anda dapat menemukan berbagai pilihan exhaust fan di Indotrading!

Exhaust Fan

exhaust fan plafon

Exhaust fan adalah perangkat mekanik yang digunakan untuk mengeluarkan udara panas dan kotor. Selain itu alat yang satu ini dapat menyerap panas di ruangan yang langsung berhubungan dengan udara luar. Dengan begitu, suhu di dalam ruangan akan terjaga, sebab udara panas sudah dialihkan ke luar ruangan.

Karena memiliki fungsi untuk menyerap panas, alat ini juga dapat menjaga kelembaban di dalam ruangan.

Cara kerja Exhaust Fan

Sesuai seperti namanya, Exhaust Fan bekerja dengan cara menghisap udara panas dan mengalirkan udara bersih, lebih lengkapnya lagi berikut cara kerjanya: 

  1. Berbeda dengan kipas angin yang sama sama memberikan udara, alat ini bekerja lebih yaitu  menghisap udara panas dan mengalirkan udara bersih keruangan yang sudah dipasangi exhaust fan.
  2. Setelah menghisap udara kotor pada ruangan, alat ini akan mengalirkan udara kotor tersebut dan membuangnya ke luar ruangan.
  3. Dengan pembuangan udara kotor pada ruangan, dapat membuat kualitas udara pada ruangan tersebut menjadi lebih baik, sehingga dapat membuat volume udara kotor di dalam ruangan menjadi berkurang.
  4. Setelah udara kotor keluar, maka exhaust fan akan mengalirkan udara bersih dari luar yang masuk melalui  lubang ventilasi, dan menggantikan udara kotor yang telah terhisap sebelumnya. Proses ini akan terus terjadi secara berulang selama exhaust fan tetap dinyalakan.

Baca Juga: Coba Pilih 10 Ceiling Fan Terbaik Ini Biar Bebas Panas

Jenis-Jenis Exhaust Fan

Jenis dari exhaust fan pun beragam, sehingga penggunaannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Untuk memudahkan Anda mengetahui jenis-jenis dari exhaust fan, berikut pembahasannya:

 

1. Exhaust Fan Plafon

Exhaust fan Plafon

Exhaust fan plafon merupakan jenis exhaust yang banyak digunakan, tak hanya untuk hunian saja, jenis exhaust fan plafon ini umum digunakan untuk restoran, ataupun kamar mandi. selain itu jenis exhaust fan ini juga tak mengganggu interior ruangan.

Biasanya exhaust fan jenis ini dipasang pada langit langit ruangan, sehingga cara kerjanya dengan cara mengeluarkan udara yang ada dalam melalui lubang di langit-langit rumah Anda.

Anda dapat menemukan pilihan exhaust fan plafon terbaik dan berkualitas di Indotrading.

2. Exhaust Fan Dinding

Exhauts fan Dinding

Jenis exhaust fan ini merupakan jenis yang dipasang dengan dengan cara ditempelkan pada dinding rumah. Namun, pemasangan jenis exhaust fan ini harus berhadapan langsung dengan area terbuka, guna memudahkan udara kotor dan bersih mudah untuk keluar masuk melalui kipas. Biasanya jenis ini paling banyak dipasang untuk hunian rumah area dapur dan kamar mandi.

Anda dapat menemukan pilihan exhaust fan dinding terbaik dan berkualitas di Indotrading.

3. Exhaust Fan Jendela

Exhaust fan jendela

Exhaust fan jendela merupakan jenis exhaust fan yang dapat menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang menginginkan kesegaran udara di dalam kamar, ruang tamu, atau ruang keluarga.

Jenis ini umumnya dipasang pada bagian jendela kaca yang setidaknya memiliki ketebalan dari 3 mm hingga 7 mm. Untuk memaksimalkan udara yang keluar atau masuk, usahakan exhaust fan jendela dipasang menghadap ke area terbuka supaya udara kotor dari dalam ruangan bisa langsung dibuang keluar.

3. Exhaust Fan Inline

Exhaust fan Inline

Exhaust fan inline merupakan jenis exhaust fan  yang berbeda dari yang lainnya. Hal tersebut karena inline exhaust fan mempunyai komponen tambahan seperti saringan dalam, saringan luar, kipas penyedot, dan pipa.

Komponen tersebut berguna untuk menghisap uap air dan udara kotor dari dalam ruangan yang tidak mempunyai akses ke ruangan terbuka di luar bangunan.

Model exhaust fan inline sangat cocok digunakan pada kamar mandi atau ruangan yang terisolasi dari luar seperti mall, ruang kantor, dan lainnya. Anda dapat menemukan pilihan exhaust fan inline terbaik dan berkualitas di Indotrading.

4. Exhaust fan Cooker Hood

Exhaust fan Cooker Hood

Jika Anda membutuhkan exhaust fan untuk menghilangkan asap, uap, serta bau yang dihasilkan dari proses memasak didapur, exhaust fan cooker hood dapat menjadi pilihan yang tepat. Cooker hood ini biasanya dipasang langsung diatas kompor, sehingga asap uap, serta bau yang keluar dari wajan bisa langsung diserap oleh cooker hood ini, sehingga  dapat memaksimalkan kinerja exhaust fan pada plafon atau dinding supaya asap kotor lebih cepat disingkirkan.

Baca Juga: 10 Exhaust Fan Terbaik yang Bisa Hadirkan Udara Bersih dan Segar untuk Hunian Anda

Itulah pembahasan lengkap mengenai jenis jenis exhaust fan yang bisa Anda pilih dan sesuaikan dengan kebutuhan. Anda dapat menemukan berbagai pilihan exhaust fan dari brand dan supplier terpercaya di Indotrading.

Jika Anda masih bingung untuk memilih spesifikasi exhaust fan yang sesuai, Anda dapat menonton 9 Rekomendasi Exhaust Fan Terbaik Untuk Anda! di Youtube channel Indotrading.

IndoTrading.com adalah Direktori Supplier No 1 Terbesar di Indonesia.

B2B Marketplace, B2B E-commerce, B2B, Pusat Distributor, Trading, Supplier, Agen, Grosir, Importir, Exportir dan Penyedia Jasa terlengkap di Indonesia.

© 2021 Indotrading.com. All Right Reserved.

To Top