Insight

Sebelum Memasangnya! Ini Fungsi Kabel Duct yang Harus Anda Ketahui

Memiliki bentuk dan fungsi yang hampir mirip dengan kabel tray dalam instalasi kelistrikan, kabel duct juga jadi salah satu perlengkapan listrik yang wajib ada pada instalasi listrik. Kali ini Tim News Indotrading akan membahas mengenai fungsi kabel duct yang harus Anda ketahui.

Di Indotrading, Anda dapat menemukan berbagai jenis kabel duct dengan kualitas dan harga terbaik langsung dari Supplier terpercaya di Indonesia!

Baca Juga : Sering Gonta-ganti Kabel? Ini 4 Tips agar Kabel Listrik Tetap Awet!

Apa Itu Kabel Duct ?

Kabel duct merupakan salah satu perlengkapan instalasi kabel berupa rumahan kabel. Kabel duct khusus digunakan sebagai rumahan kabel yang akan diinstal di bawah tanah yang diletakan pada pipa – pipa di bawah permukaan tanah.

Kabel duct memiliki bentuk yang sama dengan kabel tray dan kabel klem. Hanya saja kabel duct biasanya terbuat dari bahan material PVC dengan variasi berbagai warna. Meskipun begitu, ada juga kabel duct yang terbuat dari baja yang tahan karat.

Jenis kabel ini sengaja diletakan di bawah tanah dengan tujuan agar jauh dari jarak pandang. Sebab jenis kabel ini memiliki tekanan tinggi yang berbahaya sewaktu-waktu.

Keuntungan Menggunakan Kabel Duct

Diantara jenis pelindung kabel lainnya, kabel duct memiliki keuntungannya tersendiri saat digunakan. Berikut diantara kelebihan kabel dutch dibandingkan jenis kabel lainnya :

  1. Kabel tidak mudah rusak dan membahayakan karena terlindungi rumahan kabel yang kuat
  2. Mengurangi resiko kebakaran, korsleting listrik ataupun bahaya instalasi listrik lainnya
  3. Lebih rapi dan nyaman dipandang, terlebih untuk jenis instalasi kabel rumah ataupun perkantoran
  4. Meredam panasnya instalasi listrik yang berjalan

Tipe – Tipe Kabel Duct

1. Kabel Duct Trunking

Kabel duct trunking merupakan tipe duct yang paling sederhana dibandingkan tipe lainnya. Biasanya kabel duct tipe ini banyak digunakan di rumah – rumah.  Tujuannya adalah agar kabel terlindungi dari debu dan air yang bersifat dapat menimbulkan korsleting pada kabel tersebut.

Kabel duct jenis ini memiliki bentuk persegi panjang atau kotak yang salah satu sisi nya dapat dibuka dan ditutup. Namun, ada juga jenis ini yang memiliki bentuk lainnya seperti setengah lingkaran ataupun trapesium.

2. Kabel Floor Duct

Selanjutnya ada tipe kabel floor dutch. Kabel jenis ini banyak diletakan pada permukaan lantai. Berbeda dari kabel duct trunking, Kabel floor duct memiliki bentuk oval dengan berbagai ukuran. Tujuannya adalah agar tidak tersandung dan membahayakan orang.

Jenis ini banyak dan mudah ditemukan di pasaran. Kabel floor duct biasanya dipasarkan dalam ukuran panjang mulai dari 1 meter.

Baca Juga : 10 Rekomendasi Merek Kabel UTP Untuk Jaringan Lokal

3. Kabel Crave Floor Duct

Seperti namanya, jenis kabel duct yang satu ini memiliki bentuk menyerupai gundukan kubah. Biasanya crave floor duct banyak dijumpai dan digunakan pada instalasi listrik rumahan ataupun perkantoran.

Jenis duct yang satu ini juga banyak terbuat dari bahan material PVC pada umumnya. Juga pemasangan tipe ini juga banyak digunakan khusus untuk pemasangan kabel duct dengan menggunakan double tape. 

Fungsi – Fungsi Kabel Duct

Utamanya, fungsi kabel duct mirip dengan fungsi kabel tray yakni menjadi pelindung kabel instalasi listrik. Namun kabel duct juga memiliki fungsi lainnya. Lebih lengkap lagi, berikut penjelasan fungsi kabel duct.

1. Koordinasi Jaringan Kabel Bawah Tanah

Selain menjadi rumah bagi para instalasi kabel kelistrikan, kabel duct juga menjadi koordinator yang mengkoordinasikan jaringan kabel bawah tanah dengan pemilik nya. 

Mengemban peran penting sebagai koordinator jaringan yang diletakan di permukaan bawah tanah, biasanya kabel duct yang digunakan adalah yang berbahan besi atau baja yang tahan untuk dimasukan kedalam tanah dalam jangka waktu yang lama.

2. Merapihkan Kabel

Kabel duct juga digunakan pada kabel-kabel instalasi listrik utamanya juga untuk merapikan tatanan merapikan kabel. Sehingga tatanannya lebih rapi dan lebih aman.

Fungsi ini juga sangat dibutuhkan pada instalasi listrik di segala bidang, terlebih instalasi listrik pada area pembangunan. Hal ini juga menjadikan perawatan instalasi kabel juga lebih mudah dilakukan. Sehingga lebih tepat dan cepat dalam perawatannya.

3 Pemberi Informasi

Kabel duct juga digunakan sebagai pemberi informasi. Maksudnya adalah kabel duct akan langsung memberikan informasi kepada pemilik saat terjadi dan terlihat kerusakan pada masing – masing jaringan.

Dengan berbagi informasi tersebut, dapat memberikan kemudahan bagi para penggunannya, terlebih pada kabel yang dipasang di tipe rumah minimalis. 

Sebab dengan begitu, para pengguna akan lebih cepat dan tepat dalam penanganan kerusakan yang terjadi pada jaringan tersebut. Sehingga hasilnya pun dapat lebih berdampak pada jaringan keseluruhan.

Demikianlah pembahasan mengenai kabel duct lengkap mulai dari definisi, jenis, keuntungan pemasangan hingga fungsi kabel duct dalam instalasi kabel kelistrikan.

Anda bisa temukan berbagai jenis kabel duct dengan kualitas dan harga terbaik dari Supplier terpercaya di Indonesia di Indotrading!

Baca Juga : Inilah Jenis-jenis Kabel UTP yang Paling Populer di Dunia IT

banner seller
To Top