Insight

Ini Dia Jenis Jenis Kabel Tray yang Perlu Diketahui untuk Pengamanan Instalasi Kabel Anda

Jenis Kabel Tray

Tampilan kabel yang berantakan cukup mengganggu estetika ruangan. Agar kabel yang berantakan tersebut tidak mengganggu pemandangan, Anda dapat menggunakan kabel tray. Kabel tray sendiri merupakan aksesoris kabel yang memiliki bentuk dan fungsi yang hampir mirip dengan kabel duct dalam instalasi kelistrikan. Penggunaan kabel tray sendiri juga menjadi salah satu perlengkapan listrik yang wajib ada pada instalasi listrik.

Untuk memudahkan Anda mengenai cable tray Kali ini Tim Indotrading News  akan membahas mengenai apa itu cable tray serta fungsi dan jenis jenisnya yang harus Anda ketahui.

Namun sebelum membaca lebih lanjut, Anda dapat menemukan berbagai pilihan kabel tray berkualitas dan terpercaya untuk perkabelan Anda di Indotrading.

Kabel Tray

Kabel tray adalah perlengkapan aksesoris kabel yang digunakan untuk jalur pemasangan kabel listrik agar aman dan terlihat rapi. Cable tray sendiri merupakan sistem manajemen saluran kabel yang tidak tertanam.

Umumnya penggunaan cable tray digunakan untuk kebutuhan instalasi listrik di Industri telekomunikasi, kelistrikan maupun rumah tangga. Dengan menggunakan cable tray dapat menjadi alternatif wiring atau conduit system terbuka. Sehingga, selain memberikan tambahan perlindungan kepada instalasi kabel, juga dapat mempermudah proses pemeliharaanya (maintenance).

Selain itu penggunaan cable tray juga dapat membuat kabel tidak tumpang tindih, dan terlilit satu sama lain. Karena jika kabel dibiarkan berantakan atau terlilit dapat menyebabkan konsleting, sehingga kebakaran dapat mudah terjadi.

Baca Juga: Ini dia Fungsi Kabel Duct yang Harus Anda Ketahui!

Keunggulan Pemasangan Tray

Kabel tray sendiri merupakan aksesoris pelindung kabel yang digunakan untuk mengamankan instalasi kabel yang terbuka. Biasanya cable tray sendiri digunakan untuk pengamanan cable yang berada di langit-langit. Selain digunakan untuk instalasi cable terbuka, berikut beberapa keunggulan lainnya dari penggunaan cable tray:

  1. Instalasi pemasangannya lebih mudah.
  2. Perawatannya lebih murah.
  3. Pengecekkan instalasi kabel lebih mudah dilakukan.
  4. Tidak menghantarkan arus listrik sehingga minim resiko tersengat arus listrik.
  5. Tahan terhadap cuaca ekstrem seperti panas dan hujan
  6. Tersedia dalam ukuran standart dengan penutup sepanjang 3. 000 mm.

Jenis Jenis Kabel Tray

1. Kabel Tray Pejal (Solid Bottom)

Kabel Tray Pejal (Solid Bottom)

Jenis ini merupakan jenis pengaman kabel yang memberikan perlindungan maksimum pada kabel. Namun penggunaan cable tray jenis ini membutuhkan pemotongan tray atau ketepatan, mulai dari cable dimasukan hingga cable dikeluarkan.

2.Kabel Tray Berlubang (Perforated Tray)

Kabel Tray Berlubang (Perforated Tray)

Jenis ini merupakan jenis pengaman kabel yang umumnya digunakan untuk saluran kabel biasa atau kabel channel. Letak Ventilasi tray dari jenis ini berada di bagian bawah tray. Hal tersebut agar sirkulasi udara dapat terproses sehingga dapat melepaskan panas yang ditimbulkan oleh cable, dan menghindari terjebaknya hawa panas tersebut dari rangkaian cable tray.

3. Kabel Tray Tangga (Ladder Tray)

Kabel Tray Tangga (Ladder Tray)

Jenis ini adalah jenis pelindung kabel yang dibentuk dari 2 batang besi pinggir yang dihubungkan oleh palang palang besi. Sehingga tampilan dari cable tray ini menyerupai tangga, dan interval reguler tray jenis ini ada di urutan 4 sampai 12 inci (100 sampai 300 mm).

Selain itu, jenis cable tray ini memungkinkan cable terlindung dari debu, air, hingga objek lainnya yang dapat mempengaruhi performa dari aliran listrik. Hal tersebut karena ventilasi dari tray jenis ini cukup besar.

Cable tray ladder berbentuk tanga ini juga tersedia dalam tipe U (tipe W (SLW), tipe Heavy Duty (Slhd). Sehingga Instalasi pemasangannya cukup mudah.

4. Kabel Tray Pagar (Wire Mesh Tray)

Kabel Tray Pagar (Wire Mesh Tray)

Jenis ini merupakan pengaman kabel yang berbentuk pagar atau jaring . Umumnya cable tray jenis ini digunakan untuk saluran instalasi berukuran kecil, Namun dalam jumlah yang banyak seperti untuk telepon atau cable jaringan komputer.

5. Aksesoris Kabel Tray

Aksesoris cable tray merupakan jenis yang sangat dibutuhkan dalam instalasi cable tray. Umumnya aksesoris cable tray digunakan untuk mengatur dukungan kabel pada perubahan derajat atau perubahan arah dari tray.

Beberapa aksesoris cable tray yang umum digunakan, antara lain seperti di gambar berikut:

"Aksesoris

Tips Memilih Tray yang Tepat

Agar instalasi kabel dapat sesuai dengan jenis kabel yang di butuhkan, pastikan memilik jenis yang tepat. Untuk itu, berikut tips dalam memilih cable tray yang sesuai:

1. Ketahui Tipe Kabel yang Baik

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli cable tray, ada baiknya Anda untuk mengetahui terlebih dahulu tipe-tipe kabel tray yang ada. Untuk itu pilihlah cable tray yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

2. Pastikan Jumlah Kabel yang Terpasang

Selanjutnya, agar jenis cable tray yang dipilih sesuai, Anda perlu memastikan jumlah kabel dan diameter cable yang akan dimasukan kedalam cable tray. Sebab, jumlah dan ukuran tersebut berpengaruh pada besarnya ukuran cable tray yang dibutuhkan. Maka dari itu, sebelum memutuskan untuk membeli cable tray dengan ukuran, pastikanlah terlebih dahulu jumlah kabel yang akan di install.

3. Mengikuti Rekomendasi Produsen

Biasanya sebelum membeli cable tray, Anda akan ditanyakan terlebih dahulu pembelian untuk kebutuhan apa. Siapkanlah data kebutuhan Anda, lalu kemudian produsen akan merekomendasikan dan menyarankan pilihan terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Tips Pemasangan Tray

Agar cable tray dapat digunakan optimal sebagai pengaman listrik, berikut beberapa tips agar penggunaan cable tray optimal:

  1. Pastikan lokasi pemasangan cable tray  tidak menghalangi akses ke equipment seperti ke akses tangga, pintu, dan manhole.
  2. Jauhkan cable tray dari vessel bergerak seperti silo timbangan. Hal tersebut karena jika cable tray dipasang dekat dengan silo, dapat membuat gerak silo terhambat.
  3. Jika ingin dipasang secara bertumpuk, maka diantara kedua cable tray atas dengan tray bawah minimal berjarak 30 cm.
  4. Pastikan pemasangan cable tray tidak dipasang pada zona mudah terbakar. Kecuali jika lokasi pemasangan mempunyai spesifikasi fire prove atau fire retardant.
  5. Usahakan dalam instalasi cable tray dilakukan oleh tenaga yang profesional, berpengalaman dan paham tentang peraturan safety dan kelistrikan.
  6. Saat pemasangan cable tray, usahakan untuk memisahkan cable power dengan cable signal. Hal tersebut agar memudahkan Anda di jauh hari jika ingin melakukan maintenance.

Itulah pembahasan mendalam dari cable tray yang perlu Anda ketahui. Pastikan untuk menggunakan instalasi cable tray berkualitas untuk kebutuhan Anda, Anda dapat menemukan berbagai kabel tray berkualitas dari Supplier terbaik dan terpercaya di Indotrading.

IndoTrading.com adalah Direktori Supplier No 1 Terbesar di Indonesia.

B2B Marketplace, B2B E-commerce, B2B, Pusat Distributor, Trading, Supplier, Agen, Grosir, Importir, Exportir dan Penyedia Jasa terlengkap di Indonesia.

© 2021 Indotrading.com. All Right Reserved.

To Top