Insight

10 Merek Kabel UTP dengan Performa Andal untuk Tunjang Jaringan Lokal

rekomendasi kabel utp terbaik

Seperti yang kita tahu, Unshielded Twisted Pair atau yang biasa disebut dengan kabel UTP merupakan jenis kabel yang berfungsi untuk menghubungkan jaringan Local Area Network (LAN) pada suatu sistem jaringan network atau jaringan di komputer.

Nah, karena sangat fungsional, tak heran jika jenis kabel ini sangat digandrungi. Jika Anda membutuhkan kabel ini untuk keperluan instalasi jaringan lokal, maka jangan lewatkan rekomendasi merek kabel UTP terbaik yang bisa Anda dapatkan di pasaran. Berikut adalah informasi selengkapnya!

Rekomendasi Merek Kabel UTP Terbaik

Saat ini, kabel UTP merupakan perangkat yang sudah banyak diproduksi. Bahkan, kabel UTP didesain dengan sederet spesifikasi untuk menunjang segala kebutuhan instalasi sebuah sistem jaringan. Nah, bagi Anda yang sedang mencari rekomendasi merek kabel UTP terbaik, berikut ini Indotrading punya rekomendasinya yang perlu Anda pertimbangkan!

1. Belden

Dari deretan merek kabel UTP terbaik, Belden adalah jawaranya. Ya, banyak orang yang merekomendasikan Belden jika Anda membutuhkan kabel UTP. Belden pantas masuk dalam rekomendasi sebab secara kualitas.

Kabel UTP asal Amerika Serikat ini merupakan merek ternama dalam komoditas perkabelan terutama untuk networking seperti kabel UTP. Kabel UTP merek Belden memiliki karakteristik dimana kabel memiliki resistensi kurang dari 0.1 ohm per meternya sehingga sinyal yang dihasilkan sangat mumpuni.

2. AMP

Rekomendasi kabel UTP terbaik selanjutnya datang dari AMP. Kabel AMP menawarkan kualitas tinggi yang sangat cocok untuk menunjang kebutuhan jaringan gigabit.

Ya, kabel yang terbuat dari tembaga murni yang dibalut dengan isolator karet ini memang dirancang untuk mampu menghantarkan data hingga kecepatan 1000 Mbps, lho!

Selain itu, keunggulan dari kabel ini juga ternyata bisa mensupport PoE (Power over Ethernet) yakni teknologi untuk jaringan LAN yang memungkinkan arus listrik yang diperlukan untuk pengoperasian setiap perangkat dilakukan oleh kabel data dibandingkan dengan kabel daya.

3. Panduit

Sebagai leading company dalam produk dan layanan infrastruktur untuk jaringan data dan aplikasi daya listrik, Panduit merupakan salah satu brand yang patut Anda pertimbangkan. Salah satu produk yang dihasilkan oleh Panduit adalah kabel UTP.

Kabel ini menggunakan teknologi Advanced MaTriX yang merupakan solusi optimal untuk 10 GBASE-T yang mencapai kinerja bandwidth saluran di atas standar industri. Kabel UTP Panduit memiliki diameter lebih kecil yaitu berkisar 0,275 sehingga pemasangan lebih mudah.

4. Systimax

Systimax merupakan rekomendasi kabel UTP terbaik yang bisa Anda pilih selanjutnya. Kabel besutan CommScope Inc- perusahaan infrastruktur provider global berbasis di Carolina Utara, Amerika Serikat ini banyak dipilih menjadi solusi perkabelan bagi berbagai industri karena telah memenuhi standar kategori solusi konektivitas UTP industri terkemuka di dunia.

Satu rol kabel Systimax terdiri dari 1000ft atau berkisar 305 meter. Kabel ini sangat andal dalam menangani koneksi Gigabit Ethernet, ATM 1.2 Gigabit, bahkan video Digital Serial 270 Mb/s dan kompatibel untuk menjaga koneksi aplikasi yang berjalan pada efisiensi puncak. Untuk menunjang keamanan, kabel telah diberi isolator PVC.

5. Supreme 

Jika Anda ingin membeli kabel UTP berkualitas dengan harga terjangkau, jatuhkan segera pilihan Anda ke kabel UTP merek Supreme. Kabel yang diproduksi oleh PT. Supreme Power ini memang dibanderol dengan harga yang murah namun dengan kualitas yang wah.

Perusahaan lokal yang telah bergerak dalam industri kabel ini menawarkan kabel UTP untuk menyambung data LAN, Point Access, maupun IP Camera yang sudah lolos Standar Nasional Indonesia. Jika produk lain menawarkan ukuran kabel yang panjang.

Kabel supreme hadir dalam ukuran rol yang lebih pendek yaitu 100 meter, sangat cocok untuk memenuhi kebutuhan instalasi sederhana. Meskipun ukurannya pendek, Supreme mampu menyalurkan listrik AP dengan POE dengan adaptor listrik 9 V, 600 mA ke seri Mikrobatik RB95Ui! Hebat, bukan?

6. Netviel

Rekomendasi Kabel UTP terbaik selanjutnya adalah Netviel. Kabel UTP Netviel ini berasal dari Milan, Italia. Kabel UTP besutan Prysmian Group ini sudah mengantongi standar Internasional ISO/IEC 11801 dan TIA/EIA-568B. Artinya, kabel ini sudah memenuhi standar internasional untuk performa Ethernet Gigabit sampai dengan 350 MHz.

7. Draka

Sama halnya dengan Netviel, kabel UTP merek Draka ini diproduksi oleh produsen kabel terbesar di dunia yaitu Prysmian Group. Draka menjadi salah satu kabel koneksi LAN terbaik yang digandrungi oleh masyarakat. Produk unggulan kabel UTP Draka antara lain adalah Category 5e, Category 6, Category 6A, Category 7, Category 7A, dan Category 8A.

Masing-masing dari kebel tersebut memiliki spesifikasi dan keunggulannya tersebdiri. Yang pasti, kabel UTP merek Draka ini bisa mendukung koneksi ethernet standar performa hingga  100 MHz dan cocok untuk 10BASE-T, 100BASE-TX (Fast Ethernet), and 1000BASE-T (Gigabit Ethernet).

8. LS Simple

Bagi Anda yang berkecimpung di dunia telekomunikasi, pasti sudah tidak asing lagi dengan brand yang satu ini, bukan? Ya, LS Simple merupakan salah satu rekomendasi kabel UTP terbaik yang bisa Anda pilih! Kenapa harus kabel UTP LS?

Sebab, kabel ini sudah terbukti andal dalam menunjang koneksi Fast Ethernet, Gigabit Ethernet, multimedia, dan semua instalasi jaringan komersil global. Solusi kabel jangka panjang dari LS ini sayang sekali untuk Anda lewatkan begitu saja.

Mengingat, kabel ini dirancang dengan mengutamakan keamanan yaitu dengan teknologi anti kebakaran karena terbuat dari kabel plenum berkualitas.

9. Rosenberger

Bagi Anda yang tengah mencari kabel UTP untuk instalasi jaringan outdoor atau luar ruangan, jangan pilih yang lain! Segera jatuhkan pilihan Anda ke Rosenberger!

Kabel ini dirancang untuk pemasangan indoor maupun outdoor yang sudah memenuhi standarisasi TIA-568-C.2 dan ISO/IEC11801-2nd- Edition yang resisten terhadap api.

Kabel Rosenberger sangat reliabel untuk diterapkan pada sistem perkabelan terstruktur dengan bandwidth tinggi dan cocok sebagai solusi kabel kelas D di antaranya untuk menunjang instalasi Voip, ISDN, Token Ring, 100M TP-PMD, ATM 155M / 622M, Video analog dan digital, TR-16 Aktif dan Pasif, serta Fast Ethernet 10Base-T / 100Base-TX.

10. Datwyler

Kabel UTP Datwyler merupakan jenis kabel yang biasa digunakan dalam struktur bangunan. Kabel ini sudah memenuhi standarisasi EN 50173-1 dan ISO/IEC 11801.

Jika Anda memerlukan kabel Datwyler, Anda dapat dengan mudah menemukan produk kabel ini dengan kategori CAT 5e dan CAT 6 sebagai produk unggulannya. Kabel ini dapat diterapkan pada aplikasi jaringan lokal hingga 1000 Base-T.

Baca juga: Wajib Tahu! Inilah Jenis-jenis Kabel UTP yang Populer di Dunia IT!

Itulah beberapa rekomendasi kabel UTP terbaik yang dapat Anda pilih. Ingat, sesuaikan terlebih dulu ya jenis kabel dengan kebutuhan Anda! Dan jangan lupa, untuk membeli kabel UTP berkualitas dri supplier kabel UTP terpercaya se-Indonesia hanya di Indotrading.com!

To Top