Insight

Wajib Tahu, Inilah Jenis-jenis Kabel UTP yang Paling Populer di Dunia IT

jenis-jenis kabel UTP

Bagi Anda yang berkecimpung dalam dunia IT, pasti sudah sering mendengar mengenai kabel UTP, bukan? Kabel UTP biasanya digunakan untuk menyambungkan komputer dengan jaringan LAN. Nah, jika Anda ingin tahu lebih lanjut mengenai kabel UTP mencakup fungsi, kategori, dan jenis-jenis kabel UTP, kami akan membahas tuntas semuanya dalam artikel berikut ini. Jadi, simak terus yuk penjelasan di bawah ini!

 

Apa Itu Kabel UTP?

Sering mendengar, tapi belum tentu paham apa itu kabel UTP. Kabel UTP atau Unshield Twisted Pair merupakan salah satu jenis kabel yang digunakan menyambung komputer dengan sebuah jaringan lokal atau Local Area Network (LAN). Berbeda dengan kabel STP yang memiliki pelindung aluminum, sesuai namanya kabel ini bersifat unshield atau tidak ada pelindung aluminumnya. Kabel ini juga berbentuk kabel yang saling melilit pada setiap pasangnya dengan 8 warna kabel yang berbeda dan fungsi yang berbeda pula.

  • Jingga, penghantar data;
  • Putih Jingga, penghantar paket data;
  • Hijau, penghantar paket data;
  • Putih Hijau, penghantar paket data;
  • penghantar paket suara;
  • Putih Biru, penghantar paket suara;
  • Coklat, penghantar tegangan DC;
  • Putih Coklat, penghantar tegangan DC.

Kabel Unshield Twisted Pair juga memiliki fungsi khusus berdasarkan kategori dan jenisnya. Setidaknya ada 3 jenis kabel UTP dengan fungsi yang berbeda. Sedangkan untuk kategorinya dibagi dalam 7 kategori berbeda berdasarkan fungsinya.  Berikut merupakan poin penjelasannya!

Fungsi Kabel UTP

Secara umum, kabel UTP digunakan pada jaringan berskala kecil atau yang biasa dikenal dengan Local Area Network (LAN). Jaringan ini akan menghubungkan komputer ke komputer lain atau komputer ke perangkat jaringan. Untuk menggunakan kabel ini maka ada aturan penyusunan yang tepat yang harus diterapkan berdasarkan kegunaannya.

Jenis-jenis Kabel UTP

Secara umum, kabel UTP yang beredar di pasaran ada tiga jenis. Setiap jenis kabel UTP memiliki fungsi yang berbeda dalam menghubungkan komputer dengan perangkat jaringan. Untuk lebih jelasnya, sebaiknya simak ulasan mengenai jenis kabel tersebut berikut ini.

1. Straight – Through

Jenis kabel UTP yang pertama adalah kabel dengan tipe Straight – Through. Kabel ini memiliki aturan penyusunan rapi pada ujung konektor yang satu dengan konektor yang lain. Pola penyusunan kabel ini biasanya dimulai dari putih-jingga, jingga, putih-hijau, biru, putih-biru, hijau, putih-coklat dan coklat.

Kabel dengan tipe Straight – Through lebih sering digunakan untuk menghubungkan dua perangkat. Misalnya menghubungkan komputer ke switch, atau router ke switch/hub, serta komputer ke hub. Semua ini sangat memungkinkan dilakukan menggunakan kabel UTP dengan tipe Straight-Through.

2. Cross – Over

Jenis kabel UTP elanjutnya adalah Cross-Over. Jika jenis sebelumnya menggunakan aturan yang rapi dan sama di setiap ujung konektor, aturan pemasangan dari kabel UTP jenis ini sangatlah berbeda. Di setiap ujung konektor, pola atau urutan warna kabel dirancang berbeda.

Biasanya tipe kabel UTP semacam ini digunakan untuk menghubungkan 2 perangkat yang sama. Kabel ini biasanya menghubungkan komputer 1 dengan komputer 2, switch dengan switch dan router dengan router. Pola penyusunan kabel di konektor 1 biasanya dimulai dari putih-jingga, jingga, putih-hijau, biru, putih-biru, hijau, putih-coklat dan coklat. Sedangkan untuk konektor dua aturannya adalah putih-hijau, hijau, putih-jingga, biru, putih-biru, jingga, putih-coklat dan coklat.

3. Roll – Over

Jenis terakhir dari jenis-jenis kabel UTP yang dikenal selama ini adalah tipe Roll-Over. Aturan penyusunan kabel untuk tipe Roll-Over cukup mudah untuk diketahui karena kedua ujung konektor memiliki aturan penyusunan yang terbalik. Hal ini membuatnya sangat mudah untuk menebak jenis kabel UTP yang satu ini.

Hampir sama dengan jenis kabel yang pertama, kabel jenis Roll-Over juga sering digunakan untuk menghubungkan dua perangkat yang berbeda. Yang membedakan adalah jenis perangkat yang menggunakan kebel tipe ini adalah perangkat uang memiliki konsol seperti, proyektor, switch, dan printer.

Kategori Kabel UTP

Pengelompokan kabel UTP lebih dikenal dengan istilah CAT (category). Pengklasifikasian kabel ini didasarkan pada kualitas transmisi data yang disediakan oleh kabel. Ada 7 CAT kabel UTP, yang diulas berikut ini.

1. Kategori 1: CAT1

Kabel dengan kategori 1 ini memiliki kecepatan transmisi data sebesar 1 Mbps. Kategori ini bisa dikatakan merupakan kategori terendah untuk transmisi data.  Kabel ini sudah tidak cocok digunakan untuk system saat ini karena hanya mendukung komunikasi suara analog. CAT1 terkenal di tahun 1983 yang tidak mendukung system komunikasi saat ini.

2. Kategori 2: CAT2

Kecepatan transmisi data kabel kategori 2 ini lumayan cepat yakni 4 Mbps. Pada zamannya, kabel ini sudah mendukung data dan suara digital dalam transmisi data. Dulunya kabel CAT2 digunakan pada jaringan yang mendukung Token Ring yang juga tidak bisa digunakan saat ini.

3. Kategori 3: CAT3

Dengan kecepatan data hingga 10 Mbps, kabel CAT3 sudah lumayan dalam transmisi data. Kabel ini hanya mendukung 10BASE-T saja dan komunikasi suara digital dan data. Seiring perkembangan zaman, CAT3 digunakan sebagai pengganti CAT2.

4. Kategori 4: CAT4

Masih merupakan pengganti kabel CAT3 yang mendukung teknologi Token Ring, CAT4 hadir mendukung kecepatan transmisi yang lebih cepat. Kecepatan transimisi dari CAT4 mencapai 16 Mbps yang mendukung jaringan Ethenet 10BASE-T.

5. Kategori 5: CAT 5

Naik ke kategori yang lebih tinggi, CAT5 sudah menghadirkan kecepatan transmisi data yang besar yaitu 100 Mbps. Kecepatan transmisinya sangat jauh dari kategori sebelumnya yang 16 Mbps saja. CAT5 juga sudah mendukung jaringan Token Ring, Ethernet dan Fast Ethernet.

6. Kategori 5e: CAT5e

Semakin naik, kecepatan transmisi data CAT5e berada di angka yang besar yaitu 1 Gbps. Untuk yang bekerja pada bidang IT dan membutuhkan kinerja yang cepat maka penggunaan kebel CAT5e sangat direkomendasikan.

7. Kategori 6: CAT6

Bagi yang suka bekerja dengan kecepatan tinggi, maka penggunaan kabel CAT 6 ini sangat cocok. Dengan kecepatan transmisi data hingga 10 Gbps, maka pekerjaan akan berjalan dengan lancar. Selain itu kabel ini juga sudah dilindungi dengan 250Mhz frekuensi komunikasi dengan suara digital dan data.

8. Kategori 6a: CAT6a

Kabel CAT6a masih merupakan pengembangan dari kategori sebelumnya yaitu CAT6. Kategori ini memiliki transmisi data yang masih sama seperti versi sebelumnya. Namun yang membedakan adalah adanya peningkatan frekuensi komunikasi di CAT6a yaitu 500Mhz.

9. Kategori 7: CAT7

Kategori 7 memiliki kecepatan transmisi data yang sama dengan CAT6 yaitu 10 Gbps yang juga merupakan kecepatan tertinggi. Frekuensi komunikasinya juga ditingkatkan menjadi 600 Mhz. kabel ini juga mendukung 10BASE-T dan 100BASE-T dengan panjang 100 meter.

Baca juga: Apa Itu Load Cell? Ketahui Fungsi, Cara Kerja dan Serba-serbinya Berikut Ini!

Bagaimana? Tertarik untuk membeli kabel UTP untuk kebutuhan anda? Untuk melihat jenis-jenis Kabel UTP dan kategori silahkan kunjungi website kami. Segera lakukan pemesanan dan dapatkan penawaran harga terbaik dari supplier kabel UTP terpercaya di seluruh Indonesia.

 

To Top