Insight

Sering Gonta-ganti Kabel? Ini 4 Tips agar Kabel Listrik Tetap Awet!

Tips Awet Kabel Listrik, Indotrading News — Kebutuhan manusia atas tenaga listrik menyebabkan keterkaitan secara langsung dengan peran kabel listrik. Berbagai fasilitas di dalam rumah, seperti penerangan dan perangkat elektronik menggunakan kabel untuk menghantarkan arus listrik. 

Kabel listrik memiliki kegunaan yang sangat vital. Karena itulah, dalam penggunaanya harus dipastikan kabel dalam keadaan baik dan layak digunakan. Kondisi kabel listrik akan berpengaruh terhadap keselamatan karena kabel yang rusak bisa memicu terjadinya korsleting, menimbulkan percikan api, dan menyebabkan kebakaran.

Berikut ini Indotrading akan memberikan Anda tips untuk menjaga kabel listrik agar tetap awet, sehingga Anda tetap aman menggunakan fasilitas elektronik di rumah. 

Kabel Listrik dan Penggunaannya

Sebelum masuk pada bahasan mengenai tips agar kabel listrik tetap awet, Anda harus tahu terlebih dahulu penggunaan kabel listrik. Keberadaan kabel berguna sebagai komponen yang tidak bisa lepas dari elemen kelistrikan itu sendiri. Kabel memiliki fungsi utama sebagai penghantar listrik. Selain untuk penghantar listrik, kabel berguna juga untuk penghantar radio frekuensi sebelum dipancarkan melalui antena.  Contohnya siaran televisi atau parabola di rumah. Tanpa kabel, aktivitas tersebut mustahil bisa digunakan. 

Kegunaan kabel listrik harus disesuaikan dengan jenis kabel itu sendiri. Misalnya, untuk instalasi rumah tangga bisa menggunakan kabel listrik NYM atau NYA. Sedangkan untuk instalasi listrik di dalam tanah, bisa menggunakan jenis kabel listrik NYBY.

Cara Agar Kabel Listrik Tetap Awet

Setelah tahu penggunaan dari kabel listrik, sekarang perlu bagi Anda untuk tahu cara agar kabel listrik tetap awet. Untuk melakukannya, Anda bisa mengikuti tips-tips berikut ini.

1. Gunakan Pembungkus Kabel

Cara agar kabel listrik tetap awet yang pertama adalah dengan menggunakan pembungkus kabel. Cara ini termasuk cara termudah untuk menghindari kerusakan kabel. Perlu Anda sadari bahwa instalasi kabel di rumah tidak semuanya bisa Anda lihat. Misalnya untuk instalasi yang ada di atas plafon rumah. Kemungkinan bisa terjadi, misalnya atap rumah bocor sehingga kabel terkena tetesan air atau karena dimakan hewan pengerat seperti tikus. Kondisi seperti sangat berbahaya jika dibiarkan berlarut-larut. Maka dari itu, untuk menghindarinya Anda menggunakan pembungkus kabel.

Untuk mendapatkan pembungkus kabel saat ini sangat mudah karena Anda bisa mendapatkannya di pasaran dengan nama spiral wrap. Jika kabel diberi pembungkus, maka kabel listrik akan menjadi lebih terlindungi dan lebih awet. Pembungkus kabel jenis spiral wrap cocok untuk banyak jenis kabel.

2. Melindungi Kabel dengan Pipa

Cara yang kedua juga cukup mudah Anda lakukan, yaitu menggunakan pipa untuk melindungi kabel listrik. Cara ini terbilang cara yang sangat ampuh untuk melindungi kabel dari gigitan hewan. Selain itu, cara ini juga dianggap sangat ekonomis atau hemat biaya karena tidak membutuhkan modal yang besar. 

Pipa kabel listrik cocok digunakan untuk instalasi kabel listrik di rumah, khususnya ketika Anda akan menanam kabel listrik di dalam tembok (dinding), atau di atas plafon di sela-sela kayu penyangga. Pipa juga bisa melindungi kabel listrik dari suhu panas, sehingga isolator tidak cepat meleleh. Untuk mendapatkan pipa kabel listrik, Anda bisa mendapatkan dengan mudah di pasaran dan toko-toko alat listrik.

3. Gunakan Cable Bridge Protector

Bagi yang menjalankan home industri, cara ampuh menjaga kabel listrik agar awet adalah menggunakan cable bride protector. Tidak hanya agar kabel listrik awet saja, cable bridge protector sangat berguna untuk keselamatan. Biasanya pada home industri atau pabrik, kabel listrik dibiarkan terurai di lantai. Dengan menggunakan cable bridge protector, maka akan melindungi diri para pekerja jika tidak sengaja menginjak kabel. Namun, meskipun telah menggunakan cable bridge protector, pastikan untuk membuat jalur listrik secara khusus untuk meningkatkan keamanan bekerja.

4. Uraikan Lilitan Kabel

Biasanya, orang yang menginstalasi kabel listrik tanpa bantuan ahli sering melakukan kesalahan ini. Kabel listrik dibiarkan saling terlilit satu sama lain, bahkan tidak jarang terjadi kabel-kabel listrik saling bersimpul. Padahal, kabel yang saling terlilit bisa menyebabkan penghantar di bagian dalam kabel terputus dan isolator kabel terkelupas. Bisa jadi pada akhirnya arus listrik tidak bisa dihantarkan menuju perangkat kelistrikan. 

Jika Anda melihat kabel-kabel saling bertumpuk dan terbelit satu sama lain, maka segera uraikan kabel-kabel tersebut sebelum lilitan kabel menjadi lebih banyak dan semakin rumit untuk diuraikan. Kondisi kabel yang terbelit akan membuat kabel cepat rusak dan berbahaya untuk keselamatan. 

Cari Produk Kabel Listrik dari Tangan Pertama 

Selain perawatan yang baik, daya tahan kabel listrik dipengaruhi juga dengan kualitas kabel yang digunakan. Maka itu, pastikan Anda membeli kabel dengan mutu dan kualitas terbaik. Meskipun kabel listrik bisa Anda beli di toko-toko alat kelistrikan, namun jaminan dari kualitasnya harus dipertanyakan.

Sebaiknya, jangan sia-siakan waktu dan uang Anda untuk memilih produk kabel listrik. Cara yang tepat adalah dengan membeli produk kabel listrik dari tangan pertama, baik produsen, distributor, atau supplier kabel listrik. Untuk mendapatkan banyak pilihan produk kabel listrik dari supplier terpercaya dan terverifikasi, Anda bisa memilihnya di Indotrading sebagai tempat jual kabel listrik harga terbaik. Kabel listrik yang Anda pilih dijamin 100% produk dengan kualitas unggul.

To Top