Insight

Pahami Langkah Cara Menggunakan APAR Sesuai Prosedur yang Benar

Menjadi salah satu alat penting dalam mendukung dan menjaga keselamatan kerja di berbagai kegiatan industri ataupun perusahaan, cara penggunaan APAR pun menjadi pengetahuan penting yang harus diketahui. Tim News Indotrading akan membahas mengenai cara menggunakan APAR saat keadaan darurat.

Di Indotrading, Anda dapat menemukan berbagai jenis APAR dengan kualitas dan harga terbaik dari Supplier terpercaya dari berbagai wilayah di Indonesia.

Alat Pelindung Kebakaran Ringan (APAR)

APAR merupakan salah satu alat safety yang wajib ada di berbagai kegiatan industri dan banyak perusahaan. Sebagai tindak penyelamatan pertama pada kebakaran ringan, APAR memiliki peranan penting dalam melindungi para pekerja ataupun aset perusahaan dari kebakaran.

Umumnya, APAR memiliki bentuk tabung warna merah ramping dengan berbagai beragam jenis isi yang berbeda. Diantara isian APAR yang paling banyak digunakan adalah air, busa, serbuk kimia atau sering disebut dry chemical, serta karbon dioksida.

Selain bentuk tabung yang biasa untuk digunakan perusahaan ataupun tempat kegiatan industri lainnya, ada juga bentuk APAR portable. Sesuai dengan namanya portable, APAR bentuk ini memiliki bentuk yang lebih kecil dan mudah dibawa kemana-mana.

Biasanya bentuk ini lebih mirip dengan alat spray dan digunakan sebagai alat keselamatan di kendaraan seperti mobil ataupun kendaraan publik lainnya. Bahkan saat ini sudah banyak perusahaan – perusahaan produsen mobil yang juga melengkapi fitur mobilnya dengan fitur kelengkapan APAR.

Baca Juga : Apa Itu APAR? Kenali Jenis APAR (Alat Pemadam Kebakaran) dan Perawatannya

Fungsi Kegunaan APAR

Alat Pelindung Kebakaran Ringan, APAR digunakan sebagai tindakan pertama penanganan kebakaran ringan. Namun APAR juga memiliki fungsi kegunaan spesifik berdasarkan bahan yang terbakarnya. Bahan – bahan tersebut kemudian dikelompokan berdasarkan kelas – kelasnya. Tujuannya adalah agar penanganan yang diberikan APAR cepat dan tepat sasaran.

1. Non – Logam

Penanganan jenis kebakaran ringan yang terjadi pada material non-logam seperti kertas, kain, plastik karet ataupun bahan non logam lainnya yang mudah terbakar merupakan spesialisasi fungsi kegunaan dari APAR kelas A.

2. Cairan

Fungsi kegunaan APAR kelas B merupakan jenis yang paling tepat digunakan untuk memadamkan kebakaran ringan yang terjadi pada bahan material cair yang mudah terbakar seperti cairan kimia, ataupun minyak bensin dan sejenisnya.

3. Bahan Listrik

APAR Kelas C memiliki fungsi kegunaan spesifik untuk memadamkan api pada kebarakan ringakan akibat konsleting listrik. Biasanya APAR jenis ini berisikan karbon dioksida dan serbuk kimia kering atau dry chemical.

4. Logam

APAR kelas D merupakan jenis yang paling cocok digunakan untuk jenis kebakaran ringan pada material bahan logam seperti lithium, magnesium, alumunium, dan berbagai jenis logam lainnya.

5. Minyak Masak

Kebakaran ringan yang terjadi pada bahan minyak masak seperti minyak sayur ataupun minyak lemak lainnya sangat tepat menggunakan APAR kelas K. Sebab bahan-bahan tersebut merupakan fungsi kegunaan spesifik dari jenis APAR kelas K.

Baca Juga : Bersertifikasi Internasional, Daftar 10 Merek APAR (Alat Pemadam Kebakaran) Terbaik

Kesalahan Menggunakan APAR

Pada dasarnya, penggunaan APAR sangatlah mudah dan sederhana. Namun masih banyak keliru dalam menggunakan APAR. Terlebih pada saat keadaan darurat ataupun panik, biasanya prosedur penggunaan APAR tidak banyak diperhatikan. Berikut kesalahan menggunakan APAR yang sering terjadi, dan mungkin Anda alami.

1. Kesalahan membawa tabung

Terlihat sepele namun poin kesalahan pertama ini secara tidak sadar banyak dilakukan. Hindari membawa tabung APAR dengan cara diseret, baik menggunakan alat ataupun tidak. Sebab hal tersebut dapat menimbulkan kebocoran pada tabung APAR.

Anda bisa membawa APAR dengan cara dijinjing atau tenteng, ataupun dipanggul untuk ukuran APAR yang lebih besar. Hal ini dapat menghindari gesekan tabung APAR dengan benda keras lainnya yang dapat menyebabkan APAR bocor.

2. Kesalahan menarik pin

Selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah proses penarikan pin APAR. Biasanya dalam keadaan panik penarikan APAR dilakukan secara bersamaan dengan menekan handle atau pegangan tabung. Namun cara berikut akan mamakan waktu lebih lama. Anda bisa pastikan tabung sudah digengam dengan kuat setelah itu Anda bisa menarik pin APAR.

3. Kesalahan memegang selang APAR

Tidak jarang juga kesalahan terjadi saat memegang selang APAR. Banyak yang masih memegang selang APAR di bagian tengah nya. Padahal hal tersebut dapat membuat APAR banyak bergerak dan tidak fokus ke satu titik kebakaran. Anda bisa pegang bagian kepala selang untuk memastikan APAR tidak banyak bergerak dan fokus ke satu titik.

Cara Menggunakan APAR sesuai Prosedur yang Benar

 

Melihat beberapa kesalahan yang sering terjadi tersebut, berikut tips cara menggunakan APAR sesuai prosedur yang Benar.

1. Tarik pin APAR

Langkah pertama, Anda bisa menarik Pin APAR. Hindari menarik pin APAR Bersamaan dengan menekan handle atau pegangan APAR. Hal tersebut dapat memperlambat Anda menggunakan APAR.

2. Arahkan selang APAR

setelah pin APAR ditarik, kemudian Anda harus mengarahkan selang APAR pada titik kebakaran. Jangan pegang selang APAR pada bagian tengah, pegang lah pada bagian kepalanya agar arus air tidak banyak bergerak dan lebih fokus ke satu titik sehingga pemadaman akan lebih cepat.

3. Tekan Valve Handle APAR

Setelah itu Anda bisa menekan valve handle APAR untuk mengeluarkan isian APAR. Tekan valve handle APAR hingga api padam, atau sampai isi tabung APAR habis.

4. Gerakan Menyapu

Setelah memastikan titik api padam, Anda bisa melakukan gerakan meyapu untuk memastikan tidak ada api sisa yang tertinggal dan berpotensi menjadi sumber api lainnya. Gerakan menyapu ini dapat Anda lakukan dengan menggerakan ujung selang atau nozzle dari arah kiri ke kanan atau sebaliknya secara teratur.

Demikianlah Pembahasan mengenai cara menggunakan APAR sesuai dengan prosedur yang benar. Meskiupun pada dasarnya penggunaan APAR sangat lah mudah, namun memperhatikan prosedur atau SOP penggunaan APAR yang benar akan membantu Anda memadamkan api dengan lebih cepat.

Baca Juga : Makin Aman! Berikut 8 Rekomendasi Alarm Display Terbaik

Anda bisa temukan berbagai jenis APAR dengan kualitas dan harga terbaik dari Supplier terpercaya di Indotrading!

banner seller
To Top