Insight

Mengenal Jenis – Jenis Tripod Kamera dan Cara Memilihnya!

Industri kreatif digital semakin bergerak cepat, bahkan di tengah industri lain yang banyak merosot akibat pandemi melanda. Banyak masyarakat kini mulia terjun dan berlomba dalam bidang industri kreatif baik perorangan seperti content creator ataupun kelompok seperti agency ataupun startup kreatif. Sejalan dengan itu, permintaan akan alat-alat pendukung dunia kreatif juga melonjak tinggi, tidak terkecuali tripod kamera.

Jika Anda termasuk yang sedang mencari informasi mengenai tripod kamera untuk mendukung aktivitas dunia kreatif Anda, simak pembahasan Tim News Indotrading berikut yang akan mengajak Anda untuk Mengenal Jenis – Jenis Tripod Kamera dan Cara Memilihnya.

Di Indotrading, Anda dapat temukan berbagai jenis tripod dengan kualitas dan harga terbaik!

Baca Juga: Inilah 8 Jenis Kamera CCTV dan Aksesoris yang Perlu Anda Ketahui!

Tripod Kamera

Tripod kamera merupakan salah satu aksesoris kamera yang banyak digunakan sebagai alat bantu rekam dan pengambilan foto. Tripod banyak dugunakan di kegiatan industri kreatif. Tujuannya adalah untuk membantu para fotografer ataupun videografer mengambil gambar dan rekaman dengan hasil yang lebih stabil dan jelas.

Secara umum tripod memiliki bentuk yang sangat mudah dikenali, yakni gagang penyangga kamera yang biasanya terbuat dari besi dan plastik dengan bagian kepala untuk menyangga kamera, dan kaki untuk menyangga keseluruhan berat kamera.

Jenis – Jenis Tripod Kamera

Terlihat sama secara keseluruhan, nyatanya tripod kamera memiliki berbagai macam jenis dan bentuknya. Jenis-jenis tripod tersebut juga dapat membedakan fungsi utama tripod, sehingga penggunaannya lebih tepat. Jenis – jenis tripod kamera tersebut adalah sebagai berikut.

1. Tripod All in One

Tripod jenis ini merupakan tripod yang paling banyak digunakan dan paling mudah ditemukan karena jenis all in one tripod ini banyak tersedia di pasaran. All in one tripod kamera memiliki bentuk yang sangat mudah dikenali yakni memiliki kepala dan kaki tripod yang menyatu dengan bentuk secara keseluruhan ramping seperti stick tongsis selfie. Biasanya digunakan sebagai penyangga kamera digital ataupun handphone untuk keperluan shoot sederhana.

Fitur nya yang sederhana sangat membantu para pemula dalam menggunakan tripod kamera jenis ini. Tidak hanya itu harga tripod all in one sangat terjangkau jadi pertimbangan pas pilihan para pekerja kreatif pemula.

2. Travel Tripod

Sesuai namana, travel tripod merupakan jenis tripod yang memiliki fitur dan bentuk mudah dibawa-bawa. Anda bergerak di industri kreatif dengan segmen konten traveling, tripod traveL ini jadi pilihan tepat untuk mendukung tingginya mobilitas Anda selama traveling.

Tripod travel memiliki bentuk sederhana yang hampir mirip dengan tripod all in one. Hanya saja menyesuaikan fungsinya sebagai tripod dengan mobilitas pindah yang sangat tinggi, tripod ini memiliki berat yang jauh lebih ringan dibanding tripod all in one. Bahan material yang digunakan untuk jenis ini adalah bahan plastik ataupun serat karbon yang ringan.

3. Flexible Leg Tripod

Jika Anda sedang mencari jenis tripod dengan kelebihan kaki penyangganya yang fleksibel dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda, Flexible Leg Tripod bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain dapat disesuaikan dan memiliki tingkat kelenturan yang lebih bagus diantara jenis tripod lainnya, flexible leg tripod juga mudah dibawa kemana-mana, sebab bentuk nya tidak mengambil ruang penyimpanan yang besar.

Biasanya jenis tripod kamera yang satu ini banyak digunakan untuk kebutuhan shoot di dalam ruang yang sempit dan terbatas seperti di dalam mobil. Dengan begitu proses shooting tetap bisa terekam seluruh sudut yang diinginkan dengan tidak terganggu alat-alat pendukungnya.

4. Studio Tripod

Studio tripod merupakan pilihan yang lebih lengkap untuk kebutuhan shooting profesional Anda. Selain lebih lengkap fiturnya, tripod jenis ini juga memiliki daya tahan kaki tripod kuat yang digunakan untuk kebutuhan kamera profesional dengan memiliki beban berat cukup besar dibandingkan jenis kamera lainnya.

Seperti namanya, studio tripod banyak digunakan untuk kebutuhan shooting di dalam ruangan dan merupakan salah satu pilihan favorit para fotografer. Meskipun digunakan untuk kebutuhan dalam ruangan, banyak profesional fotografer juga menggunakan tripod ini untuk kebutuhan luar ruangan.

5. Suction Tripod

Suction Tripod merupakan jenis tripod lain yang sangat diunggulkan akan cengkramannya yang kuat. Tidak hanya dapat digunakan pada media tempel umumnya seperti lantai, tripod jenis ini memiliki keunggulan untuk ditempelkan pada media kaca layaknya CCTV.

Seperti flexible tripod, biasanya jenis tripod ini digunakan dalam proses shooting di ruang terbatas dan sempit sehingga keberadaan tripod tidak mengganggu mobilitas jalannya shooting.

Baca Juga : Harga Layar Proyektor Terbaik dan Tips Memilihnya

Cara Tepat Memilih Tripod Kamera

Meskipun memiliki fungsi yang sama yakni sebagai penyangga alat rekam seperti kamera ataupun handphone agar menghasilkan karya yang lebih stabil dan bisa dinikmati, pemilihan tripod tetap memerlukan pertimbangan dan perhatian dalam beberapa hal agar pemilihan dan penggunaannya tepat sasaran.

Oleh karena itu, sebelum Anda membelinya, simak cara tepat memilih salah satu aksesori penting industri kreatif  di bawah ini.

1. Sesuaikan Kebutuhan Anda

Pastikan jenis tripod yang Anda pilih sudah sesuai dengan kebutuhan Anda. Sebab, beragam jenis tripod juga memiliki fungsi dan keunggulan yang berbeda. Pada poin ini, Anda perlu menyesuaikan tripod dengan besarnya kamera yang Anda miliki serta perhatikan pijakan kaki tripod. Dengan menyesuaikan kebutuhan tersebut, Anda akan mendapatkan tripod yang lebih tepat guna sehingga bisa banyak membantu aktivitas shooting Anda.

2. Pilih Kepala Tripod yang Cocok dengan Kamera

Tidak hanya memiliki bentuk secara keseluruhan yang berbeda, tripod juga memiliki bentuk spesifik kepala yang berbeda-beda. Oleh karena itu agar tidak salah pilih, wajib bagi Anda untuk menyesuaikan bagian kepala tripod dengan jenis kamera serta lensa Anda.

3. Coba Langsung

Jika Anda membeli aksesoris ini langsung di tokonya, ada baiknya ada juga membawa kamera yang Anda miliki untuk dicoba pasang langsung dengan tripod, sehingga Anda bisa langsung menilai dan memutuskan kesesuaian tripod dengan kamera dan jenis kebutuhan Anda.

Namun jika anda membeli tripod di marketplace atau secara online, tidak usah khawatir, Anda tidak perlu mengirimkan kamera Anda tersebut ke penjual untuk dicocokan pastinya. Sebutkan tipe dan spesifikasi jenis kamera Anda dengan jelas dan detail agar penjual dapat menyarankan dan memberikan pilihan yang tepat sesuai dengan jenis kamera dan kebutuhan Anda.

Demikianlah pembahasan mengenal jenis – jenis tripod dan cara memilihnya yang bisa Anda jadikan refrensi informasi tambahan sebelum membeli tripod untuk kebutuhan Anda. Pastikan untuk mengetahui jenis nya terlebih dahulu dan sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Anda bisa temukan beragam jenis tripod dengan kualitas dan harga terbaik dari Supplier terpercaya di Indotrading!

Baca Juga : 7 Rekomendasi Produk NVR CCTV untuk Sistem Pemantauan Jarak Jauh yang Mumpuni

banner seller
To Top