Insight

Inilah 8 Jenis Kamera CCTV dan Aksesoris yang Perlu Anda Ketahui!

kamera cctv

Apakah CCTV terdengar familiar di telinga Anda? Jika iya, karena memang alat ini sudah banyak digunakan di berbagai gedung, mall, bahkan di rumah-rumah. Penggunaan kamera CCTV memang saat ini menjadi pilihan paling efektif untuk alasan keamanan. Pasalnya, benda ini bisa memberikan perlindungan terhadap kemungkinan ancaman pencurian, meningkatkan produktivitas karyawan, juga memungkinkan Anda untuk memantau kegiatan bisnis Anda sehari-hari. Lantas, apa itu CCTV? Apa saja manfaat dan jenis jenis kamera CCTV yang ada di pasaran? 

Apa Itu CCTV?

Kamera CCTV atau yang memiliki kepanjangan Closed Circuit Television ini memang sangat berguna untuk menjaga keamanan. Alat ini merupakan teknologi di mana sebuah kamera akan memantau suatu wilayah selama 24 jam kemudian mengirimkan sinyal berupa video ke sebuah layar yang telah di setting sebelumnya. Jika dulunya kamera ini hanya bisa diantar melalui layar monitor saja, sekarang bahkan sudah bisa dipantau melalui telepon genggam.

Fungsi Kamera CCTV

Namanya juga kamera, pasti akan terlintas di pikiran bahwa fungsinya yakni untuk mengambil gambar dan juga merekam video. Pernyataan itu benar adanya, adanya kamera ini akan bisa membantu mengawasi sesuatu tanpa harus ada di tempat tersebut. Cukup dengan memasangnya, menyambungnya dengan computer atau media pengawas lainnya maka semua akan terkoneksi dan bisa diputar kapan saja.

Saat ini bahkan CCTV sudah menjadi barang yang wajib untuk ada di rumah mengingat semakin banyaknya kejadian-kejadian kriminal yang bisa terjadi dimana pun termasuk di dalam rumah. Apa saja fungsi mendasar dari adanya kamera CCTV ini? Berikut ulasannya:

1. Dapat Menjadi Bukti

Video dan gambar yang terekam  oleh kamera sangat berfungsi dalam dunia penyelidikan, di mana untuk mengungkap kasus kejahatan pastinya diperlukan bukti yang kuat untuk bisa melaporkan tersangka ke pihak yang berwajib. CCTV mampu menyimpan rekaman bahkan hingga bertahun-tahun, jadi selama tempat kejadian terpasang CCTV ini, maka bukti akan terus ada dan pastinya itu akurat.

2. Sebagai Bentuk Pencegahan

Mencegah lebih baik daripada mengobati adalah peribahasa yang mungkin juga berlaku jika kejahatan sudah mengancam dari segala arah. Potensi kejahatan bisa diantisipasi oleh hadirnya kamera CCTV. Bagaimana bisa?  Jika Pelaku tindak kriminal akan berpikir dua kali jika melihat kamera CCTV sebab mereka tahu tindakannya akan terekam oleh kamera pengawas. 

Jenis-Jenis CCTV

Tak hanya terdiri dari satu jenis saja, ternyata kamera CCTV ini memiliki banyak sekali jenis. Apa saja jenis-jenis CCTV tersebut? Berikut ini ulasannya!

1. Kamera Dome

 

Diambil dari kata dome yang memiliki arti sebagai kamera yang menyerupai kubah, jenis CCTV memang memiliki bentuk layaknya kubah. Di desain khusus dengan jangkauan fokus ke berbagai arah membuat kamera satu ini juga dapat berputar dengan cepat sehingga sudut yang bisa dipantau menjadi lebih luas.

2. Kamera PTZ

 

Jenis kedua adalah kamera PTZ, yakni kamera CCTV yang memiliki kemampuan untuk bergerak ke kiri dan juga kanan, bawah dan juga atas. Tak hanya itu saja, kemampuan zoom kamera ini juga bisa berkali-kali lipat dibandingkan kamera pengawas jenis lainnya. Biasanya, kamera ini digunakan untuk mengintai wilayah yang luas seperti halaman, bandara, dan tempat terbuka lainnya.

3. Kamera Box

kamera cctv

Memiliki kemampuan zoom pada bidang vertical yang hebat dimiliki oleh kamera pengawas jenis box. Adapun kekurangan dari jenis kamera satu ini adalah harus ada pencahayaan yang cukup agar bisa untuk dapat menangkap gambar dengan jelas.

4. Kamera Bullet

kamera cctv

Jenis kamera pengintai yang selanjutnya adalah kamera bullet atau kamera dengan karakteristik yang hampir menyerupai kamera dome dan sangat cocok untuk dipasang pada langit-langit dinding. Kelebihan yang dimilikinya adalah ketahanannya terhadap air yang tinggi sehingga sangat kompatibel untuk diletakkan di luar ruangan.

5. Kamera Board

kamera cctv

Tidak seperti kamera pengawas lainnya yang didesain khusus untuk mengintai daerah-daerah tertentu, kamera board lebih difungsikan untuk aplikasi teleconference seperti pada penggunaan drone ataupun robot. Kamera ini tidak memiliki casing dan terhubung pada media computer.

6. Kamera CCTV SPY

kamera cctv

Spy camera atau kamera pengintai adalah sebuah teknologi di mana dirancang sedemikian rupa agar tak terlihat layaknya kamera. Hal bertujuan untuk melakukan kamuflase layaknya spy. Ada banyak jenis kamera seperti ini yang mungkin tidak disadari, seperti pulpen, boneka, atau pun benda-benda lainnya yang tak terlihat seperti kamera pada umumnya.

7. Kamera Day or Night

kamera cctv

Jika pada jenis kamera  sebelumnya  yang di mana ada yang tak bisa menangkap gambar dengan baik saat pencahayaan yang kurang maka lain lagi halnya dengan kamera day or night. Memiliki dynamic range yang luas membuat kamera ini dapat menyesuaikan ketika cahaya datang berlebihan atau pun yang tak ada pantulan cahaya sedikitpun.

8. CCTV Wireless

kamera cctv

Berbasis wireless , kamera satu ini bisa dikonfigurasikan ke internet dan video cctv bisa langsung diakses secara langsung. Tidak semua kamera pengawas berbasis wireless berbasis IP, ada beberapa yang harus menggunakan alternative  dalam proses transimisinya.

Baca juga: Wajib Dimiliki, Inilah Keunggulan Menggunakan Water Purifier di Rumah!

Hampir semua bangunan, toko, bahkan rumah di perkotaan atau di ruang-ruang publik menggunakan kamera CCTV karena fungsinya sangatlah banyak dan bisa minimalisir kejahatan. Jika dirasa memerlukan kamera pengawas, kami menawarkan berbagai jenis kamera CCTV dari berbagai supplier kamera CCTV terpercaya di seluruh Indonesia. Jangan khawatir masalah harga, kami berikan penawaran terbaik untuk Anda. Jadi, jangan ragu untuk melakukan transaksi dengan berbagai suplier kami.

To Top