Bisnis

Laundry Sepatu, Bisnis Prospek yang Tak Butuh Modal Besar

bisnis laundry sepatu

Walau semakin banyak orang yang gencar ingin membangun suatu usaha, tapi faktanya tidak sedikit di antara mereka yang terhambat lantaran lemahnya ide perencanaan bisnis. Sedangkan, membangun suatu usaha komersial tak selalu mengorbankan dana besar-besaran atau planning yang kompleks. Seperti bisnis laundry sepatu yang penerapannya masih tergolong mudah, tapi mempunyai prospek yang cukup cerah. 

Dua tahun belakangan ini, bisnis cuci sepatu terlihat semakin populer. Biarpun begitu, jumlah pemain bisnis ini masih tergolong kecil, sehingga sangat memungkinkan untuk dijadikan peluang bagi Anda untuk memenangkan pasar. Terutama jika melihat tingkat konsumtif masyarakat kita khususnya penduduk kota yang suka mengoleksi sepatu bergengsi, menjadikan jasa pencucian sepatu akan selalu dibutuhkan. Seperti kaum milenial yang semakin melek dengan aneka merk ternama seperti Nike, Adidas, Puma, Vans, Asics dan lain-lain, yang jelas saat membelinya harus merogoh kocek lebih sehingga perawatannya pun perlu lebih ekstra. Apalagi masing-masing merk sepatu memiliki spesifikasi bahan tertentu dengan teknik perawatan yang berbeda. Dengan begitu, untuk meminimalisir resiko kerusakan maka konsumen akan cenderung menggunakan jasa laundry sepatu yang sudah profesional.

Baca juga: Pernah Diupahi 10 Ribu, Bisnis Cuci Sepatu Refaldy Kini Meraih Omzet Ratusan Juta

Tidak harus dengan modal besar

bisnis laundry sepatu

Pertimbangan lain yang menjadikan bisnis laundry sepatu cukup menggiurkan adalah karena Anda tidak harus mengeluarkan modal yang besar. Berbekal dana 3 hingga 5 juta Rupiah saja, Anda sudah bisa memulai usaha kecil-kecilan ini. Namun perlu diingat, jika modal bukanlah satu-satunya faktor utama yang harus dipikirkan. Ada faktor lain yang perlu Anda siapkan secara matang, salah satunya adalah memahami bagaimana cara kerja bisnis laundry sepatu agar bisa menjadi keberlangsungan bisnis jangka panjang. Nah, supaya mendapatkan sedikit gambaran perihal ini, yuk simak 4 tipsnya berikut ini:

     1. Mendalami ilmu perawatan sepatu

Kebanyakan pemilik usaha laundry sepatu termasuk salah satu kolektor sepatu. Maka ketika membangun usaha laundry, ia akan lebih mudah untuk memahami cara merawat sepatu dengan baik. Namun bila Anda bukan seorang kolektor, mempelajari perawatan sepatu adalah hal yang sangat memungkinkan. Ada banyak sekali jasa kursus khusus shoe cleaning yang bisa Anda ikuti untuk mengenal teknik-teknik pembersihan sepatu. Jika hendak mengangkat karyawan, pastikan orang tersebut memiliki pengetahuan terkait cara merawat sepatu dengan berbagai jenis dan karakter bahan yang berbeda. 

     2. Lengkapi dengan bahan dan alat yang berkualitas

peralatan laundry sepatu

Selain mempelajari ilmu tentang cara merawat sepatu dengan tepat, hal utama lainnya yang perlu disiapkan adalah pembelian bahan dan alat yang mumpuni. Terutama ketika memilih jenis sabun yang tidak boleh sembarangan, karena bisa memicu resiko terjadinya kerusakan atau kondisi sepatu yang cacat. Setelah itu, lengkapilah dengan alat pembersih dan mesin pengering yang dibutuhkan. Kenali jenis sepatu mana yang boleh menggunakan mesin otomatis, dan mana yang perlu dilakukan secara manual. Tentukan pula teknik pencucian apa yang perlu Anda terapkan dari 3 jenisnya yaitu wet clean, dry clean atau wet & dry. 

      3. Rancang strategi pemasaran yang efektif

Saat menjalankan sebuah bisnis, pemasaran merupakan bagian yang perlu dipertaruhkan sematang mungkin untuk bisa mencapai titik kesuksesan. Tentunya hal ini berlaku di berbagai lini usaha baik bisnis terbesar hingga terkecil. Namun umumnya, target bisnis cuci sepatu secara spesifik ditujukan untuk konsumen yang cukup up to date dengan ragam informasi. Sehingga tak-tik terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan memasarkan bisnis Anda melalui platform media sosial. Atau bisa juga dengan menyebarkan brosur atau pamflet ke beberapa wilayah potensial seperti cafe, kampus, area kos dan kawasan-kawasan yang memenuhi target pasar Anda. 

      4. Tambahkan pelayanan khusus pada bisnis Anda

Apabila Anda bukan satu-satunya pemain bisnis cuci sepatu di wilayah bisnis Anda, maka akan lebih baik jika Anda menambahkan nilai khusus pada pelayanan bisnis Anda. Adapun 5 opsi pelayanan yang bisa Anda gunakan seperti:

  • Fast Cleaning

Fast cleaning adalah jasa mencuci sepatu pada bagian luar dan sol nya saja. Umumnya proses pelayanan ini tidak membutuhkan waktu lama sehingga bisa ditunggu oleh konsumen. 

  • Deep Cleaning

Berbeda dengan jenis pelayanan sebelumnya, deep cleaning merupakan proses pencucian sepatu secara menyeluruh dari bagian dalam hingga luar sehingga prosesnya akan memakan waktu hingga 1-2 hari. 

  • Repaint

Layanan termasuk jenis yang cukup banyak diminati, yakni membantu membalikan warna asli pada sepatu yang telah kusam. 

  • Recolor

Ada pula recolor, jenis pelayanan yang menawarkan perubahan warna sepatu konsumen sesuai yang diinginkan. Alhasil, sepatu konsumen Anda bisa terlihat baru dan menarik!

  • Unyellowing

Untuk jenis pelayanan terakhir ada unyellowing, yaitu pelayanan khusus mengubah warna sol sepatu putih yang mulanya berwarna kuning agar bisa kembali bersih. 

Baca: Sepatu Sandal Kayu Made in Nadya ‘Terbang’ Hingga ke Qatar

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top