Bisnis

8 Olahan Pisang yang Berpotensi Dijadikan Produk Usaha

olahan pisang

Bisa dibilang, negara kita sangat terbiasa mengkonsumsi buah pisang dalam berbagai olahan. Baik digoreng, dikukus, dijadikan keripik dan berbagai bentuk makanan manis lainnya. Karena sering menjadi santapan favorit oleh banyak masyarakat, seringkali olahan pisang pun dijadikan produk usaha. Terlebih banyaknya inovasi makanan kekinian, membuat banyak pelaku bisnis semakin antusias untuk memproduksi varian-varian pisang yang lebih memikat. Seperti yang dilakukan Kaesang, putra dari Presiden Jokowi yang kini berkecimpung menjalani bisnis produk pisang yang dinamai Sang Pisang, sudah berhasil membuka banyak cabang di Indonesia. 

Buat Anda yang mau ikut terjun pada usaha ini, yuk cari tahu kira-kira olahan seperti apa yang bisa menjual!

     1. Pisang Coklat (Piscok)

olahan pisang coklat

Pisang coklat atau disingkat piscok termasuk salah satu makanan ringan yang saat ini lagi sangat populer. Kebanyakan penjual piscok bertengger di tepi jalan alias mangkal supaya mudah disamperin sama para pejalan kaki. Sejatinya piscok merupakan pisang yang dibungkus dengan kulit lumpia, kemudian diisi dengan selai coklat, meses atau bahkan keju, lalu digoreng menggunakan minyak sawit. Rasa manis dan gurih secara bersamaan, membuat siapa pun yang menjajali akan ketagihan. Ditambah, harganya yang juga relatif murah dari seribu hingga dua ribu Rupiah, membuat siapapun rela membelinya dalam jumlah banyak. Bahan yang digunakan juga simpel, hanya pisang, kulit lumpia dan coklat, maka jadilah piscok lezat!

     2. Nugget Pisang

nugget pisang

Persis seperti pisang goreng, hanya saja olahan pisang nugget menggunakan tambahan campuran tepung terigu dan tepung roti. Keduanya dicampurkan dan menjadikan tekstur kulit luar pisang menjadi crispy. Khusus jenis pisangnya yang dipakai adalah pisang kepok dengan tingkat kematangan sedang. Lalu, toppingnya bisa dibalurkan dengan berbagai pilihan dari keju, cokelat, matcha, meses dan masih banyak lagi. 

Baca juga: Bisnis Kuliner Benar Makin Laris Berkat Aplikasi Antar Makanan Online?

     3. Sale Pisang

sale pisang

Walau masih tidak diketahui dari mana asal jajanan satu ini, sale pisang juga menjadi snack favorit di banyak kalangan masyarakat Indonesia. Beberapa kota yang populer menjual produk ini sebagai oleh-oleh adalah Jawa, Kalimantan dan Sumatera. Jenis sale pisang ada dua macam, yaitu sale kering dan sale basah. Untuk yang kering, pembuatannya harus diiris secara tipis lalu digoreng bersamaan dengan tepung. Sedangkan yang basah prosesnya hanya dikukus saja. 

     4. Pisang Coklat Keju

olahan pisang coklat keju

Nah, kalau olahan yang satu ini sudah termasuk sering dijumpai di kedai-kedai pinggir jalan, terutama di tenda roti bakar. Menu ini sangat pas bila dinikmati saat malam hari yang disuguhkan dengan teh hangat atau kopi. Cara pembuatannya sangat gampang, Anda hanya perlu mengukus pisang yang sudah dipipihkan, tunggu hingga empuk, lalu taburkan topping sesuka hati seperti coklat, meses, susu kental manis atau keju. 

     5. Keripik Pisang

keripik pisang

Selain pisang coklat keju, ada lagi jenis olahan yang sudah cukup dikenal oleh banyak masyarakat, khususnya pulau Jawa yaitu keripik pisang. Biasanya keripik pisang kerap dibeli sebagai buah tangan, karena cocok untuk dijadikan cemilan saat bersantai. Varian rasa keripik pisang saat ini pun semakin beragam, ada yang diberi bubuk coklat, bubuk keju, bubuk rasa roti bakar, bumbu pedas atau sekedar digoreng renyah. 

     6. Bolu Kukus Pisang

Bolu merupakan kue yang sering dijumpai hampir pada setiap kota di Indonesia. Masing-masing kota biasanya memiliki ciri khas bolu tertentu. Contohnya kota Bogor, terkenal dengan kue rasa talas dengan berbagai varian. Ada juga kini bolu kukus pisang, yang pada dasarnya memiliki resep bahan yang sama dengan jenis bolu lainnya, hanya saja adonan tersebut ditambahkan pisang.

     7. Es Pisang Ijo

es pisang ijo

Sudah pernah mencoba es pisang ijo? Makanan khas kota Makassar ini dibuat dari bahan dasar pisang yang dibalut dengan adonan khusus berwarna hijau. Selain karena balutan adonannya yang begitu khas, es pisang ijo dinikmati bersamaan dengan bubur sumsum dan susu kental manis. Rasanya segar apalagi kalau ditambah es batu, cocok untuk disantap saat cuaca panas atau sebagai hidangan penutup. 

     8. Pisang Goreng Geprek

Ternyata tidak hanya ayam saja yang bisa dijadikan menu geprek, tapi juga pisang. Biarpun proses pembuatannya hampir sama dengan pisang goreng biasa, tapi bentuk pisang ini lebih gepeng atau tipis. Kemudian setelah digoreng, pisang ditiriskan lalu digeprek dan ditaburi dengan topping kesukaan seperti susu kental manis, keju atau coklat meses. 

Baca juga: Pengusaha Cireng Beromzet Miliaran Ini Beberkan Rahasia Sukses Dalam Berbisnis

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top