Insight

Kenali Lebih Jauh Pipa HDPE dan Cara Penggabungannya

pipa hdpe

Kali ini Tim News Indotrading akan membahas hal-hal mengenai Pipa HDPE terbaik yang bisa anda gunakan untuk sistem pengairan.

Anda dapat menemukan banyak pilihan Pipa HDPE terbaik dengan kualitas dan harga terbaik dari Supplier terpercaya di Indotrading!

Apa itu Pipa HDPE

Pipa (High Density Polyethylene) HDPE merupakan produk jaringan perpipaan yang bermaterial Thermoplastic dengan karakteristik fleksibel dan tahan benturan. Jenis Pipa ini didesain untul digunakan sebagai penyalur air bersih yang juga dapat dijadikan sebagai jaringan induk air untuk di distribusikan ke masyarakat.

Jenis pipa ini sudah memiliki standar food grade yang dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Sehingga aman digunakan untuk penyaluran air bersih.

Memiliki ciri khas berwarna hitam dengan empat strip biru di sepanjang badan pipa, Pipa HDPE ini merupakan jenis selang yang selalu digunakan oleh (Perusahaan Daerah Air Minum) PDAM. Penggunaan pipa jenis ini dipilih karena pipa ini memiliki kelenturan yang cukup elastis, sehingga dapat digunakaan untuk daerah dengan medan jalan yang sulit sekalipun.

Baca Juga: Jenis – jenis Sambungan Pipa dan Fungsinya

Kelebihan Penggunaan Pipa HDPE

PIPA HDPE

Terdapat empat kelebihan utama yang mengunggulkan Pipa HDPE dibandingkan dengan jenis Pipa lainnya, termasuk Pipa PE. Berikut kelebihannya:

1. Non Toxic

Terbuat dari bahan plastik yang lolos uji food grade, membuat Pipa ini lolos dari bahaya racun. Selain itu Pipa HDPE ini tidak mudah berkarat, sehingga pipa ini sangat aman digunakan pipa air (Konsumsi) dalam kebutuhan rumah tangga, pipa irigasi (aliran air untuk sawah), dan sekaligus pipa ini dapat menutup kekurangan pipa berbahan besi (mudah berkarat).

Dengan menutupi permukaan pipa berkarat dengan Pipa HDPE ini dapat menjaga sekitaran ataupun air dari bahaya kontaminasi dari pipa yang berkarat. Sehingga dengan menggunakan Pipa HDPE ini anda tidak perlu memasang filter dari luar maupun dalam pipa sebagai alat untuk menyaring kotoran atau kuman.

2. Lebih Kuat

Jika pada Pipa PVC terbuat dari bahan plastik dan ringan sehingga membuatnya pas digunakan untuk kegiatan pipa rumah tangga. Namun, Pipa HDPE ini justru fleksibel karena dapat digunakan untuk segala kebutuhan instalasi, dan dapat digunakan di berbagai jenis medan wilayah sekalipun.

Jenis Pipa ini juga dibuat anti rembes dan bocor, karena digunakan untuk sistem penyambungan yang menggunakan mesin sambung khusus, dan juga diperhitungkan detailnya sesuai ketebalan pipa.

3. Elastisitas Tinggi

Pada berbagai jenis pipa tak semuanya memiliki elastisitas dalam jenisnya, Namun berbeda dengan jenis pipa ini yang sudah terkenal dengan jenis pipa yang memiliki elastisitas tinggi dan memiliki material yang kuat. Dengan memiliki material Polymer dalam bahan bakunya yang terkenal akan elastisitasnya, membuat Jenis pipa ini memiliki kemungkinan kecil dapat pecah karena terjadi pembekuan air didalamnya.

Pipa ini juga sangat dapat beradaptasi saat digunakan di cuaca ekstrim. Dengan elastisitas tersebut, membuat Pipa ini dapat ditekuk dua puluh hingga dua puluh lima kali dari diameter aslinya.

4. Hemat Biaya Perawatan

Pipa HDPE ini memiliki banyak kelebihan dari segi kualitasnya, seperti tidak mudah berkarat sehingga tidak perlu diganti dalam jangka waktu pendek. Selain itu, jenis perpipaan ini juga tidak mudah menjadi tempat perkembangbiakan organisme jahat dan tidak perlu pemasangan berkala karena memiliki sambungan yang kuat.

Oleh karena itu Jenis Pipa ini tergolong produk yang memiliki perawatan yang cukup rendah, sangat hemat biaya perawatan dan perbaikan.

Selain Pipa HDPE anda juga dapat menemukan produk lainnya dari Supplier terpecaya di Indotrading!

Kekurangan Pipa HDPE

Meskipun memiliki beragam kelebihan yang dapat memudahkan anda dalam berbagai kegiatan yang menggunakan pipa ini, Pipa HDPE tetap memiliki kekurangan.

Karena jenis pipa ini berasal dari material Thermoplastic yang dapat mengalami penurunan kekuatan pada saat peningkatan temperatur diatas batas penggunaan. Tekanan temperatur maksimum untuk pipa ini adalah 200°, Jika pipa ini digunakan dengan temperatur suhu diatas 200° maka dapat mengakibatkan penyusutan tekanan maksimum. Dengan batas maksimum suhu 200°, sistem pipa ini tidak boleh dioperasikan diatas 600°.

Baca Juga: Rekomendasi Merek Mesin Las Pipa HDPE Terbaik dan Berkualitas

Cara Penyambungan Pipa HDPE

PIPA HDPE

Untuk memudahkan anda dalam menyambungkan kedua sisi Pipa HDPE, Berikut tiga metode cara yang dapat anda lakukan.

1. Metode Mechanical Joint

Pada metode ini Pipa akan disambngkan dengan pipa sambungan yang bernama compression collar. Compression collar ini cukup disambungkan ke ujung pipa yang akan disambungkan tanpa perlu menggunakan pipa, karena memakai penjepit.

Berikut Cara pemasangannya:

a. Ambil produk compression collar yang sesuai dengan ukuran pipa yang akan digabungkan, kemudian lepas union dan ring penjepitnya.

b. Pasang union dan ring penjepit ke ujung pipa yang ingin disambungkan.Pasang lagi compression collar, lalu kencangkan menggunakan tangan atau tools pembantu.

c. Hal yang sama dilakukan pada ujung pipa lain yang hendak disambung

2. Metode Butt Fusion

Pada metode ini dua Pipa yang akan disambungkan disamakan tingginya satu sama lain. Setelah itu ujung yang akan disambungkan dipasangkan dengan mesin Butt fusion welding yang berfungsi memanaskan pipa. Sebelum memulai metode ini, disarankan hanya untuk diterapkan pada Pipa HDPE berdiameter 63 mm ke atas dengan langkah-langkah berikut:

a. Pasang ujung kedua pipa yang ingin disambungkan pada mesin Butt Fusion

b. Kencangkan penjepit mesinnya agar ujung pipa ada sehingga berada dalam satu sumbu

c. Ujung kedua pipa diahrapkan sebelumnya sudah diratakan dengan mesin perata

d. Pasang mesin pemanas di ujung kedua pipa.

d. Terakhir, sambung kedua ujung pipa tersebut.

3. Metode Electro Fusion

Untuk menyambungkan jenis pipa ini, diharapkan dikerjakan oleh teknisi. Pada metode ini teknisi memerlukan sambungan elektrik yang dialiri listrik, Hal ini akan membuat pipa menyatu karena panas yang dihasilkan sambungan elektrik tersebut. Berikut cara pemasangannya:

a. Bersihkan kedua ujung pipa yang akan disambung

b. Letakkan kedua ujung pipa ke mesin penyambung elektrik (Electro Fitting)

c. Hubungkan elektroda yang terdapat pada mesin penyambung elektrik tersebut, lalu hidupkan

d. Jika sudah di sambungkan menggunakan mesin penyambung elektrik tersebut, perhatikan indikator warna pada mesin. Apabila indikator sudah berwarna kuning, maka kedua ujung pipa sudah tersambung dengan baik.

Demikianlah Pembahasan mengenai Pipa HDPE serta metode pemasanganya. Masuk kedalam jenis pipa yang digunakan untuk kegiatan penyaluran air, Namun tak menutup kemungkinan pipa ini juga dapat digunakan untuk kegiatan lain seperti menutupi pipa berkarat dan lainnya.

Anda bisa menemukan berbagai jenis Pipa HDPE dengan kualitas dan harga terbaik dari Supplier terpercaya di Indotrading!

Baca Juga : Kenali Jenis Pipa Galvanis dari Fungsi Hingga Ukurannya

banner seller
To Top