Insight

Pengertian Pipa Baja, Serta keunggulan, dan Jenis Pipa Baja yang Perlu diketahui Sebelum Membelinya

KEGUNAAN PIPA BAJA

Pipa baja merupakan jenis pipa yang dikenal akan kekuatan dan daya tahannya yang lebih baik dari jenis pipa lainnya. Sehingga jenis pipa ini dapat digunakan untuk mengalirkan berbagai fluida yang dianggap ekstrim dengan sistem pemipaan yang aman. Selain digunakan untuk kebutuhan fluida, pipa jenis ini juga memiliki kegunaan lain yang dapat disesuaikan dengan jenisnya.

Untuk itu pada kesempatan ini Tim Indotrading News akan membahas hal-hal mengenai keunggulan jenis pipa baja dan jenis-jenisnya. Sebelum membaca lebih lanjut, Anda dapat menemukan banyak pilihan Pipa Baja terbaik dengan kualitas dan harga terbaik serta terpercaya di Indotrading!

Pipa Baja

APA ITU PIPA BAJA

Pipa baja adalah jenis pipa berbentuk silinder yang dikenal memiliki kekuatan tinggi. Terbukti dari daya tahan serta elastisitas yang dimiliki, sehingga mampu mengalirkan berbagai fluida.

Jenis pipa ini memiliki resistensi tinggi sehingga mampu menahan tekanan internal juga eksternal, bahkan untuk perlakuan getaran atau bahkan kejut sekali pun. jenis pipa yang satu ini juga umumnya dibuat pada tekanan yield yang cukup tinggi yaitu 210 hingga 350 Mpa. Sementara itu, untuk kekuatan tarikannya dapat mencapai 340 hingga 650 Mpa.

Selain digunakan untuk berbagai fluida, jenis pipa ini juga digunakan untuk kebutuhan proses instalasi pembangkit listrik, industri penyulingan minyak, bahan migas, distribusi atau bahkan transmisi gas dan jenis industri lainnya. Jenis pipa ini umum digunakan dalam dunia industri dengan berbagai jenis zat ekstrem atau berbahaya sehingga proses mengalirkan beragam zat berbahaya tersebut pun dapat dilakukan dengan aman.

Baca Juga: Pipa Hitam, Serta keunggulan, dan Tips Berguna Sebelum Membelinya

Keunggulan Pipa Baja

Keunggulan Pipa Baja

Pipa baja sendiri memiliki berbagai keunggulan dari jenis pipa lainnya. Untuk memudahkan Anda mengetahui keunggulan jenis pipa ini, berikut pembahasannya:

1. Anti Karat

Umumnya pipa berbahan dasar baja merupakan jenis pipa yang memiliki keunggulan tahan terhadap karat. Hal tersebut karena jenis pipa ini dilapisi dengan lapisan seng, sehingga dapat mencegah terjadinya korosi penyebab karat.

Sehingga dengan menggunakan jenis pipa ini untuk beberapa jenis kebutuhan, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk menghindari korosi penyebab karat.

2. Harga yang Terjangkau

Jenis pipa ini juga merupakan salah satu jenis pipa yang dibandrol dengan harga yang cukup terjangkau. Meskipun dijual dengan harga terjangkau, jenis pipa ini tetap unggul dari daya tahan guna.

3. Tahan Banting

Jenis pipa yang terbuat dari baja ini memiliki sifat anti pecah dan tahan banting. Sehingga pipa baja dapat digunakan dalam waktu yang cukup lama.

4. Pelapisan yang kokoh

Lapisan seng yang ada pada jenis pipa ini juga memberikan perlindungan kokoh. Pipa pun tidak akan mudah rusak saat proses pengiriman barang ataupun pemasangan. Bahkan, jenis pipa ini disebut sebagai salah satu Baja yang memiliki perlindungan logam terkuat dari jenis pipa lainnya.

Baca Juga: Jenis Pipa Galvanis dari Fungsi Hingga Ukurannya

Jenis Jenis Pipa Baja

Pipa baja merupakan jenis pipa yang cukup populer di kalangan umum. Untuk memudahkan Anda  mengetahui jenis jenis pipa, berikut pembahasannya

1. Pipa Baja Carbon Steel

Pipa baja carbon steel adalah jenis pipa yang secara komposisi tersusun atas perpaduan besi dan karbon. Kandungan karbon pada pipa baja karbon biasanya kurang dari 1,7%. Selain kandungan karbon, pipa jenis ini juga mengandung mangan kurang dari 1,65%,  aluminium, serta silikon. Selain itu, pipa jenis ini juga mengandung kontaminan seperti oksigen (O), belerang (S), nitrogen (N), dan tidak ada batas minimal yang ditentukan untuk elemen seperti Cr, Ni, Al, Co, Mo, Ni.

Saat ini sendiri Pipa jenis carbon steel terbagi menjadi 3 jenis, yaitu:

  • LCS (low carbon steel). Jenis pipa ini memiliki kadar karbon di bawah 0,25%
  • MCS (medium carbon steel). Jenis pipa ini mengandung kadar karbon 0,25%-0,6%
  • HCS (high carbon steel). Jenis pipa ini mengandung kadar karbon 0,6%-1,4%.

Perbedaan kadar kandungan karbon dalam pipa dapat menyebabkan perbedaan sifat ketangguhan dan kekerasan pipa. Umumnya, pipa jenis carbon steel digunakan pada industri-industri pembangkit listrik atau pembangkit energi. Selain industri listrik, pipa jenis ini juga biasa dipakai di industri hidrokarbon, industri kimia, dan berbagai industri lainnya yang menggunakan fluida dengan suhu dan tekanan yang tinggi.

2. Pipa Baja Paduan (Allow Steel)

Jenis pipa baja berikutnya adalah baja campuran/paduan (alloy steel). Jenis pipa ini terbuat dari berbagai elemen material. Tentunya material tersebut memiliki beragam fungsi yang sangat bervariasi. Untuk memudahkan Anda berikut berbagai material, dan fungsinya:

  • Karbon, digunakan sebagai penambah kekuatan (yield dan ultimate) dan daya kaku pipa.
  • Silikon, digunakan sebagai deoxidizer yang mampu menangkap oksigen terlarut, menghindari porositas, dan meningkatkan castability.
  • Mangan, berfungsi sebagai campuran untuk meningkatkan daya tahan pipa.
  • Material krom, berfungsi untuk meningkatkan daya tahan pipa terhadap abrasi. Serta memberi ketahanan terhadap aus dan suhu yang tinggi. Biasanya,
  • Campuran kromium di atas 11,5% dapat menghasilkan lapisan oksida yang lebih stabil.
  • Molibdenum, berfungsi untuk meningkatkan daya tahan baja terhadap suhu yang ekstrem.
  • Nikel, digunakan sebagai bahan material pada baja yang berfungsi meningkatkan sifat getas pada pipa baja. Campuran nikel di atas 7% dapat menghasilkan struktur atom pada baja menjadi austenit pada suhu kamar.
  • Aluminium, aluminium merupakan material yang berfungsi meningkatkan proses deoksidasi setelah dicampur dengan material silikon.
  • Tembaga, merupakan material yang dicampur pada pipa yang berfungsi sebagai bahan anti karat pada pipa.
  • Vanadium, merupakan campuran pada pipa yang digunakan untuk meningkatkan sifat mekanik pipa. Selain itu, vanadium juga dapat meningkatkan ketahanan pipa terhadap hidrogenasi di suhu tinggi.

Jenis pipa campuran biasa digunakan dalam industri yang melibatkan suhu cukup tinggi. Seperti penukar panas, tabung tungku, pembangkit listrik, sampai jenis industri reaktor kimia. Disamping itu, penggunaan pipa campuran juga sering dipakai dalam industri dengan sifat fluida yang cenderung mirip.

Itulah pembahasan mendalam mengenai pipa beserta keunggulan dalam pemakaiannya, dan jenis jenisnya. Pastikan untuk menggunakan pipa yang sesuai dengan kebutuhan. Anda dapat menemukan Pipa Baja terbaik dari Supplier terpercaya di Indotrading.

 Baca Juga: Keunggulan dan 5 Jenis Pipa Besi yang Sering Digunakan Diberbagai Sektor

 

IndoTrading.com adalah Direktori Supplier No 1 Terbesar di Indonesia.

B2B Marketplace, B2B E-commerce, B2B, Pusat Distributor, Trading, Supplier, Agen, Grosir, Importir, Exportir dan Penyedia Jasa terlengkap di Indonesia.

© 2021 Indotrading.com. All Right Reserved.

To Top