Insight

Penting! Jenis – jenis Sambungan Pipa dan Fungsinya

Apakah Anda masih bingung memilih sambungan pipa yang cocok saat hendak digunakan sesuai kebutuhan Anda? Kali ini Tim News Indotrading akan membahas mengenai jenis – jenis sambungan pipa dan fungsinya masing-masing. Anda juga bisa langsung mendapatkan sambungan pipa dari supplier terpercaya di sini.

Sambungan pipa merupakan salah satu kompenen yang sangat penting dalam proses pemasangan pipa baik untuk kebutuhan sehari – hari , rumah tangga maupun kebutuhan industri. Keberadaan sambungang ini sangat dibutuhkan sebagai penghubung dari satu pipa ke pipa lainnya, sehingga tidak ada ruang jeda yang dapat memutus aliran.

Ada banyak jenis-jenis pipa dan sambungannya, terkadang masih membuat banyak orang yang bingung mana yang harus digunakan, jenis apa yang harus dipilih. Sambungan pipa sendiri memiliki fungsi dan kegunaan nya masing-msing.  Fungsi tersebut berbeda antar jenis pipa. Perlu diketahui bahwa penggunaan sambungan tidak selalu sama atau dalam kata lain sambungan pipa harus menyesuaikan bentuk pipa yang sedang digunakan.

Sebelum membahas mengenai macam-macam jenis sambungan pipa, ada baiknya kita tau terlebih dulu jenis-jenis pipa itu sendiri, agar bisa memilih dan menyesuaikan sambungan pipa yang digunakan.

Jenis – Jenis Pipa

  1. Pipa Galvanis, pipa yang terkenal dengan kekuatannya untuk menahan tekanan dari luar. Pipa ini terbuat dari besi.
  2. Pipa PVC, pipa yang dibuat dari bahan Poly Vinyl Chloride dan terkenal dengan keawetannya, ringan serta tidak mudah rusak. Biasanya digunakan sebagai kebutuhan konstruksi sebagai bahan property.
  3. Pipa PEX, pipa kecil yang berisfat fleksibel, mudah diarahkan. Pipa ini terbuat dari bahan XLPE Compounds Silane Based yang juga merupakan bahan utama pipa.
  4. Pipa Tembaga, pipa yang digunakan untuk mengalirkan listrik daya tinggi ataupun aliran panas lainnya. Sesuai namanya, pipa ini terbuat dari tembaga
  5. Pipa HDPE, ini merupakan jenis pipa yang memiliki tingkat fleksibilitas paling tinggi dibandingkan pipa PEX dan pipa lainnya. Pipa ini digunakan untuk pemasangan di bawah tanah dengan kondisi tanah yang mudah bergerak dan berubah.
  6. Pipa CPVC, pipa ini menjadi pipa alternative untuk menahan panas selain pipa tembaga. Terbuat dari bahan plastik, pipa ini jauh lebih terjangkau dan ringan dibandingkan pipa penahan panas tembaga.

Baca juga : Jenis Pipa Galvanis dari Fungsi Hingga Ukurannya

Jenis – Jenis Sambungan Pipa dan Fungsi nya

Setelah mengetahui jenis – jenis pipa, berikut adalah jenis-jenis sambungan pipa yang harus anda ketahui agar bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda :

1. Sambungan Pipa Socket

Sambungan pipa socket berbentuk panjang seperti pipa aslinya. Biasanya digunakan untuk menyambungkan satu pipa kecil ke pipa yang lebih besar. Sambungan ini lebih mudah dibandingkan yang jenis lain karena tinggal dipasangkan ke antar pipa dan tidak memerlukan proses pengelasan.

Ada beberapa jenis sambungan pipa socket diantaranya :

Valve Socket (SDL)

Jenis sambungan pipa ini berfungsi untuk menyambungkan pipa bagian sok pada bagian fitting. Biasanya digunakan pada pipa pompa air.

Faucet Socket (SDM)

Sambungan socket ini digunakan untuk menyambungkan pipa yang satu bagiannya terhubung pada sok dan bagian lainnya berda di drat yang dipasangkan untuk drat luar.

Tee socket

Memiliki bentuk bercabang seperti pohon, tee socket banyak digunakan untuk menambah jalur baru atau menambah sambungan.

Large Radius Double Tee Socket

Bentuk dan kegunaan sambungan jenis ini mirip dengan jenis tee socket, bedanya hanya pencabangannya yang lebih banyak dibandingkan tee sok. Large Radius Double tee sok memiliki 4 cabang sambungan.

Increaser Reducer Socket

Seperti jenis socket pada umumnya, sambungan ini berfungsi untuk menghubungkan dua jenis pipa dengan ukuran yang berbeda.

2. Sambungan Knee Elbow

Banyak dikenal dengan nama sambungan pipa sudut, bentuk sambungan pipa ini melengkung menyerupai siku 900 ataupun 450. Biasanya jenis ini digunakan untuk menyambungkan tepian pipa agar bentuk pipa menjadi lebih lurus dan sesuai alurnya.

Beberapa jenis pipa ini antara lain :

Faucet Elbow/Knee

Sambungan berbentuk siku 900 ini digunakan untuk menyemabung keran air dan pipa.

Elbow 45o

Sesuai dengan namanya, sambungan jenis ini digunakan untuk menyambungkan pipa berbentuk 45o dengan tujuan membuat alurnya lebih lurus.

3. Sambungan Pipa Butress End

Banyak digunakan untuk sambungan pipa non-metal, sambungan pipa buttress end menggunakan tipe sambungan flange tetapi tidak perlu di las. Sambungan ini berfungsi untuk menutup bagian akhir ujung pipa.

Baca Juga : Rekomendasi Merek Mesin Las Pipa HDPE Terbaik dan Berkualitas

4. Sambungan Pipa Flange

Sambungan pipa ini biasanya digunakan untuk  pipa logam besar dan berfungsi sebagai pengencang pipa satu dengan pipa lainnya. Sambungan flange ini menggunakan pengencang baut, sehingga tidak permanen dan mudah untuk dibongkar pasang.

5. Sambungan Pipa Plenes

Jenis sambungan ini digunakan untuk menghubungkan bagian pompa air dengan sok drat luar dan pipa.

6. Sambungan Clamp Seddle

Clamp seddle ini berfungsi sebagai alat penghubung pipa kecil dengan pipa yang lebih besar tanpa harus memotong pipa besar tersebut. biasanya diletakan pada bagian samping pipa.

7. Sambungan Pipa Watermur

Berufngsi sebagai penyambung pipa ataupun drat langsung, jenis watermur dibedakan lagi menjadi dua :

  • Watermur drat, yaitu berfungsi sebagai penghubung langsung kebagian drat
  • Watermur sok, yaitu sambungan yang digunakan untuk dihubungkan ke pipa langsung.

8. Sambungan Nipple

Sambungan jenis Nipple ini berbentuk persegi enam yang berfungsi untuk mengencangkan pipa-pipa yang digunakan. Biasanya sambungan ini digunakan untuk sambungan pipa PVC.

Baca juga : Ketahui Jenis-jenis Valve dan Fungsinya dalam Instalasi Perpipaan

Diatas tadi merupakan penjelasan mengenai jenis pipa serta jenis sambungan pipa yang penting dan perlu anda ketahui agar Anda tidak bingung dan bisa menyesuaikan dengan jenis yang dibutuhkan. Jika Anda sedang mencari sambungan pipa dengan kualitas terbaik dari supplier terpercaya, Anda bisa temukan semuanya di indotrading.

banner seller
To Top