Insight

Jenis-Jenis Lampu LED Projector yang Harus Diketahui

Lampu projector bukanlah jenis lampu yang baru ada. Lampu jenis ini telah lama dikenal sebagai jenis penerangan khususnya sebagai penerangan pada kendaraan bermesin. Kali ini Tim News Indotrading akan membahas mengenai Jenis Lampu Projector yang Harus Anda Ketahui.

Anda dapat menemukan berbagai jenis lampu projector dengan kualitas dan harga terbaik di Indotrading!

Baca Juga : Coba Simak! Rekomendasi Lampu PJU yang Paling Banyak Dicari

Lampu Projector

Lampu projector merupakan jenis lampu yang biasanya terpasang pada lampu kendaraan bermotor seperti sepeda motor dan mobil. Lampu ini masuk kedalam jenis lampu modifikasi yang banyak digunakan para pecinta otomotif untuk memperbaiki lampu bawaan.

Tujuannya adalah untuk memberikan cahaya penerangan pada kendaraan yang lebih baik. Sebab lampu projector memiliki keunggulan akan cahaya nya yang lebih terang dan solid sehingga tidak menyebar dan fokus pada satu titik penerangan.

Jenis-Jenis Lampu Projector

 

Bagi para pecinta dan ahli otomotif pasti sudah banyak mengetahui jenis – jenis lampu projector untuk kendaraan nya. Lampu projector secara kelompok besar terbagi menjadi dua jenis yakni lampu projector jenis LED dan HID. Keduanya memiliki ciri serta karakteristik nya tersendiri.

Lebih detail lagi, berikut jenis-jenis lampu projector yang harus Anda ketahui :

1. Lampu Projector LED

Pertama adalah tipe LED. Jenis lampu ini merupakan jenis yang paling banyak dicari dan terkenal di kalangan pecinta dan ahli otomotif. 

Layaknya jenis lampu penerangan LED lain seperti LED strip,  lampu LED prjector telah banyak dikenal sebagai lampu dengan cahaya penerangan kuat. Lampu projector jenis ini juga dikenal dengan kemampuannya memberikan penerangan yang kuat dan namun panasnya tidak terlalu kuat menyorot.

Ditambah, lampu jenis LED projector juga tidak diragukan lagi akan daya listriknya yang hemat. Hal tersebut berpengaruh besar pada jumlah bahan bakar yang dikeluarkan.Sehingga penggunaan lampu jenis ini dapat menghemat kebutuhan bahan bakar pada kendaraan.

2. Lampu Projector HID

Jenis lain dari lampu projector adalah jenis HID. Lampu projector jenis ini merupakan lampu projector yang juga banyak digemari para pecinta dan ahli otomotif. Hanya saja, sebagai lampu modifikasi pada kendaraan, jenis HID dirasa lebih sulit dibandingkan jenis LED.

Lebih unggul sedikit dibandingkan jenis LED dalam hal penerangan, penerangan jenis lampu ini banyak diunggulkan sebab dapat diatur sendiri. Pada lampu jenis ini tingkat penerangan dan besarnya watt yang keluar dari lampu dapat diatur dan dioperasikan sesuai keinginan dan kebutuhan, sehingga bersifat lebih fleksibel.

Baca Juga : Rekomendasi Jenis jenis Lampu Strobo Terbaik 2021

Kelebihan dan Kelemahan Lampu Proyektor

Telah banyak dikenal sebagai jenis lampu modifikasi ataupun lampu alternatif, lampu projector juga memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri layaknya penerangan lain. Lebih lengkap lagi, berikut kelebihan dan kekurangan lampu projector.

Kelebihan Lampu Projector

1. Lebih Terang

Sudah tidak diragukan lagi, lampu modifikasi ini terkenal dengan keunggulannya yang lebih terang dibandingkan lampu kendaraan bawaannya. Biasanya lampu LED ataupun HID projector dipasang di kendaraan menggantikan lampu bawaan pabrikannya karena alasan yang satu ini. Sehingga nilai guna penerangannya lebih tinggi dan dapat maksimal digunakan.

2. Cahaya Lebih Solid

Selain lebih terang, keunggulan lain yang ada pada jenis penerangan lampu projector baik LED ataupun HID adalah pantulan cahayanya yang lebih solid. Hal tersebut tentu saja berpengaruh pada proses pemantulan cahaya di kendaraan yang akan jauh lebih fokus.

3. Tahan Lama

Terakhir, lampu projector sudah banyak dikenal dengan keunggulannya yang tahan lama. Umumnya jenis lampu ini dapat digunakan dan bertahan selama 5 ribu jam penggunaan. Bahkan bisa sampai dua kali lipat dari ideal waktu penggunaannya yakin 10 ribu jam penggunaan dengan penggunaan tertentu. Termasuk jenis lampu yang awet.

Kekurangan Lampu Projector

Meskipun memiliki kelebihan yang diunggulkan, lampu projector juga memiliki kekurangan tersendiri yang juga harus dipertimbangkan dengan baik. Diantara kekurangan jenis penerangan ini adalah sebagai berikut :

1. Susah Dipasang

Kekurangan yang pertama adalah susah dipasang. Tidak asing, sebagai penerangan modifikasi, tipe ini tidak mudah untuk dipasang pada kendaraan. Biasanya pemasangan lampu ini dilakukan oleh ahli otomotif atau langsung pada bengkel reparasi kendaraan bermotor. 

Kekurangan yang satu ini tidak hanya berlaku pada jenis projector HID yang mana sudah banyak diakui tingkat kerumitannya lebih tinggi, jenis LED projector juga memiliki tingkat kerumitan yang tidak berbeda jauh.

2. Lebih Mahal

Lampu projector memang mudah ditemukan dan daya listrik yang digunakan nya cukup hemat. Namun, penerangan jenis ini juga banyak dikenal sebagai lampu modifikasi ataupun alternatif yang mahal. Anda perlu menyiapkan serta mengeluarkan budget atau uang yang lebih banyak untuk mendapatkan jenis penerangan ini. 

Meskipun begitu, tetap berharga jika memperhitungkan fasilitas ataupun kelebihan yang akan didapatkan.

Cara Perawatan Lampu Proyektor

Tidak seperti lampu rumah, lampu projector banyak digunakan pada kendaraan bermotor. Tentunya juga intensitas penggunaannya lebih sering dan banyak. Mempertimbangkan hal tersebut lampu projector membutuhkan perawatan khusus layaknya perawatan kendaraan itu sendiri. Tujuannya tidak lain agar penerangan ini dapat digunakan dalam kurun waktu yang lama. 

Berikut perawatan yang tepat agar dapat digunakan lebih lama, diantara nya adalah :

1. Gunakan Lampu Projector Pada Malam Hari

Para ahli otomotif sangat menyarankan untuk menggunakan lampu projector hanya pada malam hari. Sebab pada siang hari, penerangan dari lampu tidak terlalu dibutuhkan. Sehingga cukup untuk menggunakan lampu angel ataupun demon eyes saja.

Terlebih penerangan lampu projector yang sangat terang dan fokus memang lebih cocok untuk difungsikan pada penggunaan malam hari. Dengan begitu, lampu projector akan lebih tahan lama.

2. Istirahatkan Lampu

Memberi jeda atau waktu istirahat pada lampu projector setelah digunakan dalam kurun waktu panjang dan intens seperti setelah turing juga merupakan salah satu cara merawat lampu projector. Tujuannya adalah agar lampu projector memiliki ruang untuk mengatur dan mengisi kembali daya reflektor.

Hal tersebut dilakukan guna menghindari mangkok reflektor kosong saat hendak digunakan kembali.Biasanya jeda istirahat dua jam sebelum penggunaan kembali lampu projector cukup untuk mengisi mangkok reflektor.

3. Jangan terlalu sering mematikan dan menghidupkan lampu

Baik LED ataupun HID, langkah perawatan ini perlu diterapkan. Sebab terlalu sering mematikan dan menghidupkan lampu projector akan mendorong terjadinya konslet pada aliran arus listrik lampu, sehingga menyebabkan lampu tidak dapat digunakan.

Demikianlah pembahasan mengenai jenis-jenis lampu projector yang harus Anda ketahui. Terlebih jika anda hendak membuka usaha bengkel reparasi, kedua jenis lampu modifikasi kendaraan tersebut mestinya ada dalam item jual usaha Anda.

Di Indotrading, Anda dapat menemukan berbagai jenis lampu projector dengan kualitas dan harga terbaik dari Supplier terpercaya di Indonesia!

Baca Juga : Kenali Keunggulan Lampu Spotlight Philips yang Banyak Diminati

banner seller
To Top