Insight

Ketahui Jenis jenis Filter Air Bersih dan Tips Memilihnya

Kali ini Tim News Indotrading akan membahas mengenai Jenis jenis filter air minum dan tips memiilihnya agar dapat digunakan dengan tepat. Anda bisa temukan berbagai filter air dengan harga dan kualitas terbaik dari Supplier terpercaya di sini.

Menjadi kebutuhan utama, Air bersih sangat penting keberadaan nya dalam kehidupan sehari-hari. Keberadaan Air bersih sangat diperhatikan, terlebih di tempat yang berada jauh dari sumber air guna mendukung segala aktivitas keseharian. Untuk tetap menghasilkan air bersih, diperlukan alat bantu penyaring air atau biasa disebut filter air.

Baca Juga : 10 Rekomendasi Tangki Air untuk Cadangan Air Bersih

Pengertian Filter Air

Filter air merupakan alat bantu pengolahan air yang digunakan untuk menyaring segala bentuk kontaminasi yang terkandung di dalam air sehingga menghasilkan air yang bersih dan dapat digunakan.

Bentuk kontaminasi pada air yang diolah filter air umumnya adalah air yang berwarna kuning, berbau, kotor dan masih mengandung zat bawaan dari sumber nya yang berbahaya.

Dengan kata lain, filter air adalah alat penyaringan yang merubah air yang tidak layak guna dan berbahaya menjadi air aman dan layak guna.

Filter air bekerja dengan menggunakan teknologi yang dipasang didalamnya. Teknologi tersebut akan otomatis menyaring air dengan kriteria tidak layak dan menjadikannya bisa digunakan.

Secara umum, filter khusus yang digunakan pada filter air dibedakan menjadi dua yaitu;

1. Teknologi karbon aktif

Filter air dilengkapi dengan teknologi salah satunya adalah teknologi karbon aktif. Teknologi karbon aktif bekerja untuk menghilangkan zat besi yang terkandung dalam air melalui proses penyerapan. Karbon aktif akan dengan otomatis menyerap zat besi pada air ketika zat tersebut terdeteksi dan melewati teknologi karbon aktif.

Bukan hanya itu, karbon aktif juga menyerap beberpa zat berbahaya yang dikandung dalam air selain zat besi, juga dapat menjernihkan air dan menghilangkan bau yang terkandung dalam air.

2. Teknologi Osmosis

Teknologi lainnya yang biasanya ada pada filter air adalah teknologi osmosis. Teknologi osmosis banyak dipercaya lebih akurat dalam proses filterisasi air karena dapat meghilangkan dan menyaring lebih banyak kontaminasi, dan bakteri yang terkandung dalam air.

Jika teknologi kabron aktif bekerja dengan cara menyaring kontaminasi air ketika melewatinya, teknologi osmosis bekerja dengan cara memberikan tekanan tinggi pada air yang kemudian dialikran pada membran semi filter untuk kemudian dipisahkan ion dan bakteri yang terkandung di dalam air.

Pada saat pemisahan ion tersebutlah proses penyaring terjadi dan menghasilkan air yang jernih dan bisa digunakan.

Kegunaan Filter Air

Filter air banyak dicari dan digunakan orang untuk kebutuhan air bersih seperti mandi, dan mencuci. Sedang kebutuhan air bersih untuk minum biasanya mereka sudah dapatkan dari mesin dispenser atau mesin air minum lainnya yang mereka punya.

Meskipun begitu, filter air sangat bermanfaat dalam berbagai hal, seperti meningkatkan kualitas dan kejernihan air, meningkatkan kesehatan, juga melancarkan aktivitas keseharian.

Baca Juga : 5 Cara Membersihkan Tangki Air atau Tandon yang Cepat

Jenis jenis Filter Air

Secara umum, filter air dibedakan menjadi dua jenis, yaitu :

1. Filter Air Bersih

Filter air bersih banyak digunakan terlebih di lingkup perumahan atapun industrial. Filter air bersih ini bekerja dengan teknologi karbon aktif untuk menghilangkan kontaminasi dan menghasilkan air jernih yang layak digunakan.

2. Filter Air Reverse Osmosis

Filter air reverse osmosis banyak dikenal juga dengan sebutan filter air RO, filter air yang satu ini lebih canggih dan banyak digunakan di negara-negara maju dengan kemampuan teknologi yang tinggi.

Filter ini menggunakan teknologi air reverse osmosis yang banyak orang bilang lebih unggul dibanding filter air bersih karbon aktif.

Filter RO juga banyak menjadi andalan sebagai alat penyedia air bersih pada keadaan darurat seperti daerah penanggulangan bencana alam.

Jika mencari supplier mesin reverse osmosis terpercaya, Anda bisa menemukannya di sini.

Tips Memilih Filter Air

Sebelum membeli dan menggunakan filter air, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar dapat digunakan secara maksimal. Diantaranya adalah :

1.Sesuaikan dengan kebutuhan

Memilih filter air yang sesuai dengan kebutuhan Anda akan lebih efektif dan tepat guna. Dalam menyesuaikan kebutuhan Anda dengan filter air yang hedak Anda beli, perhatikan betul masalah apa yang ada dalam kandungan air anda dan seberapa besar dan pengaruh kontaminasi nya terhadap air.

2. Perhatikan teknologi yang dimiliki saringan air

Pemilihan teknologi filter air dapat disesuaikan dengan jenis kontaminasi air yang Anda alami. Jika kontaminasi masih dalam tingkat rendah ataupun sedang, Anda bisa memilih filter air bersih dengan teknologi penyaringan karbon aktif.

Sedangkan jika Anda mengalami kontaminasi berat dan parah dan mendapati air Anda keruh, Anda bisa menggunakan filter air dengan teknologi OR yang lebih canggih dan menghilangkan keruh air lebih cepat dan efektif.

3. Bentuk saringan air

Anda juga perlu mempertimbakan bentuk saringan atau filter air yang hendak Anda gunakan. Sesuaikan lah dengan ruang yang tersedia agar saringan air dapat dipasang dengan baik sehingga bekerja secara maksimal.

4. Merk dan garansi saringan air

Pilihlah filter air dengan merk yang sudah terpercaya dan unggul. Meskipun harganya akan lebih mahal dibanding filter air yang tidak bermerk atau belum jelas kualitasnya, namun memilih filter air yang ber merk akan lebih aman dan terjamin kualitasnya.

Garansi juga biasanya diberikan di setiap pembelian filter air minum bermerk, sehingga filter air Anda lebih terjamin dan lebih menghemat biaya perawatan.

5. Pilih Supplier terpercaya

Termasuk barang dengan harga beli yang tidak murah, pemilihan supplier sebelum membeli merupakan hal yang perlu juga dipertimbangkan. Tujuannya adalah agar Anda terhindar dari tipuan barang yang pastinya akan merugikan.

Baca Juga : Mengalir Lancar, Yuk Ketahui Jenis-jenis Pompa Air dan Rekomendasinya

Pilihlah supplier atau penjual yang terpercaya dengan trek penjualan bagus. Terdapat banyak supplier terpercaya dengan berbagai macam barang kebutuhan Anda di Indotrading!

Itulah pembahasan mengenai jenis jenis filter air minum dan tips memilihnya yang harus Anda ketahui sebelum memutuskan untuk membeli filter air.

banner seller
To Top