Insight

Tips Memilih Pompa Submersible Terbaik Sesuai Kebutuhan

pompa submersible terbaik

Pompa adalah suatu jenis mesin yang digunakan untuk memindahkan fluida dari suatu tempat yang rendah ke tempat yang lebih tinggi atau dari tempat yang bertekanan yang rendah ke tempat tekanan yang lebih tinggi. Untuk memindahkan air tersebut, diperlukan gaya tekan untuk menghasilkan perubahan energi dari energi kinetik menjadi hidrolis.

Dari sekian banyak pompa air yang ada, terdapat jenis pompa air yang cukup unik, yaitu pompa air celup atau pompa submersible. Pompa hidrolik jenis submersible ini dapat digunakan untuk banyak keperluan, baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan.

Pompa submersible terbukti sangat efektif dalam mengatasi banjir di sekitar rumah karena bisa dioperasikan dengan sangat mudah. Beberapa produk pompa submersible terbaik bahkan bisa ditempatkan di dalam air tanpa harus khawatir mengalami kerusakan mesin ketika digunakan. Bagi Anda yang ingin tahu lebih dalam mengenai pompa air celup ini, berikut ini akan dijelaskan secara lebih detail.

Mengenal Pompa Submersible

pompa submersible terbaik 1

Pompa submersible atau pompa air celup merupakan salah satu jenis pompa air yang termasuk pompa sentrifugal. Pompa submersible pada dasarnya termasuk jenis pompa air sumur dalam dengan letak permukaan air di luar kekuatan hisap pompa biasa. Pompa ini dilengkapi dengan sumbu vertikal dan motor penggerak yang dipasang terbenam di bawah permukaan air. Posisi pemasangan pompa ini bisa digantung pada pipa penyalur.

Motor pompa air berada di bawah pompa karena air mengalir dari bawah sehingga diameter motor akn lebih kecil daripada pompa biasa. Dengan demikian, pompa submersible akan terlihat panjang berbentuk batang. Pompa air celup ini sangat efektif untuk menarik air naik ke atas.

Selain itu, bisa juga digunakan untuk memompa lumpur, sistem irigasi, dan lain sebagainya. Namun, belakangan ini pompa submersible justru lebih populer digunakan untuk akuarium, kolam, dan air mancur untuk menjaga sirkulasi air dan menjaga air tetap jernih.

Baca Juga: Ketahui Jenis-jenis Pompa Air dan Rekomendasinya

Cara Kerja Pompa Submersible

pompa submersible terbaik 2

Prinsip kerja pompa air submersible adalah dengan mengubah energi kinetis atau kecepatan putaran menjadi suatu energi potensial yang bisa digunakan untuk mendorong air dari sumber air ke permukaan. Energi tersebut dihasilkan dari suatu impeller yang berputar dalam casing atau rumah pompa.

Jadi, cara kerja pompa submersible sangat berbeda dengan jenis pompa Jet Pump pada umumnya. Jika pompa Jet pump cara kerjanya dengan menyedot air kemudian mendorong air, pompa submersible hanya akan mendorong airnya menuju ke permukaan. 

Dari cara kerjanya bisa diketahui bahwa pompa submersible mensyaratkan adanya ketinggian minimal air yang dapat dipompa. Syarat tersebut harus dipenuhi agar pompa submersible dapat bekerja dengan baik. Pompa submersible harus benar-benar tenggelam di dalam air yang akan dipompa.

Motor pompa akan dibungkus dan dikemas secara rapat sehingga kedap air. Biasanya, pada sekeliling motor pompa akan diisi dengan minyak untuk melindungi dari kerusakan dan mencegah masuknya air. Jika air masuk, maka dipastikan akan menyebabkan korsleting ke dalam motor pompa.

Cara kerja pompa submersible terbaik bisa lebih efisien dibandingkan jenis pompa airnya karena tidak akan memboroskan energi untuk menarik air ke dalam pompa. Selain itu, motor mesinnya dapat didinginkan oleh air yang ada di sekitarnya.

Sumber energi yang digunakan untuk menghidupkan pompa submersible. Sumber energi berasal dari sumber tegangan antara 3 kV hingga 5 kV. Energi tersebut dapat digunakan untuk menggerakkan motor yang dikemas secara kedap air. Motor pompa dapat bekerja pada suhu tinggi sampai dengan sekitar 300 °F atau 149 °C. 

Selain itu, motor pompa juga sangat handal untuk menahan tekanan yang mencapai sekitar 5000 psi atau 34 Mpa. Untuk beberapa produk pompa submersible, ada yang bisa mendorong air dari kedalaman 12.000 kaki atau 3,7 km. Pompa submersible tidak memiliki spesifikasi daya hisap seperti pada model pompa air jet pump sehingga lebih hemat energi..

Tips Memilih Pompa Submersible

pompa submersible terbaik 3

Ketika Anda ingin beli pompa submersible terbaik, pastikan Anda membeli mesin yang tepat supaya bisa memanfaatkannya dengan baik.

Intinya, Anda harus tahu kebutuhan untuk menggunakan pompa air yang disesuaikan dengan jenisnya. Sebelum memilih pompa submersible, pastikan Anda memperhatikan 2 hal penting, yaitu kebutuhan dan teknis.

1. Pertimbangkan Kebutuhan

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui terlebih dahulu kebutuhan Anda terhadap penggunaan pompa submersible. Pada dasarnya, pompa air celup bekerja sesuai dengan prinsip yang sama, yaitu memiliki impeller sentrifugal yang mendorong air ke atas melalui slang atau pipa.

Namun, ada beberapa jenis pompa submersible terbaik yang dirancang untuk tujuan yang berbeda dengan jenis-jenis lainya. Maka itu, cara terbaik untuk membedakan setiap pompa air submersible adalah dengan melihat cara penggunaan pompa yang dimaksudkan atau daerah tujuan untuk pompa akan digunakan.

Pompa air celup air jernih  atau submersible pump clear water bisa Anda pilih jika ingin mengumpulkan air hujan dalam tangki dan kemudian ingin dipompakan ke wadah lain. Selain itu, pompa submersible jenis ini sangat cocok untuk menguras air saat banjir.

Untuk kepentingan irigasi yang melibat air berlumpur, maka Anda bisa memilih pompa air celup khusus untuk air keruh. Pompa submersible jenis ini sangat handal untuk mendorong air dengan sejumlah kotoran yang berat. 

Selain itu, terdapat pula pompa submersible untuk sumur yang pastinya sangat cocok jika Anda menginginkan pompa submersible untuk sumur. Namun, pompa ini memiliki keterbatasan kedalaman, sebaiknya tidak digunakan untuk sumur yang memiliki kedalaman lebih dari 12 meter.

Jika Anda menginginkan alat untuk perawatan kolam renang. Anda bisa beli pompa submersible terbaik khusus untuk kolam. Pompa submersible untuk kolam juga masih berbeda jenis untuk kolam renang dan kolam ikan. Maka dari itu, sebelum Anda memutuskan untuk beli pompa submersible, pastikan Anda sudah mengerti terlebih dahulu kebutuhan Anda.

2. Pertimbangan Teknis

Setelah tahu kebutuhan Anda dan jenis pompa submersible terbaik, Anda bisa mempertimbangkan masalah teknis. Misalnya dengan mempertimbangkan kekuatan pompa submersible. Tapi, masih ada beberapa poin lain yang diperhatikan, misalnya daya dorong maksimum, tingkat volume debit air, dan fitur-fitur pendukung pompa submersible. 

Pompa submersible terbaik digunakan untuk mengangkut air dari bawah ke lokasi yang lebih tinggi sehingga perbedaan ketinggian pompa berbeda-beda dan sangat terbatas. Jika Anda ingin menggunakan pompa untuk memindahkan air dari penampungan pada penampungan lain dengan tingkatan yang sama.

Anda hanya memerlukan pompa air yang memiliki tingkat minim daya dorongnya. Tapi, jika Anda menggunakan pompa untuk sumur yang sangat dalam, sebaiknya Anda menggunakan pompa submersible dengan daya hisap yang sangat dalam.

Setiap jenis pompa submersible terbaik memiliki tingkat volume debit air yang berbeda pula. Anda harus mempertimbangkan tingkat debit sehingga bisa menentukan pilihan pompa submersible yang sesuai dengan kebutuhan dan diperlukan.

Pompa submersible juga ada yang dilengkapi dengan fitur pendukung seperti Float switch. Fitur ini berupa saklar yang bekerja dengan ketinggian permukaan air dan mengontrol pompa pada permukaan air. 

Baca Juga: Cara Memperbaiki Kompresor Angin yang Sulit Berfungsi

Nah, setelah Anda tahu dan cara kerja pompa submersible dan cara kerjanya, sekarang Anda sudah bisa beli pompa submersible yang Anda inginkan. Dengan tips-tips di atas, maka Anda akan memilih pompa submersible dengan tepat.

Jika Anda masih bingung menentukan pilihan, indotrading.com merekomendasikan pompa submersible terbaik untuk Anda. Indotrading.com telah merangkum produk pompa submersible dari distributor pompa air terpercaya. Dapatkan pilihan terbaik di sini, dan lakukan pembelian pompa air pilihan Anda.

To Top