Insight

5 Cara Membersihkan Tangki Air atau Tandon yang Cepat

cara membersihkan tangki air

Cara membersihkan tangki air  ternyata bisa dilakukan dengan langkah-langkah yang mudah dan sederhana. Tangki air agaknya sekarang ini sudah menjadi benda yang wajib ada di setiap rumah.

Pasalnya, pemasangan tangki air ini akan sangat memudahkan kita dalam berbagai hal. Namun, berbicara soal tangki air atau tandon mungkin masih ada yang bingung seberapa pentingnya barang ini.

Tangki air sendiri merupakan sebuah container yang digunakan untuk menyetorkan air.

Tangki air tersebut dimanfaatkan untuk menyediakan penyetoran air untuk air minum, irigasi, pertanian, pemadaman api, pengolahan pangan, dan masih banyak lainnya.

Salah satu yang sering menjadi masalah adalah tangki air kerap kotor atau berlumut. Jika kita tidak segera membersihkannya pasti kotoran yang ada akan menjadi kerak.

Kalau sudah telanjur menjadi kerak pasti akan sulit dibersihkan dan tangki air akan rentan rusak.

Oleh karena itu, kita sebaiknya mengetahui cara untuk membersihkan tangki air yang cepat dan tepat supaya kita bias membersihkannya sendiri.

5 Cara Cepat Membersihkan Tangki Air atau Tandon

Jika tandon air rusak pastinya kita akan kerepotan karena pasokan air akan macet. Bukan hanya bapak-bapak saja, melainkan ibu-ibu seharusnya juga mengetahui cara membersihkan tangki air yang benar.

Berikut ini beberapa langkah membersihkan tandon atau tangki air yang efektif dan efisien yang dapat dilakukan oleh siapa saja.

  1. Bersihkan di Waktu yang Tepat

Rencanakan dalam waktu berapa lama Anda ingin membersihkan tandon air yang ada di rumah atau perusahaan industri Anda, bisa dua minggu atau satu bulan sekali.

Kemudian rencanakan hari yang tepat untuk Anda membersihkan tandon air tersebut. Jika sudah mengetahui harinya, pastinya Anda bisa lebih cepat melakukan pembersihan. Mengapa demikian?

Pasalnya Anda secara otomatis akan mengurangi kapasitas air yang ada di dalam tangki dan mematikan sakelar otomatis yang memompa air.

Sehingga, tidak ada pengisian air dan jumlah air di dalam tandon akan lebih sedikit untuk memudahkan proses pembersihan.

  1. Pastikan Air Tinggal Sedikit

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, jika air di dalam tandon hanya sedikit, proses pembersihan menjadi lebih mudah dan cepat.

Begitu pula sebaliknya, jika airnya masih banyak tentu akan memperlambat dan mempersulit proses pembersihan.

Jadi, pastikan Anda mengetahui kapan jumlah air di tandon tinggal sedikit sebagaimana telah dijelaskan pada poin pertama.

Baca juga : Cara Paling Mudah Menambal Tangki Air

  1. Gunakan Kain Lap

Langkah atau cara selanjutnya yang perlu Anda perhatikan saat membersihkan tandon khususnya bagian dalam yaitu menggunakan kain lap.

Untuk bagian dalam tandon, sebaiknya Anda menggunakan bahan yang lembut seperti kain lap atau spons ketika membersihkannya.

Biasanya bagian dalam tandon merupakan bagian yang paling banyak dihinggapi lumut sehingga membutuhkan pembersihan yang ekstra.

Meski begitu, jangan pernah menggunakan jenis sikat apa pun, terutama sikat kawat saat membersihkan bagian dalam tandon.

Hal itu dikarenakan permukaan sikat yang kasar dapat merusak atau melukai dinding yang ada di bagian dalam tandon atau tangki air.

Jika terdapat kerusakan pada dinding bagian dalamnya, tandon air akan sangat mudah mengalami kebocoran atau masalah-masalah lainnya. Jadi, tetaplah berhati-hati dalam melakukan pembersihan terhadap tandon air supaya tidak menimbulkan kerusakan.

  1. Gunakan Alat Pel untuk Bagian Sulit Terjangkau

Akan sangat jika kita hanya mengandalkan kain lap atau spons untuk membersihkan bagian dalam tangki air.

Padahal, dalam tangki air terdapat bagian-bagian yang sulit terjangkau menggunakan tangan. Sehingga kita memerlukan alat yang lebih mampu menjangkau seluruh bagian terdalam tangki air.

Anda bisa menggunakan alat pel, sapu, atau alat-alat sejenis yang memiliki pegangan yang cukup panjang. Sama halnya dengan pon sebelumnya.

Pastikan alat yang digunakan tidak kasar dan berpotensi menyebabkan kerusakan. Pada alat pel atau sapu, Anda bisa melapisinya dengan kain pada bagian ujungnya. Dengan begitu, pembersihan akan lebih mudah dan dapat menjangkau bagian yang sulit.

Baca juga : 10 Rekomendasi Tangki Air Terbaik

  1. Buanglah Sisa-sisa Air pada Tandon

Setelah semua langkah pembersihan dilaksanakan, maka selanjutnya sisa-sisa airnya dapat dibuang. Namun, sekali lagi pastikan lumut yang ada pada tandon sudah bersih dan tidak ada kotoran lain yang menempel.

Anda bisa membuang sisa air dalam tandon dengan cara membuka penutup lubang pembuangan air. Umumnya setiap tangki pasti sudah dilengkapi dengan lubang pembuangan ini.

Kemudian bilas semua bagian tandon menggunakan air yang bersih sampai tandon benar-benar terlihat bersih. Jika sudah, sebelum Anda mengisi air kembali pastikan bahwa penutup lubang pembuangan sudah dipasang. Jika terlupa, maka air yang akan Anda isikan di tandon akan terbuang sia-sia.

Itu tadi cara membersihkan tangki air yang perlu diketahui oleh setiap orang.

Bagi Anda yang belum punya atau ingin mengganti tangki air dengan yang baru. Anda bisa membeli tangki air di Indotrading.

Di sana Anda bisa menemukan berbagai macam produk kebutuhan dari mulai dari alat elektronik hingga peralatan industri dengan harga yang bersaing.

Pilihan tandon air yang tersedia pun sangat bervariasi dan terjamin kualitasnya. Anda mau tangki air yang berbahan plastik maupun stainless, semuanya tersedia lengkap di Indotrading.

Sebagai media iklan khusus untuk berbagai perusahaan, agen, pabrik, dan lain sebagainya, kredibilitas Indotrading ini sudah terbukti dan tak pantas diragukan lagi.

Jika Anda berminat mendapatkan tangki air dengan harga yang tidak bikin kantong jebol, silakan mengunjungi https://www.indotrading.com/ untuk mengetahui pilihan produknya!

To Top