Insight

Mengalir Lancar, Yuk Ketahui Jenis-jenis Pompa Air dan Rekomendasinya

Kira-kira jenis pompa air apa ya, yang sesuai kebutuhan di tempat Anda? Wah, untuk memastikan hal ini, tentunya Anda harus mengetahui dulu, beberapa tipe dan jenisnya. Pompa air atau water pump merupakan alat yang umum digunakan untuk kebutuhan rumah tangga.

Alat ini dibutuhkan untuk mengisi air ke dalam tandon dengan cara mengalirkan air dari sumur ke pipa rumah, kran air, dan sebagainya. Air yang dialirkan dapat digunakan untuk berbagai macam aktivitas. Saat ini, terdapat berbagai macam jenis pompa air dengan fungsi, instalasi, cara kerja, dan bentuk yang berbeda satu sama lain. 

Meskipun sama-sama digunakan untuk memompa air, namun Anda harus mengetahui jenis pompa air yang tepat untuk diaplikasikan di rumah. Jadi, sangat penting bagi Anda mempertimbangkan jenis-jenisnya terlebih dahulu sebelum beli pompa air.

Selain jenis pompa air, pertimbangan lain yang perlu Anda perhatikan sebelum beli pompa air adalah merek atau brand dari pompa air itu sendiri. Berikut ini, beberapa jenis pompa air dan rekomendasi terbaik bagi Anda yang ingin beli pompa air.

Jenis-jenis Pompa Air

Beberapa masyarakat Indonesia menyebut mesin pompa air dengan penyebutan Sanyo. Padahal, Sanyo hanyalah salah satu brand elektronik asal Jepang yang sebenarnya bukan cuma memproduksi pompa air saja. Lebih tepatnya, alat untuk menyedot air ini disebut dengan pumps atau pompa air saja.

Sistem kerja alat ini secara umum menghisap air dari permukaan yang rendah ke permukaan yang tinggi dengan menggunakan energi listrik. Dengan demikian, pemanfaatan mesin pompa air bertujuan untuk mempermudah penggunanya dalam mengalirkan air ke dalam saluran air di dalam rumah.

Selanjutnya, pengguna bisa menggunakan air yang tersebut untuk berbagai macam kebutuhan. Beberapa mesin pompa air juga ada yang menggunakan bahan bakar penggerak unit mesinnya. 

Secara umum, ada empat jenis pompa air yang digunakan untuk rumah tangga saat ini, yaitu pompa air sumur dangkal, pompa air sumur dalam, pompa celup, pompa diesel, dan pompa Booster. Sebelum Anda memutuskan untuk beli pompa air yang sesuai kebutuhan, maka pastikan Anda paham dulu jenis-jenis pompa air tersebut.

1. Pompa Air Sumur Dangkal

Pompa air sumur dangkal merupakan jenis pompa air yang cocok digunakan untuk penggunaan ringan dengan kedalaman sampai dengan 9 meter. Untuk hasil yang baik, sangat direkomendasikan penggunaan hingga 7 meter saja, diukur dari permukaan air hingga mesin.

Sebaiknya, Anda mengetahui keadaan surut sumur sebelum menggunakan mesin pompa air jenis ini. Lakukan pengukuran ketika musim kemarau atau ketika air sumur surut dalam keadaan maksimal.

2. Pompa Air Sumur Dalam

Jika sumur Anda memiliki kedalaman lebih dari 9 meter, maka Anda bisa memilih pompa air sumur. Mesin pompa ini dilengkapi dengan Jet Injector yang berfungsi untuk menguatkan daya pancar dari air yang dihisap sehingga air akan tertarik naik ke atas.

Ada dua jenis jet injector yang digunakan, yaitu semi jet pump dan jet pump. Secara umum, perbedaan kedua mesin ini hanya pada tabung untuk menambah kekuatan daya hisap dan daya pancar saja. Pada pompa air jet terdapat tabung, sedangkan pada pompa air semi jet tidak tidak terdapat tabung.

3. Pompa Celup

Pompa celup atau pompa air rendam merupakan jenis pompa air yang bekerja dengan cara dicelupkan ke dalam air. Mesin pompa air ini memiliki daya pancar air yang sangat kuat dengan memanfaatkan daya centrifugal dari kipas penghisap. Namun, pompa air celup hanya memiliki daya sedot air sedalam 5 meter saja.

Pompa air celup ini sangat cocok digunakan untuk menguras air pada sebuah kolam, baik kolam renang maupun kolam perikanan. Namun, untuk dam atau kolam ikan sebaiknya menggunakan mesin yang disertai dengan alat penyaring khusus supaya tidak menyumbat saluran.

4. Pompa Booster

Pompa booster merupakan jenis pompa air yang tidak dipasang di dekat sumber air karena memang tidak berfungsi sebagai mesin pendorong atau penarik air utama. Untuk memaksimalkan fungsi mesin pompa air yang utama. Pompa booster digunakan dengan cara diinstalasikan pada pipa air.

Pompa jenis ini dilengkapi dengan fitur-fitur penunjang yang berfungsi untuk menguatkan pancaran air yang mengalir pada pipa saluran air.  Jika daya pancar dari pompa air dirasa kurang kuat dan membutuhkan alat bantu untuk memaksimalkan dorongan air, saat itulah pompa booster dibutuhkan.

5. Pompa Air Diesel 

Mesin pompa air jenis ini berbeda dengan jenis pompa air lainnya dari segi penggerak mesin yang digunakan. Pompa air diesel menggunakan bensin atau solar yang pastinya menghasilkan polusi yang lebih tinggi, baik dari segi polusi suara maupun polusi udara.

Maka dari itu, pompa air jenis ini sangat jarang digunakan di rumah. Penggunaan pompa air diesel biasanya untuk keperluan pertanian, perkebunan, dan perikanan. Beberapa sektor industri juga menggunakan mesin pompa ini jika memang membutuhkan alat menghisap air dalam jumlah besar.

Rekomendasi Merek Pompa Air

Setelah Anda tahu jenis-jenis pompa air, tentu Anda sudah bisa menentukan jenis pompa air yang sesuai untuk kebutuhan Anda. Misalnya, setelah melihat kondisi sumur di rumah Anda yang memiliki kedalaman 10 meter, maka sebaiknya Anda memilih pompa air sumur dalam.

Atau, jika Anda ingin alat untuk perawatan kolam renang di rumah Anda, sebaiknya pilih jenis pompa air celup. Berikut ini, beberapa rekomendasi pompa air yang cocok untuk Anda.

1. Pump Sanju SJ-370 AUDP

Jika sumur di rumah Anda memiliki kedalaman lebih dari 10 meter, maka Anda bisa beli pompa air yang satu ini. Pump Sanju SJ-370 AUDP merupakan jenis pompa air sumur dalam dengan yang dilengkapi dengan jet pump injector sehingga bisa menghisap air sampai kedalaman 30 meter.

Tenaga semprotan air dari mesin ini sangat dahsyat dan memiliki daya tahan yang sangat lama. Material yang digunakan adalah paduan besi baja kualitas terbaik untuk daya tahan pompa yang lebih lama. Selain itu, terdapat fitur pemutus arus akibat voltase yang tidak stabil dan sensor panas berlebih yang tertanam di dalam pompa jet.

2. Pump Rhino SU-100

Jika Anda memiliki keperluan untuk irigasi atau pengairan sawah, maka pekerjaan Anda akan semakin mudah dengan pump Rhino SU-100. Pompa air ini merupakan salah satu  jenis pompa air diesel yang digunakan sebagai sistem hidrolik sawah.

Spesifikasi mesin pompa air ini memiliki diameter sebesar 100 mm atau 3 dim dengan kapasitas 60 m³/h. Mesin ini juga memiliki kecepatan mesin mencapai 3600 rpm. Dengan tenaga 8 HP, maka pompa air ini bisa menyalurkan air dengan cara menyerap maupun mendorong air keluar sejauh 36 meter. 

3. Sanyo P-H258JP

 

Merek Sanyo memang lebih diidentikkan untuk mesin pompa air. Banyak orang yang menyebut pompa air sebagai mesin Sanyo. Hal ini karena brand-brand Sanyo memang lebih dekat dengan masyarakat dan dikenal mampu memberikan keinginan para konsumennya. Bagi Anda yang membutuhkan pompa air sumur dangkal, maka Anda bisa pilih salah satu produk dari Sanyo, yaitu Sanyo P-H258JP

Tak cuma harga bersahabat, spesifikasi menjadi alasan buat Anda yang ingin beli pompa air untuk memilih produk Sanyo yang satu ini. Secara teknis, pompa air sumur dangkal Sanyo P-H258JP memiliki Voltage/Hz sebesar 220/50 dengan Daya Output Motor = 250 Watt dan Daya Input Motor = 500 Watt. dengan daya dorong maximal mencapai 14 meter, mesin ini mampu menyedot air sedalam 9 meter.

4. Shimizu Jet-108 Bit

Rekomendasi lain untuk Anda yang mencari pompa air sumur dangkal adalah Shimizu Jet-108 Bit. Meskipun tergolong mesin pompa air sumur dangkal, namun produk ini telah teruji bisa menarik air hingga kedalaman 11 meter. Uniknya, daya motor yang dibutuhkan hanya 125 watt sehingga jauh lebih lebih hemat energi. Debit air yang dihasilkan juga tidak kalah tinggi, yaitu mencapai 50 liter per menit.

5. Hummax MAX-PUMP 3.0 INCHI

Pompa Air Hummax MAX-PUMP 3.0 INCHI merupakan Pompa air Irigasi yang sangat cocok untuk mengairi sawah atau menyiram tanaman di kebun. Keunggulan dari mesin ini adalah irit bahan bakar, getarannya Halus, dan suaranya tidak terlalu mengganggu.

Mesin ini dilengkapi dengan fitur Oil Alarm yang berfungsi untuk mengontrol kapasitas oli di dalam ruang mesin. Jadi, Anda tidak perlu khawatir oli mesin habis tiba-tiba yang menyebabkan mesin tidak bisa dihidupkan. 

6. Torishima CA

Mesin pompa air Torishima CA merupakan salah satu pilihan bagi Anda yang mencari mesin pompa air sumur dalam. Pompa air ini memastikan kinerja operasi yang tinggi sehingga sangat cocok untuk memenuhi kebutuhan individu anda.

Keunggulan mesin pompa air ini yaitu terdapat Impeller tiga dimensi yang memberikan efisiensi tinggi. Selain itu, mesin ini memiliki karakteristik Net Positive Suction Head (NPSH) yang stabil yang rendah. Diameter impeler yang bisa dipangkas sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan sehingga bisa jauh lebih menghemat energi.

Ditambah desain impeller yang efisien, terdapat pula adopsi motor dengan efisiensi ultra tinggi yang menghemat energi dan mengurangi emisi karbon dioksida. Maka dari itu, pompa air ini bukan hanya sekedar hemat energi saja, tetapi terbukti menjadi salah satu produk yang sangat ramah lingkungan. 

7. SPM 550 Morris

SPM 550 Morris merupakan salah satu jenis pompa air celup yang sangat cocok bagi Anda yang menjadi seorang pembudidaya. Pompa air ini memiliki perawatan yang rendah dan tahan lama. Prosedur pemakaiannya juga sangat mudah sehingga proses kerja Anda bisa jauh lebih nyaman. Pompa air celup ini memiliki kapasitas maksimum 253 liter per menit dengan daya hisap sampai dengan 16 m. dengan ukuran yang minimalis, yaitu 2’’, mesin ini memiliki kecepatan 2850 rpm. 

8. Pompa Booster Ebara

Jika Anda mengalami kendala untuk dorongan mesin pompa air. Maka Pompa Booster Ebara memberikan solusi bagi masalah Anda. Pompa booster yang satu ini bisa mendorong air lebih efektif untuk memenuhi distribusi air. Mesin ini cocok diaplikasikan pada bangunan rumah tingkat lebih dari 3 lantai atau gedung gedung tinggi lainnya.

Pada umumnya, bangunan-bangunan bertingkat memiliki tandon air (profil tank) yang berada pada posisi tertinggi, sehingga penggunaan pompa Booster Ebara sangat berguna untuk penyuplai air agar memperoleh debit yang maksimal. 

Dimana Mendapatkan Aneka Jenis Pompa Air Terpercaya Dan Lengkap? 

Mau pilih-pilih rekomendasi mesin pompa air yang terbaik? Dari 8 rekomendasi mesin pompa air tersebut, Anda bisa mendapatkannya dengan mudah melalui Indotrading. Platform Indotrading merupakan tempat bertemunya pembeli dan para distributor, termasuk supplier mesin pompa air. Supplier dan distributor di Indotrading telah melalui verifikasi member yang ketat untuk menjamin kualitas dan kredibilitas layanan. 

Selain beli mesin pompa air yang direkomendasikan di atas, Anda juga bisa memilih berbagai macam rekomendasi tangki air, pipa, dan kebutuhan distribusi air lainnya. Kunjungi Indotrading untuk aneka pilihan produk berkualitas lainnya.

To Top