Insight

Jenis – Jenis Akrilik, Kelebihan dan Fungsinya Sebagai Aksesoris

Kali ini Tim News Indotrading akan membahas mengenai jenis jenis akrilik dan kelebihannya yang menjadikannya banyak diminati.

Akhir-Akhir ini peminat souvenir berbahan akrilik meningkat pesat terlebih dikalangan Anak muda. Jika biasanya akrilik banyak diaplikasikan atau dibuat menjadi aquarium, sekarang ini banyak yang menjadikan Akrilik sebagai souvenir pernikahan ataupun aksesoris dekorasi.

Selain karena sifat dan kelebihan yang dimilikinya, harga akrilik pun penjadi alasan meningkatnya permintaan aksesoris ataupun barang yang terbuat dari akrilik lainnya.

Baca Juga : Botol Parfume Kaca Unik dan Cantik Ukuran Travel

Anda bisa temukan berbagai pilihan jenis akrilik dengan harga dan kualitas terbaik dari Supplier terpercaya di sini.

Apa Itu Akrilik?

Akrilik merupakan bahan bening menyerupai kaca yang terbuat dari bahan material Polymathic methacrylate, atau PPMA. PPMA merupakan bahan material thermoplastic yang sifatnya lebih elastis atau lentur dibandingkan kaca.

Penggunaan akrilik meningkat akhir – akhir ini seiring dengan banyak nya peminat akrilik. Awalnya, akrilik banyak dijadikan sebagai aquarium atapun kaca pesawat alternatif, namun saat ini penggunaannya tidak hanya sebatas itu.

Saat ini, akrilik banyak dijadikan berbagai macam souvenir juga aksesoris yang diminati kalangan Anak muda.

Jenis jenis Akrilik

Jenis – Jenis Akrilik secara umum dikelompokan menjadi 4 berdasarkan proses pembuatannya juga tampilan warnanya.

Jenis akrilik berdasarkan proses Jenis – jenis akrilik ini dikelompokan berdasarkan proses pembuatan nya dapat dibedakan menjadi 2 yaitu :

1. Akrilik Cetak

Akrilik cetak merupakan jenis akrilik yang dibuat dengan cara mencampurkan berbagai bahan kimia yang dipanaskan serta dicairkan, kemudian dicetak berdasarkan bentuk yang diinginkan.

Karena di produksi di pabrik, banyak yang bilang jenis akrilik ini lebih bagus dibandingkan jenis akrilik yang dibuat dengan cara ektrusk.

Hal tersebut dikarenakan akrilik jenis cetak ini dibuat dengan takaran, prosedur, serta pencetakan yang telah sesuai standar.

2. Akrilik Ekstruks

Akrilik ekstrak merupakan jenis akrilik yang berbentuk lembaran dan dibuat dengan menggunakan mesin. Biasanya akrilik jenis ini banyak menyikanan kotoran pada hasil cetaknya sehingga mengurangi nilai estetika akrilik tersebut.

Namun saat ini, banyak juga akrlik ekstruks dengan kualitas bagus yang bisa ditemukan di pasaran. Anda hanya perlu lebih teliti dan jeli dalam memilih lembaran akrilik ekstruks tersebut.

Berdasarkan warnanya, Akrilik juga dibedakan menjadi dua, yaitu :

3. Akrilik Lembaran Transparan

Sesuai dengan namanya, lembaran akrlik ini tidak memiliki warna. Ini merupakan jenis akrilik yang paling mirip dengan kaca karena sifatnya transparan dan bening.

Akrilik jenis ini banyak dicari dan menjadi akrilik favorit untuk dikreasikan kembali dengan berbagai elemen dan dekorasi.

4. Akrilik Lembaran Warna

Meskipun menyerupai kaca, namun ada juga yang akrilik yang mempunyai warna. Biasanya akrilik lembaran warna ini digunakan untuk memberikan kesan lebih berwarna pada satu ruangan atau aksesoris.

Tidak sebatas bening, warna yag dimiliki akrilik beragam. Putih doff, biru, merah, kuning menjadi warna akrilik yang banyak dicari. Terdapat banyak warna lainnya yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan Anda.

Kelebihan Akrilik

Banyak dari peminat akrilik lebih memilih menggunakan akrilik dibandingkan kaca karena beberapa kelebihannya yang tidak dimiliki bahan material kaca.

Kelebihan – kelebihan akrilik diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Lebih Ringan

Kelebihan pertama akrilik dibandingkan kaca adalah ringan. Tidak seberat kaca, Akrilik jauh lebih ringan dan lebih cocok untuk dijadikan berbagai jenis aksesoris dan souvenir.

2. Lebih Kuat dan Elastis

Akrilik juga dikenal dengan daya tahannya terhadap benturan yang lebih bagus dibanding kaca. Selain itu, Akrilik juga bersifat elastis dan bisa lebih dibentuk.

3. Tidak Menyerap Sinar Matahari

Kelebihan lain akrilik dibandingkan kaca adalah kemampuannya dalam menangkal cahaya matahari. Meskipun bening, sinar matahari tidak dapat tembus di bahan material akrilik.

4. Dapat Didaur Ulang

Akrilik juga salah satu material yang ramah lingkungan. Walaupun kedala jenis kelompok plastik, naun akrilik tetap dapat didaur ulang ataupun digunakan kembali.

5. Mudah Dibersihkan

Layaknya kaca, akrilik juga tekenal dengan kemudahannya saat dibersihkan. Bahkan akrilik tidak dapat berlumut jika ditemukan dengan air. Oleh sebab itu, Akrilik banyak digunakan sebagai bahan material utama pembuatan aquarium besar.

6. Mewah dan Murah

Harga Akrilik juga banyak terkenal akan harganya yang terjangkau dan jauh lebih murah dibandingkan kaca. Meskipun begitu,harga tersebut tidak mengurangi nilai estetika dari akrilik.

Akrilik tetap terlihat mewah layaknya kaca jika dijadikan sebagai souvenir ataupu aksesoris lainnya.

Baca Juga : Ketahui Kelebihan PVC Foam Board Hingga Proses Pembuatannya

Fungsi Akrilik Sebagai Aksesoris

Menurut sejarahnya, akrilik digunakan pertama kali sebagai kaca alternative pesawat terbang mulai. Namun saat ini akrilik juga banyak dijadikan sebagai aksesoris juga souvenir-souvenir yang menarik seperti :

1. Souvenir

Sudah banyak ditemukan beragam souvenir yang terbuat dari akrilik. gantungan kunci salah satunya.

Biasanya gantungan kunci yang terbuat dari akrilik banyak diminati perusahaan ataupun vendor vendor souvenir yang memesan dalam jumlah banyak untuk dijadikan gift acara tertentu.

Dipadukan dengan nama dan logo aaupun desain khusus dari pemesan, akrilik bening menjadi jenis Akrilik yang paling diminati.

2. Meja

Karena sifatnya kuat dan lebih tahan terhadap benturan atau tidak mudah pecah, Akrlik juga banyak dijadikan meja.

Meja akrilik juga harganya jauh lebih murah dibandingkan meja kaca. Ditambah keamanan meja akrilik lebih tinggi sehingga ramah untuk anak-anak.

3. Plakat atau Piala

Tidak sedikit juga orang yang memilih akrilik sebagai bahan plakat atau piala pesanannya. Dengan harga yang lebih murah mendapatkan kualitas lebih bagus dan lebih mewah jadi alasan kuat pemilihan akrilik sebagai cendramata ataupun penghargaan yang akan diberikan kepada orang lain.

4. Plang Nama

Banyak ditemui plang nama yang terbuat dari akrilik. Plang-palnag nama yang biasanya ditemukan menggantung di pintu, atapun meja meja kerja, banyak yang terbuat dari akrilik.

Tidak mudah pecah menjadi alasan kuat penggunaan bahan akrilik untuk sebuah plang nama.

5. Undangan

Sedang nge trend, akhir – akhir ini banyak undangan pernikahan dibuat dari bahan dasar akrilik. Tampilannya pun di desain lebih cantik dan menarik dibandingkan undangan kertas pada umumnya.

Biasanya undangan akrilik dibentuk menyerupai lembaran kertas undangan pada umumnya dan dimasukan kedalam amplop cantik.

6. Brosur

Selain Undangan, akrilik juga banyak dijadikan sebagai tempat brosur promosi. Sama seperti plang nama, tempat brosur dari akrilik ini dipilih karena tidak mudah pecah.

Baca Juga : 30 Ide Souvenir Pernikahan yang Unik, Kreatif dan Terjangkau

Itulah pembahasan mengenai jenis dan kelebihan akrilik yang bisa Anda pertimbangkan sebelum memilih salah satu jenis akrilik tersebut.

Anda bisa menemukan berbagai jenis akrilik dengan kualitas dan harga terbaik dari Supplier terpercaya di Indotrading!

banner seller
To Top