Insight

Kenali Akrilik Lembaran Serta Jenis dan kegunaannya Untuk Hunian

akrilik lembaran indotrading

Saat ini Akrilik lembaran menjadi salah satu material plastik yang banyak digunakan untuk berbagai hal. Salah satunya digunakan untuk mempercantik hunian. Untuk hunian, umumnya akrilik digunakan untuk bagian bangunan, dan digunakan untuk material pembuatan furniture.

Lalu apa saja bagian bangunan, dan furniture yang menggunakan akrilik lembaran sebagai material dasarnya?

Untuk itu pada kesempatan kali ini Tim Indotrading News akan membahas akrilik lembaran lebih dalam untuk Anda. Namun sebelum membaca lebih lanjut, Anda dapat menemukan berbagai pilihan akrilik lembaran berkualitas dan terpercaya untuk bisnis Anda di Indotrading.

Akrilik Lembaran

akrilik lembaran indotrading

Akrilik adalah jenis plastik polimer yang umumnya di didistribusikan dalam bentuk lembaran. Jenisnya pun beragam, mulai dari yang transparan hingga berwarna, sehingga penggunaannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Umumnya akrilik lembaran digunakan sebagai pengganti kaca.

Penggunaan akrilik banyak dipilih karena bobotnya yang lebih ringan, serta mempunyai kemampuan untuk mentransfer cahaya, menahan panas dan mempunyai kemampuan struktural yang lebih kuat daripada kaca. Tidak hanya itu saja, akrilik juga bisa dicetak menjadi berbagai bentuk ataupun lembaran-lembaran dan menyesuaikannya dengan keinginan Anda.

Jenis – Jenis Akrilik

1. Akrilik Lembaran Transparan

Akrilik lembaran merupakan jenis akrilik yang paling umum dan mudah ditemukan. Umumnya penggunaan akrilik lembaran transparan dipilih sebagai pengganti kaca yang rawan dan cukup berbahaya untuk berada di dekat ana-anak. Jenis akrilik yang transparan ini dapat Anda manfaatkan untuk berbagai kebutuhan yang beragam sebagai pengganti kaca.

2. Akrilik Lembaran Berwarna

Jenis akrilik lembaran yang satu ini, adalah jenis akrilik yang memiliki berbagai pilihan warna, sehingga penggunaannya tak hanya sebagai pengganti peran kaca, tapi juga sebagai penambah dekorasi dalam rumah. Jenis Akrilik ini tak jauh berbeda dengan yang transparan, hanya saja jenis ini memiliki beragam warna, sehingga dapat menambah warna tersendiri saat digunakan.

3. Akrilik Cetak

Akrilik jenis ini sangat membutuhkan peran manusia dalam pembuatannya. Jenis akrilik ini dibuat dengan cara mencampurkan bahan-bahan yang diperlukan dalam bentuk cairan yang panas. Proses kimia akan terjadi ketika dalam proses pelelehan bahan-bahan yang diperlukan yang kemudian akan dituang ke dalam cetakan yang berbentuk lembaran. Ketika suhunya sudah mendingin maka cairan tersebut akan langsung mengeras.

4. Akrilik Ekstrusi

Akrilik jenis ini berbeda dibandingkan dengan akrilik cetak karena jenis ini dibuat dengan cara menggunakan mesin. Dimana mesin tersebut akan menekan akrilik sehingga nantinya akan menjadi sebuah bentuk. Harganya akan jauh lebih murah dibandingkan dengan akrilik cetak karena proses pembuatan yang berbeda tersebut.

Kelebihan Akrilik Lembaran

Akrilik banyak digunakan sebagai bahan dasar pembuatan material, karena memiliki beragam kelebihan yaitu:

  1. Lebih kuat jika dibandingkan dengan kaca dan tidak akan mudah untuk pecah.
  2. Bobot yang dimiliki lebih ringan jika dibandingkan dengan bobot yang dimiliki kaca.
  3. Harga yang relatif terjangkau.
  4. Memiliki sifat yang cukup elastis, sehingga mudah untuk dibentuk.
  5. Lebih ramah lingkungan
  6. Dapat digunakan untuk waktu pemakaian dalam jangka panjang
  7. Penggunaan Material Akrilik Untuk Rumah dan Interior
  8. Kanopi bangunan

Baca Juga: Ketahui Lebih Lanjut Fungsi Akrilik Sebagai Aksesoris

Kegunaan Akrilik Lembaran Untuk Rumah dan Interior

1. Kanopi Bangunan

kanopi akrilik lembaran indotrading

Kanopi merupakan atap tambahan di luar rumah yang digunakan pada bagian teras atau balkon dan carport. Penggunaan kanopi akrilik banyak digunakan karena dapat membiaskan cahaya, serta dinilai lebih aman dari jenis kanopi lainnya.

2. Meja dan Side Table

Meja dan Side Table akrilik lembaran indotrading

Akrilik juga dapat digunakan sebagai dasar pembuatan meja dan side table. Dengan menggunakan akrilik dapat menambah kesan luas dan dapat menjadi wadah penyimpanan fungsional tanpa menambah beban visual pada ruang.

3. Meja Makan

meja makan akrilik lembaran indotrading

Dengan menggunakan meja makan akrilik pada ruang makan Anda, dapat menambah nilai interior sendiri untuk ruang makan Anda. Dengan menggunakan meja makan akrilik dapat menambah kesan bersih dan higienis pada ruang makan hunian Anda.

4. Bubble Chair 

bubble chair akrilik lembaran indotrading

Bubble chair merupakan jenis bangku yang berbahan dasar akrilik yang dapat menambah nilai interior hunian Anda. Akrilik dipilih sebagai material dasar bubble chair dikarenakan akrilik merupakan jenis bahan yang menyerupai kaca, dan mudah lentur sehingga mudah dibentuk. Bubble chair cukup aman untuk anak-anak karena bangku ini terbuat dari akrilik yang aman untuk anak-anak.

5. Storage Box

Storage box akrilik lembaran indotrading

Selain digunakan untuk barang berukuran besar, Akrilik juga dapat digunakan untuk furniture kecil dalam rumah seperti storage box atau tempat penyimpanan yang dapat membuat barang barang dalam rumah dapat teroganisir dengan rapih. Storage box akrilik banyak dipilih karena jenis ini menyerupai kaca dan tembus pandang, sehingga pengguna dapat mudak menemukan barang yang dicari tanpa harus mengeluarkannya satu persatu. Selain itu storage box akrilik dinilai lebih aman karena tidak mudah pecah.

Tips Cara Membersihkan Akrilik

Agar furniture berbahan dasar akrilik tetap bersih, pastikan Anda selalu membersihkan. Tampilan yang bersih dapat membuat tampilan akrilik lebih menawan. Jika ingin membersihkannya, Anda dapat menggunakan kain yang sedikit basah ketika membersihkannya. Usahakan untuk menggunakan kain yang cukup lembut agar tidak membuat goresan berlebih pada permukaan akrilik. Jika terjadi goresan pada permukaan akrilik, Anda dapat menggunakan cairan yang dikhususkan untuk menyamarkan dan menghilangkan goresan pada akrilik.

Itulah pembahasan mengenai jenis beserta material bangunan, dan furniture yang menggunakan akrilik sebagai bahan material pembuatannya. Jika Anda membutuhkan Akrilik lembaran,  Anda bisa menemukan berbagai jenis akrilik lembaran dengan kualitas dan harga terbaik dari Supplier terpercaya di Indotrading!

banner seller
To Top