Insight

Inspirasi Model Plafon Gypsum Paling Dicari dan Cara Merawatnya

Semakin banyak dijadikan pilihan terbaik sebagai interior ruangan, plafon gypsum sudah tidak asing dalam dunia interior desain rumah dan ruangan. Kali ini Tim News Indotrading akan membahas mengenai Model Plafon Gypsum Paling Dicari dan Cara Merawatnya.

Baca Juga : Ketahui Jenis jenis Rangka Atap Baja Ringan Serta Kelebihannya

Anda dapat temukan berbagai model plafon gypsum dengan kualitas dan harga terbaik di Indotrading.

Apa itu Plafon Gypsum?

Salah satu jenis plafon rumah dan ruangan yang paling banyak peminatnya adalah plafon gypsum. Seperti namanya, jenis plafon ini terbuat dari bahan bangunan gypsum yang kemudian diproses dan dicetak menjadi plafon yang layak pakai dengan nilai estetika tinggi. 

Gypsum sendiri merupakan salah satu bahan bangunan rumah dengan kadar kalsium yang paling tinggi. Gypsum terbentuk dari endapan yang biasanya banyak ditemukan di sekitar laut, danau, sumber mata air panas yang kandungan mineral di dalamnya mengalami proses penguapan hingga terbentuklah endapan gypsum. 

Endapan gypsum tersebut kemudian diolah dan dibentuk menjadi berbagai jenis kebutuhan seperti plafon yang banyak digunakan sebagai alternatif penambah nilai estetika interior ruangan rumah maupun gedung lainnya.

Selain dikenal sebagai penambah nilai estetika interior rumah dan ruangan perkantoran dan gedung lainnya, tujuan utama penggunaan plafon gypsum adalah sebagai perapi konstruksi ruang sekaligus penahan debu dan kotoran pada langit-langit rumah ataupun ruangan gedung lainnya. 

Plafon gypsum sudah banyak dikenal akan kelebihannya yang mudah didapatkan dan dicari, mudah dipasang, bernilai estetika tinggi, awet dan tahan terhadap korosi, juga plafon anti rayap dan tahan api dengan jenis perawatan yang tidak ribet. Meskipun begitu, sifatnya yang mudah kusam, tidak tahan air, serta sangat sensitif terhadap benturan menjadi pertimbangan penting yang perlu diperhatikan sebelum memasang gypsum pada hunian.

Baca Juga : Inilah 5 Alasan Harus Pilih Genteng Keramik Untuk Atap Rumah

Model Plafon Gypsum Paling Dicari

Menjadi salah satu plafon yang paling diminati, gypsum memiliki beberapa tipe model plafon yang sampai saat ini menjadi pilihan favorit yang paling dicari, diantaranya :

1. Plafon Gypsum Minimalis

Seiring dengan pesatnya ketertarikan masyarakat terhadap konsep minimalis dalam keseharian juga memberikan dampak pada selera memilih model plafon gypsum. Tahun 2020 dan 2021 merupakan tahun plafon gypsum minimalis, sebab plafon gypsum minimalis menjadi tren dan paling banyak dicari masyarakat.

Plafon gypsum minimalis umumnya berkonsep sederhana, juga ukurannya dapat disesuaikan dengan ukuran keseluruhan langit-langit ruangan. Selain itu plafon gypsum minimalis juga memiliki beragam model pilihan dengan menonjolkan nuansa tenang.

2. Plafon Gypsum Bertingkat

Plafon lainnya yang banyak dicari adalah plafon gypsum bertingkat. Jika pada plafon gypsum minimalis berkonsep sederhana dan cenderung datar, konsep sedikit pada plafon gypsum model ini sedikit lebih detail.

Terdapat tingkatan undakan pada plafon gypsum bertingkat yang membawa nuansa lebih detail dibandingkan plafon minimalis. Biasanya bentuk plafon ini menyerupai undakan pada kue yang dimulai dari yang paling lebar dan besar hingga mengerucut dan mengecil.

3. Plafon Gypsum Ornamen

Plafon gypsum ornamen membawa konsep yang lebih detail dari dua plafon gypsum sebelumnya. Plafon gypsum jenis ini banyak menampilkan lekukan serta detail ukiran pada gypsum. 

Termasuk model plafon gypsum modern, biasanya ragam ornamen yang paling banyak ditampilkan adalah motif detail bunga ataupun pola lekukan teratur lainnya. Nuansa yang dibawa oleh plafon gypsum model ini juga lebih mewah dibandingkan model plafon gypsum dua sebelumnya.

4. Plafon Gypsum Kombinasi

Selanjutnya, plafon gypsum yang paling dicari lainnya adalah jenis kombinasi. Plafon gypsum model kombinasi adalah plafon yang memberikan nuansa berbeda yang lebih berwarna dari beragam warna yang ditampilkan.

Tidak lepas dari konsep nuansa kebanyakan gypsum, jenis ini tetap memberikan nuansa tenang dari pilihan warna dasar yang netral dan tidak mencolok.

Biasanya warna dasar hitam dan putih menjadi kombinasi warna plafon gypsum yang paling sering digunakan dalam model gypsum berkonsep kombinasi.

5. Plafon Gypsum Langit

Model ini berbeda dari yang lain, konsep yang dibawa plafon gypsum model ini adalah nuansa cerah dan segar. Hal tersebut dibawa oleh gambar langit yang menempel pada plafon langit-langit. 

Plafon gypsum langit banyak ditemukan di tempat umum yang dapat diakses publik seperti masjid, gedung ballroom hotel, ataupun gedung lain sejenisnya.

Cara Merawat Plafon Gypsum

Agar plafon gypsum memiliki nilai guna yang lebih lama, tentunya plafon gypsum harus tetap dirawat. Perawatan plafon gypsum untuk semua model plafon gypsum tidaklah berbeda dan mudah. Perawatan tersebut dapat dilakukan sendiri dengan bantuan alat sederhana yang dimiliki.

Adapun cara merawat plafon gypsum diuraikan sebagai berikut:

1. Perawatan Rutin Plafon

Dalam menjaga nilai guna serta estetika plafon gypsum yang sudah dipasang, tentunya perawatan rutin plafon harus dilakukan.

Perawatan rutin plafon bisa dilakukan setidaknya 4 tahun sekali, dan akan jauh lebih baik jika perawatan dilakukan rutin dalam kurun waktu lebih singkat, seperti 1 tahun atau 4-6 bulan sekali.

2. Hindari Plafon dari Air

Sifat plafon gypsum yang sangat perlu diperhatikan adalah sifatnya yang tidak tahan air. Pastikan untuk menempatkan atau memasang gypsum pada langit-langit yang tidak memiliki akses air. Sebab, gypsum akan mudah lapuk dan rusak saat terkena air.

3. Hindari Plafon dari Benturan

Selain tidak tahan air, plafon gypsum juga sudah dikenal dengan sifatnya yang sangat sensitif terhadap benturan. Hal tersebut karena gypsum terbuat dari endapan material yang tidak memiliki penyangga yang kuat. Sehingga plafon gypsum sangat rentan terhadap benturan.

4. Cat Kembali Plafon Gypsum

Guna menjaga nilai estetika pada plafon gypsum. Pengecatan kembali gypsum sangat dianjurkan. Sebab meninmbang kebanyakan plafon gypsum yang berwarna putih akan lebih cepat kusam yang tentunya juga akan merubah nuansa yang diberikan. Pengecatan kembali plafon gypsum akan membantu tetap menjaga warna gypsum agar tetap cantik.

Baca Juga : Daftar Harga atap Polycarbonate Terbaru Serta Kelebihannya

Demikianlah informasi mengenai berbagai model plafon gypsum yang paling dicari dan cara merawatnya. Pemilihan model plafon gypsum tersebut tentunya harus meninmbang ukuran serta luas langit-langit ruangan ataupun rumah agar terlihat pas dan tidak mengurangi nilai keindahannya. 

Juga guna menjaga nilai guna serta keindahan plafon gypsum yang dipasang, melakukan perawatan dengan cara terbaik tetap harus diperhatikan meskipun plafon gypsum jadi salah satu plafon dengan perawatan minim.

Di Indotrading, Anda dapat temukan banyak model plafon gypsum dengan kualitas dan harga terbaik dari berbagai Supplier terpercaya di Indonesia!

banner seller
To Top