Insight

Tak Perlu Diragukan, Inilah 5 Alasan Kenapa Anda Harus Pilih Genteng Keramik Untuk Atap Rumah!

kelebihan genteng keramik

Rumah merupakan kebutuhan primer bagi siapapun. Fungsinya bisa dibilang sangat penting, yaitu melindungi penghuninya dari marabahaya dan sebagai tempat untuk berkumpul keluarga. Maka dari itu, memiliki rumah yang kokoh dan aman merupakan prioritas yang harus dikejar. Salah satu bahan unsur rumah yang memiliki peranan penting adalah genteng. Genteng berfungsi untuk melindungi penghuninya dari terik matahari dan hujan. Maka dari itu, banyak yang memilih untuk menggunakan genteng dengan kualitas yang baik, seperti genteng keramik. Lantas, apa itu genteng keramik? Apa saja kelebihan genteng keramik dibandingkan genteng biasa? Apa saja merek genteng keramik yang bagus dan bagaimana cara memilihnya? Berikut ini kami akan bahas satu persatu, ya!

Apa Itu Genteng Keramik?

Sesuai dengan namanya, genteng keramik merupakan genteng yang terbuat dari tanah liat dan kaolin. Kedua bahan tersebut kemudian dicampur dengan pasir kuarsa, bahan aditif surfactants, dan plasticier untuk kemudian dicetak dengan teknologi modern atau yang dikenal dengan proses finishing glazur.  Untuk tahap akhirnya, genteng keramik dilapisi dengan pelapis nepheline, terak, dan feldspars. Dari serangkaian proses tersebut, terciptalah genteng keramik yang kuat, serta hasil cetakannya presisi dan rapi.

Kelebihan genteng keramik

Genteng keramik termasuk salah satu genteng dengan kualitas yang terbaik. Maka dari itu, banyak sekali kelebihan yang bisa Anda dapatkan dari genteng keramik ini. Kelebihan genteng keramik dibandingkan genteng biasa, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Daya tahan sangat kuat

Daya tahan pada genteng ini bisa menampung beban manusia dewasa dengan berat sekitar 180 kg. Kekuatan yang besar demikian dikarenakan campuran bahan material yang digunakan dalam proses pembuatannya. Selain itu, proses pembakaran yang sempura dengan teknologi canggih juga menghasilkan keramik dengan presisi dan kerapian yang berkualitas.

2. Warna genteng lebih tahan lama

Selain warna yang beraneka ragam, warna genteng ini juga lebih tahan lama. Penyebabnya yaitu berasal dari proses pembakaran genteng yang sempurna dengan suhu diatas 1000 derajat Celcius.

3. Memiliki ketahanan yang kuat dari berbagai cuaca

Genteng keramik memiliki kemampuan kedap air hujan yang sangat baik. Di sisi lain,  bentuknya yang presisi dan rapi membuat pemasangan menjadi mudah serta tidak ada celah yang bisa dimasuki oleh air hujan. Sehingga, ketika Anda menggunakan genteng keramik, Anda tidak perlu khawatir mengalami kebocoran. Selain itu, Anda tidak perlu khawatir pada kondisi musim panas. Sebab, genteng ini mampu menahan korosi dari cuaca yang sangat ekstrim. Kemampuan daya tahan ini tidak terlepas dari bahan yang digunakan dan sistem interlock yang lebih unggul daripada genteng yang selainnya.

4. Tidak butuh banyak perawatan/perbaikan

Dengan daya tahan yang kuat dari berbagai cuaca, Anda tidak perlu lagi melakukan banyak perbaikan genteng keramik yang awet dan dapat bertahan lama. Anda tak perlu melakukan pengecatan berulang-ulang karena bubuhan warna dalam genteng keramik sangatlah melekat kuat. Jadi, Anda bisa menghemat banyak biaya secara jangka panjang, deh!

5. Tidak merusak lingkungan

Genteng keramik bisa dibilang ramah lingkungan karena terbuat dari bahan-bahan yang tidak berbahaya, serta dibuat dengan proses pembakaran yang sempurna. Hal ini membuat genteng tidak mengeluarkan partikel-partikel yang bisa mengancam kesehatan manusia. Anda bisa membandingkan dengan genteng yang terbuat dari bahan asbes. Bahan ini lebih berbahaya jika digunakan untuk atap rumah karena partikel pecahan asbes bisa menyebabkan kanker.

Cara memilih genteng keramik yang bagus

Untuk mendapatkan genteng keramik dengan kualitas yang baik, Anda perlu mengecek beberapa hal seperti kondisi genteng keramik. Yang pertama, jangan pernah memilih genteng keramik yang sudah dalam kondisi retak-retak. Hal tersebut dapat mengurangi umur genteng keramik, serta rawan bocor ataupun pecah. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan warna genteng keramik. Jangan memilih genteng keramik yang sudah pudar. Warna yang pudar bisa menjadi indikator bahwa genteng keramik tersebut merupakan genteng dengan kualitas rendah, atau tidak original.

Rekomendasi genteng keramik

1. Genteng Kanmuri

kelebihan genteng keramik

Kanmuri merupakan salah satu merek genteng  keramik terkenal. Kanmuri merupakan merek yang merintis produk genteng keramik terlebih dahulu dibandingkan dengan yang lainnya. Kelebihan genteng keramik Kanmuri memiliki ketahanan yang bagus terhadap kebocoran air hujan karena bahan yang berkualitas dan pemasangan yang sudah dilengkapi dengan tanggul ganda. Genteng ini memiliki berat 45 kg per meter perseginya, sehingga kuat juga menahan angin.

Genteng Kanmuri memiliki berbagai jenis tipe yaitu Kanmuri Milenio, Espanica, dan Full Flat. Pada tahun 2015, genteng kanmuri sudah memiliki seri genteng full flat yang menggabungkan teknologi dari Eropa dan Jepang. Genteng Kanmuri Milenio memiliki spesifikasi panjang 32,2 cm, lebar 31,7 cm, panjang efektif 26,7 cm, lebar efektif 27,4 cm, berat per unit 3000 gr, beban lentur dan kekuatan tekanan 175 kgf, isi per m2 sebanyak 13,7 pcs, penyerapan air max 8%, dan jarak reng 26,7 cm.

2. Genteng M-Class

kelebihan genteng keramik

Genteng M-Class juga termasuk sebagai genteng yang banyak digunakan oleh masyarakat. Genteng ini memiliki 2 tipe yaitu M-Class glossy dan M-Class Matte. Genteng M-Class memiliki spesifikasi panjang 32,4 cm, lebar 31,1 cm, panjang efektif 27 cm, lebar efektif 26,8 cm, berat per unit 2950 gr, beban lentur 180 kgf, isi per m2 sebanyak 13,6 pcs, kemampuan penyerapan air max 7%, dan jarak reng 27 cm.

3. Genteng KIA

kelebihan genteng keramik

Selain dua tipe diatas, ada pula Genteng KIA. Pabrik genteng KIA sudah ada di Indonesia sejak tahun 1984. Sehingga, genteng ini juga laris dipasaran. Genteng KIA Topaz memiliki spesifikasi panjang 32 cm, lebar 31,4 cm, panjang efektif 26 cm, lebar efektif 26,5 cm, berat per unit 3000 gr, beban lentur atau kekuatan tekanan kurang lebih 165 kgf, isi per m2 sebanyak 14,5 pcs, kemampuan penyerapan air max 7%, dan jarak reng 26 cm.

Baca juga: Anti Api, Cek 10 Rekomendasi Stop Kontak Terbaik untuk Tunjang Beragam Kebutuhan

Nah, selain daya tahannya yang kuat, kelebihan dari genteng keramik dibandingkan dengan genteng biasa adalah minim perawatan, sehingga Anda tak perlu mengeluarkan biaya tambahan. Lebih ekonomis, bukan? Nah, jika Anda tertarik untuk memesan genteng keramik dalam jumlah yang besar, segera buat permintaan melalui fitur RFQ Indotrading.com. Fitur ini memungkinkan Anda mendapatkan penawaran dari para supplier genteng keramik terpercaya di Indonesia!

To Top