Insight

Inilah 6 Jenis Cat Tembok dan Tips Merawat Ketahanannya

Inilah 6 Jenis Cat Tembok dan Tips Merawat Ketahanannya

Cat tembok menjadi salah satu bagian penting dalam dekorasi rumah Anda. Adapun fungsi dari cat bukan hanya sebagai pewarna saja, melainkan juga untuk melindungi permukaan dinding rumah yang Anda tinggali. Hunian dengan cat yang bagus juga dapat membantu kesehatan psikologis penghuninya. Oleh karena itu, penting untuk  mengetahui jenis-jenis cat dinding agar cat tepat dan sesuai dengan hunian yang Anda inginkan. Selain itu, penting juga untuk mengetahui bagaimana cara merawat cat dinding agar warnanya tahan lama dan juga selalu tampak bersih.

Namun sebelum itu, Anda juga harus mengetahui cat dasar tembok agar warna dan permukaan dinding hunian Anda lebih cantik dan terjamin ketahananya dengan mengetahui berbagai Rekomendasi Cat Dasar Tembok Terbaik Untuk Anda.

Jenis-jenis Cat Dinding

Inilah 6 Jenis Cat Tembok dan Tips Merawat Ketahanannya

Cat adalah suatu produk yang umunya berbentuk cair, yang berfungsi untuk melindungi dan memperindah dinding atau benda lain dengan melapiskan pigmen warna tertentu. Selain itu, seperti yang sudah diketahui bahwa cat juga dapat memberikan perlindungan untuk dinding hunian Anda dari sinar matahari langsung, goresan, pelapukan, dan juga jamur. Cat sendiri terdiri dari berbagai macam.

Tujuan dari mengetahui jenis-jenis cat tembok adalah agar Anda tidak salah membeli cat, sebab sekarang cat sudah banyak macamnya, adapula yang dikhususkan untuk dinding bagian luar, cat untuk kamar mandi, hingga atap rumah. Berikut ini adalah jenis-jenis cat yang perlu Anda ketahui:

1. Alkyd Synthetic

Cat jenis alkyd synthetic adalah jenis cat yang mengkilap. Cat jenis ini memiliki beberapa kelebihan, yaitu kuat terhadap udara yang lembab dan tahan terhadap cahaya.

Umumnya, cat dinding alkyd synthetic cocok digunakan untuk mengecat bagian tembok rumah yang terbuat dari besi atau kayu. Selain itu, cat alkyd synthetic juga bisa digunakan untuk tembok luar atau dalam.

2. Emulsi Styrene Acrylic

Jenis cat selanjutnya adalah Emulsi Styrene Acrylic. Jika Anda membutuhkan cat dinding yang dapat melindungi dari cuaca panas dan jamur, maka cat Emulsi Styrene Acrylic.

Emulsi Styrene Acrylic cocok digunakan untuk dinding yang terbuat dari panel tripleks. Selain itu, cat jenis ini juga bisa digunakan untuk mengecat beton, batako, asbes, atau permukaan plesteran.

3. Wall Sealer

Berikutnya adalah cat jenis wall sealer. Kelebihan cat jenis ini adalah mampu menutupi pori-pori pada permukaan dinding, sehingga permukaan tembok menjadi lebih halus. Cat wall sealer juga mampu mencegah terjadinya perembesan pada dinding.

4. Zinc Chromate Primer

Zinc chromate primer biasa disebut juga dengan cat besi. Apabila dinding di rumah Anda atau material di rumah Anda banyak yang terbuat dari besi atau logam, maka cat jenis zinc chromatic primer ini cocok digunakan sebab memiliki kandungan seng yang amat bagus untuk mencegah karat.

5. Duco

Istilah popular untuk cat jenis ini adalah cat dempul. Cat duco sendiri juga merupakan cat yang paling sering dipakai orang. Kelebihan dari cat dempul ini adalah menutup bagian permukaan dan memiliki kerapatan yang tinggi.

6. Polyurethane

Jenis cat yang terakhir adalah polyurethane. Cat jenis ini memiliki pelindung yang tinggu dan daya tahan terhadap goresan. Wujud dari cat jenis ini adalah transparan, sehingga memberikan efek mengkilap dan halusnya permukaan dinding yang dicat.

Jika Anda membutuhkan cat dinding seperti cat alkyd, cat duco, cat polyurethane, dan jenis cat tembok lainnya Anda bisa menemukannya di Indotrading.

Pilihlah Warna yang Sesuai

Inilah 6 Jenis Cat Tembok dan Tips Merawat Ketahanannya

Setelah mengetahui jenis-jenis cat dinding, Anda juga perlu mempertimbangkan pemilihan warna cat. Rumah menjadi tempat tinggal dan tempat pulang setiap hari. Maka memilih cat dinding rumah juga perlu melibatkan aspek psikologis warna, yang mana warna-warna tersebut dapat berpengaruh pada mental dan emosi Anda sehari-hari.

Untuk mengetahui bagaimana memilih warna cat dinding hunian Anda, Anda juga bisa membaca Tips Memilih Warna Cat Rumah.

Tips Merawat Ketahanan Cat Dinding

Inilah 6 Jenis Cat Tembok dan Tips Merawat Ketahanannya

Cat dinding menjadi elemen yang penting untuk rumah yang Anda tinggali sehari-hari. Oleh sebab itu, selain mengetahu jenis-jenis cat dinding, perlu untuk menjaga atau merawat ketahanan dari warna cat tembok rumah Anda. Jika Anda ingin cat dinding Anda selalu terlihat bersih dan cantik, berikut adalah beberapa tips merawat cat dinding yang bisa diterapkan:

  1. Bersihkan dinding dari debu atau sarang laba-laba secara berkala agar cat dinding Anda selalu terlihat bersih.
  2. Cek kualitas tembok Anda sebelum Anda membersihkan agar warna cat tidak luntur atau terkelupas.
  3. Sebelum mengecat tembok, terlebih dahulu pastikan dinding Anda kering sehingga kualitas cat bisa tahan lama
  4. Bersihkan dinding dengan cairan khusus pembersih tembok, fungsinya agar kualitas cat tembok bisa lebih tahan lama dan terlihat cerah.
  5. Perbaiki bagian dinding yang rusak atau terkelupas seperti menambal dengan semen . Serta melakukan pengecatan ulang setelahnya agar cat tembok tidak luntur.
  6. Gunakan cat pelapis khusus setelah menggunakan cat dasar pada tembok, ini bertujuan agar warna cat tembok Anda tetap cerah dan mudah dibersihkan dari noda.
  7. Hindari bagian dinding tersentuh dari barang elektronik yang memilik suhu tinggi. Salah satu contohnya adalah kulkas, televisi, dan rice cooker.
  8. Pilih produk cat yang anti bocor dan panas berdasarkan Rekomendasi Cat Pelapis Anti Bocor Terbaik, sebab penyebab utama cat mudah luntur adalah hujan dan sinar matahari.

Demikianlah jenis-jenis cat tembok yang perlu Anda ketahui serta bagaimana cara menjaga ketahanan cat rumah Anda.

Di Indotrading, Anda bisa menemukan beragam cat dinding dan peralatan cat lain yang sesuai dengan kebutuhan Anda serta merupakan kualitas terbaik dari supplier cat yang ada di seluruh Indonesia.

Baca juga: https://news.indotrading.com/5-hal-yang-wajib-diperhatikan-saat-memilih-cat-rumah-minimalis/

IndoTrading.com adalah Direktori Supplier No 1 Terbesar di Indonesia.

B2B Marketplace, B2B E-commerce, B2B, Pusat Distributor, Trading, Supplier, Agen, Grosir, Importir, Exportir dan Penyedia Jasa terlengkap di Indonesia.

© 2021 Indotrading.com. All Right Reserved.

To Top