Insight

5 Hal yang Wajib Diperhatikan Saat Memilih Cat Rumah Minimalis

Saat ini di pasaran ada ribuan merek dan pilihan warna cat rumah yang mungkin membuat Anda bingung dalam memilihnya. Secara umum, dapat dikatakan bahwa memilih cat rumah minimalis memang gampang-gampang susah. Di satu sisi, ada beberapa warna yang terkadang dipilih karena harganya yang ekonomis. Namun, di sisi lain, Anda perlu nuansa cat rumah minimalis yang selaras dengan konsep interior yang ingin dibangun. 

Dalam memilih warna cat rumah minimalis yang bagus, ada beberapa faktor penting yang perlu diperhatikan. Antara lain: kombinasi warna dasar, jenis ruangan, dan warna furniture yang mendukung luas ruangan. 

Nah, selain faktor di atas, kira-kira hal penting apalagi ya, yang patut diperhatikan untuk memilih cat rumah minimalis? Yuk, simak tipsnya berikut ini!

1. Cakram Warna Sebagai Panduan Warna Cat Rumah

memilih cat rumah minimalis

Perlu Anda ketahui bahwa warna dasar ada tiga, yaitu merah, kuning, dan biru. Ketiga warna dasar tersebut akan menghasilkan warna sekunder, tersier, dan turunannya. Cara termudah untuk menentukan paduan warna yang serasi adalah dengan memilih warna-warna yang bersebelahan dalam cakram warna.

Jika Anda lebih suka dengan warna kontras yang serasi dan keren, maka Anda bisa memilih warna-warna yang berseberangan atau warna-warna yang membentuk sudut 90 derajat. Warna-warna tersebut akan saling melengkapi dan berpadu dengan harmonis pada rumah minimalis Anda.

2. Teknik Monochromatic

memilih cat rumah minimalis

Teknik monochromatic berbeda dengan teknik memilih warna yang kontras atau membentuk sudut 90 derajat. Konsep dari teknik ini adalah menggunakan warna turunan. Warna yang digunakan hanya satu warna dasar, lalu dicari turunannya untuk diaplikasikan pada dinding rumah minimalis.

Sebagai contoh, Anda bisa menggunakan warna navy blue sebagai warna dasar. Selanjutnya, dari warna tersebut ada beberapa warna turunan yang bisa dipilih salah satunya, seperti biru langit, biru muda, atau turquoise muda. 

Perpaduan warna cat rumah minimalis dari warna dasar dan turunan akan terlihat luar biasa karena keduanya memiliki harmonisasi yang khas.

3. Mempertimbangkan Ukuran Ruangan

memilih cat rumah minimalis

Konsep rumah minimalis adalah memanfaatkan ukuran ruangan yang serba terbatas. Dalam setiap desain, rumah minimalis harus mampu menunjukkan kesan yang luas dan lapang. Beberapa warna terbukti layak digunakan untuk memberikan kesan luas seperti warna putih, kuning muda, dan coklat muda.

Jika warna tersebut terasa terlalu polos, Anda bisa menambahkan aplikasi warna pada furniture, bantal, karpet, hiasan dinding, atau beberapa dekorasi lain. Namun, porsi furniture tidak boleh terlalu banyak.

Teknik yang bisa Anda terapkan contohnya dengan memilih warna putih dan coklat muda sebagai cat dinding rumah minimalis. Selanjutnya, Anda bisa meletakkan sofa abu-abu gelap sebagai titik pusat perhatian di dalam ruangan. Untuk rekomendasi, Anda bisa memilih warna abu-abu gelap karena akan menguatkan kesan minimalis dari warna dinding.

4. Melakukan Uji Warna Pilihan untuk Dipadukan

memilih cat rumah minimalis

Ketika Anda akan membeli cat dinding rumah minimalis, sebaiknya Anda selektif dalam memilih warna. Jangan langsung membeli warna yang Anda lihat di katalog. Warna asli cat akan sedikit berbeda dari katalog, khususnya setelah terkena pantulan cahaya. Sebaiknya Anda menguji terlebih dahulu warna pilihan untuk dipadukan dengan kondisi ruangan rumah minimalis Anda.

Namun, Jika Anda telah terlanjur membeli sekaleng cat, maka uji terlebih dahulu warnanya di papan atau salah satu tembok rumah yang cukup luas. Dengan uji coba yang Anda lakukan, maka akan diketahui gambaran umum dari hasil akhir pengecatan nantinya.

5. Memperhatikan Pencahayaan

memilih car rumah minimalis

Warna cat akan tampak berbeda karena dipengaruhi oleh pencahayaan yang didapat. Terkait dengan pencahayaan, ada dua hal yang harus perhatikan. Yang pertama mengenai cahaya lampu pijar yang akan menonjolkan warna-warna hangat dan warna kuning. 

Dan yang kedua adalah cahaya lampu pendar yang akan menghasilkan tone warna biru. Maka dari itu, Anda harus jeli dan teliti dalam memilih pencahayaan karena bisa mempengaruhi nuansa ruangan yang akan dicat.

Baca juga: 10 Detektor Gas Berteknologi Canggih dan Terbaik di Kelasnya

Dari 5 hal pemilihan warna cat rumah minimalis di atas, jika benar-benar Anda aplikasikan dengan baik, maka Anda akan mendapatkan pewarnaan rumah minimalis yang elegan. Pewarnaan sangat berkaitan dengan desain, sedangkan desain memberikan estetika dan kenyamanan dalam hunian. Tetapi, Anda tak usah bingung, sebab Anda bisa mendapatkan berbagai inspirasi dan tips dari media seperti blog atau portal hunian terpercaya, seperti halaman Berita Properti 99.co.

99.co/id Indonesia sendiri merupakan portal  yang hadir sebagai jembatan penghubung antara pembeli dan penjual rumah. Portal ini memberikan kemudahan bagi Anda yang mencari properti karena memiliki jumlah iklan (listing) terbesar di situs jual beli properti Indonesia. 

Semoga tips di atas bisa membantu Anda mempertimbangkan dengan benar pemilihan warna cat dinding rumah minimalis Anda ya!

To Top