Insight

Tips Memilih Warna Cat Rumah

Rumah sebagai hunian dimana kita banyak melewatkan waktu kita untuk beristirahat dan berkumpul dengan keluarga haruslah ditata senyaman mungkin. Mulai dari penataan ruang, pemilihan perabot, perlengkapan dan peralatan setiap ruang dan bahkan hingga pencahayaan ruangan termasuk memilih warna. Warna memainkan peranan yang sangat penting untuk menciptakan suasana. Warna telah diteliti berdasarkan ilmu psikologi dan terbukti dapat menimbulkan dan mendorong terciptanya impresi, kesan dan bahkan mengungkapkan kepribadian penghuni atau pemilik rumah.

Pemilihan warna juga sering dikaitkan dengan keseimbangan emosi dan jika diperhatikan dengan seksama dan diterapkan dengan benar maka akan menciptakan keselarasan antar ruang. Karena pemilihan warna sering dikaitkan dengan emosi maka oleh karena itu, dalam pemilihan warna cat memerlukan perhatian khusus agar tercipta suasana yang santai di ruang keluarga atau suasana penuh semangat di ruang bermain dan berbagai mood untuk berbagai macam ruang lainnya.

Apakah Warna Yang Dipilih Cocok?

Secara teori mungkin telah dipahami bahwa pemilihan warna memainkan peranan penting menciptakan suasana atau mood tertentu di dalam rumah. Tetapi, sering sekali muncul keraguan menentukan sebuah warna.

Beberapa keraguan antara lain :

Apakah warnanya cocok? Sebaiknya dikombinasikan dengan warna apa ya? Bagus tidak ya untuk ruang keluarga?

Hal ini terjadi karena kebingungan harus memilih warna dan kombinasinya yang ujung ujungnya memilih warna yang paling aman yaitu putih.

Menentukan Pilihan Warna

Masing masing anggota keluarga memiliki kepribadian masing-masing. dengan selera yang berbeda-beda antara satu dengan yang lain tentunya memiliki pilihan warna masing-masing. Tantangannya adalah mencari warna yang menyenangkan semua anggota keluarga. Untuk beberapa area communal mungkin memilih warna netral merupakan pilihan paling tepat tetapi untuk kamar tidur, pemilihan warna sesuai kepribadian masing masing anggota keluarga dapat menimbulkan nuansa yang menyenangkan sekaligus menciptakan mood yang menyenangkan.

Hal Penting Apa Saja Yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Cat Warna

Setidaknya terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memutuskan memilih warna rumah. Semuanya berhubungan dengan pengetahuan kita tentang “warna”. Anda harus memahami perbedaan warna sekunder dan warna primer serta fungsi fungsinya. Anda juga perlu memiliki pengetahuan mengkombinasikan warna dengan tepat. Terakhir, anda perlu mengetahui karakteristik dan mood yang ditimbulkan oleh warna warna tersebut.

Karakter Warna Secara Umum

Warna secara umum dibagi dua, warm colour dan cool colour. Istilah ini muncul karena sejumlah warna tersebut akan memberikan efek yang menyejukkan karena kelam atau efek yang menghangatkan karena cerah. Oleh karena itu muncullah istilah cool colour dan warm colour.

Warna cenderung memiliki efek yang memberikan reaksi yang identik ke semua orang. Hal ini membantu kita mengelompokkan warna sesuai istilah diatas berdasarkan efek yang dihasilkan oleh warna warna tersebut. Warm colour atau warna cerah dan terang memberikan efek ruang lebih besar dan cerah. Warna gelap memberi kesan elegan dan lebih formal.

Di dunia psikologi, terdapat istilah colour association dimana ditunjukkan bagaimana hubungan antara sebuah warna dengan emosi yang ditimbulkannya. Penemuan ini semakin membantu kita mengetahui sifat dan karakter masing-masing warna serta memahami asosiasi warna dengan mood tertentu seperti yang disebutkan diatas. Dengan teori ini yaitu warm colour maupun cool colour, anda dapat menentukan warna cat rumah yang tepat dengan keinginan anda.

Pengelompokkan Warna

Kita akan memulai dengan pengelompokkan yang disebutkan sebelumnya. Kita akan mencoba mengupas secara ringkas karakteristik warna berdasarkan efek yang dihasilkan berdasarkan pengelompokkan atau asosiasi warna.

Cool Colour atau Warna Yang Tenang

Karakteristik secara umum warna-warna ini adalah lembut dan elegan. Ruangan akan menjadi lebih luas, sejuk dan modern. Selain itu juga memberikan efek sejuk, menenangkan dan membantu menyeimbangkan emosi tinggi dan menghilangkan stress juga.

Karakter warna ini cocok bagi individu yang berkepribadian pendiam, cenderung serius, formal dan dapat dikatakan sebagai introvert.

Warna warna yang tergolong kedalam cool colour antara lain :

Hijau muda yang merupakan warna yang penuh ketenangan dan keseimbangan serta rasa penuh keyakinan.

Hijau daun membantu relaksasi serta memberikan suasana yang nyaman.

Biru muda memberikan efek menyejukkan dan sekaligus memberikan suasana yang tenang.

Biru laut sesuai namanya, sering meningkatkan kemampuan imajinasi kita dan kreativitas kita tetapi dengan perasaan tenang dan damai, berbeda dengan warna lain yang juga memberi efek kreativitas tetapi energik.

Violet atau ungu memberi kesan yang sangat damai tenang dan cenderung meditatif. Warna ini sering kita jumpai di sasana relaksasi spa dan sejenisnya karena efek dari warna ini merelaksasi.

Dapat disimpulkan warna cool colour memberikan efek sejuk, damai, tenang dan cenderung meditatif. Cocok untuk suasana pembelajaran dan pengembangan individu.

Warm Colour atau Warna Yang Hangat

Karakteristik secara umum warna-warna ini adalah memberikan efek suasana yang hidup, energik dan hangat. Sering memberikan sentuhan dramatis. Banyak memiliki elemen yang berkesan etnik kontemporer. Jika anda ingin menghadirkan suasana akrab dan hangat, aplikasi warna hangat dapat menjadi pilihan. Karakter warna hangat cocok bagi yang memiliki kepribadian hangat, supel, bersemangat dan antusias.

Warna warna yang tergolong kedalam cool colour antara lain :

Merah, warna yang sering diasosiasikan dengan keberanian, cinta dan kekuatan. Tetapi penggunaan warna merah harus dipadankan dengan warna lain karena warna merah juga memiliki sifat panas menyala.

Kuning sering diidentikkan dengan warna terang matahari, cerah dan membawa kehangatan kedalam rumah.

Oranye saat ini mulai “naik daun”. Warna yang identik dengan energi dan keceriaan serta dikenal sebagai warna kreatif ini ternyata juga dapat meningkatkan selera makan.

Emas tergolong sebagai warna yang hangat terutama emas metalik. Dengan kesan mewah dan elegan yang ditampilkan apalagi jika disandingkan dengan warna gelap seperti hitam yang elegan memberi kesan lebih mewah.

Cara Mendapatkan Efek Tertentu Berdasarkan Warna

Efek Ceria dan Segar

Dapat disimpulkan warna warm colour dapat memberikan efek segar dan ceria. Berjiwa muda sehingga sering kita jumpai pemakaian warna kuning dan oranye di sekolah terutama taman kanak kanak. Walaupun demikian, ternyata cool colour juga bisa memberikan efek serupa jika dipadu padankan dengan benar.

Beberapa warna cerah yang memilki karakter segar (baik warm colour maupun cool colour) antara lain pastel atau kuning muda, kuning lemon dan oranye. Untuk warna cool colour antara lain hijau daun, hijau apel dan biru awan.

Efek Berani Atau Vibrant

Warna berani atau vibrant umumnya diaplikasikan ke ruangan yang ingin menonjolkan efek dramatis, ekspresif dan unik. Efek yang ditimbulkan antara lain perasaan bebas, membangkitkan semangat dan keyakinan diri. Cocok diaplikasikan untuk ruangan kreatif ataupun ruangan yang membutuhkan efek yang dapat meningkatkan jiwa muda, semarak, dinamis dan supel.

Warna yang dapat dipergunakan untuk menghasilkan efek vibrant antara lain kuning menyala, hijau tua (ekspresif), biru menyala (membangkitkan semangat), merah cerah (aktif), hitam dan putih (menonjolkan kesan cerdas dan modern).

Padu Padan Warna Untuk Mendapatkan Efek Tertentu Lainnya

Untuk mendapatkan efek tertentu, anda dapat menggunakan padu padan warna. Terdapat beberapa teori cara memadu padankan warna utama dengan warna sekunder dan warna aksen (penguat). Anda dapat menemukan berbagai artikel tentang hal ini secara mudah di internet.

Tetapi intinya, jika ingin mendapatkan suasana tertentu untuk ruangan ruangan di rumah anda, anda dapat mencoba melakukan cara memadu padankan warna yang ada. Dengan teori dasar warna dan asosiasi warna telah dapat membantu anda menghasilkan warna yang menarik.

Selanjutnya anda hanya perlu mencari cat atau pelapis dinding berkualitas baik. Terdapat banyak penjual online saat ini, bahkan di Indotrading juga terdapat banyak seller cat berkualitas. Semoga anda dapat mengeksplor lebih jauh dan mendapatkan suasana rumah yang lebih menarik.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top