Tips Bisnis

Ingin Buka Bisnis Salon? Perhatikan Beberapa Hal Ini

bisnis salon

Ada banyak sekali bidang bisnis yang saat ini digeluti masyarakat. Salah satu bidang bisnis yang menjanjikan dijadikan peluang adalah bisnis salon. Bisnis ini sering dikenal sebagai bidang kecantikan. Ada salon yang bergerak mengolah rambut, ada juga salon kulit.

Saat ini salon tidak hanya disediakan untuk wanita. Ada juga salon yang menangani para pria dalam melakukan perawatan. Namun salon pria memang hampir jarang sekali ditemui. Meskipun begitu, salon bisa jadi bisnis menjanjikan untuk Anda.

Beberapa Hal Penting Untuk Berbisnis Salon

Seperti yang dikatakan di awal, membuka bisnis salon tidak hanya berkutat pada kebutuhan bisnis itu sendiri. Anda juga butuh skill khusus untuk membuat bisnis Anda berjalan lancar nantinya.

Lantas apa saja beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam usaha membuka bisnis ini? Di bawah ini beberapa penjelasannya:

  1. Menyiapkan Tempat Usaha

Hal yang cukup penting untuk diperhatikan adalah tempat untuk mendirikan usaha. Sebisa mungkin, bukalah usaha salon Anda di lingkungan perkotaan. Hal ini karena lingkungan pedesaan biasanya belum terlalu minat untuk berkunjung ke salon.

Jika Anda tidak memiliki tempat usaha sendiri, Anda bisa menyewa ruko atau tempat lain yang sekiranya cukup. Saat ini ada banyak orang yang menyewakan tempat usaha dengan harga terjangkau. Selain itu, perhatikan titik lokasinya. Pastikan memilih tempat strategis karena peluang bisnis salon ini cukup menjanjikan.

  1. Tentukan Target Salon

Seperti yang dikatakan di atas, salon tidak hanya khusus untuk wanita. Ada juga salon yang melayani pria. Sebagai pemula bisnis yang baik, setidaknya jelaskan usaha salon Anda tersebut bertarget pada salon wanita saja, pria saja, atau keduanya.

Jangan lupa berikan penjelasan juga terkait target usia salon Anda. Hal ini karena saat ini ada banyak salon yang berdiri khusus untuk anak-anak saja atau wanita dewasa saja.

  1. Siapkan Skill Anda

Jika Anda adalah orang yang tidak pernah bergelut di bidang salon, Anda tidak perlu khawatir. Kini ada banyak sekali pelatihan di bidang salon kecantikan. Anda bisa membangun keterampilan salon Anda dengan mengikuti pelatihan tersebut.

Meskipun nantinya Anda juga perlu tenaga kerja tambahan untuk menjalankan bisnis, Anda tetap harus memperbaiki kemampuan dalam usaha salon kecantikan tersebut.

  1. Siapkan Semua Alat dan Bahan

Hal yang satu ini tentu menjadi yang terpenting dalam bisnis salon. Anda harus tahu apa saja bahan dan alat-alat yang dibutuhkan untuk membangun usaha salon agar berjalan dengan sukses.

Pastikan Anda membeli bahan dan alat terbaik dengan kualitas yang baik pula. Temukan semua kebutuhan alat kecantikan hanya di Indotrading.

Lengkapi kebutuhan bisnis Anda, mulai dari mesin perawatan rambut, kulit, hingga alat untuk merawat kuku. Untuk peralatan dan bahan bisnis ini juga menyesuaikan dengan fokus salon Anda.

Jika salon Anda hanya melayani perawatan rambut, maka Anda hanya perlu menyiapkan bahan dan alat untuk rambut.

Baca juga : Melihat Peluang Bisnis Alat Kesehatan

  1. Atur Keuangan

Dalam usaha salon kecantikan, modal dan pemasukan Anda akan terus berputar untuk kebutuhan listrik alat salon dan bahan pendukung kecantikan lainnya. Jika Anda tidak mengatur semua keuangannya dengan baik, maka modal Anda akan lama kembali.

Karenanya, dibutuhkan kemampuan mengolah keuangan dengan baik. Tentukan mana saja bagian keuangan yang akan dijadikan sebagai modal ulang, dan mana pemasukan yang dijadikan untuk labanya.

  1. Tawarkan Diskon

Dalam suatu bisnis, ada kalanya Anda perlu memberikan diskon. Diskon ini bisa Anda berikan pada beberapa momen tertentu saja. Dengan memberikan diskon, hal tersebut akan memudahkan perluasan jaringan minat pada usaha Anda.

Namun tentu saja Anda harus batasi diskon promo tersebut sesuai dengan standarnya. Terlalu banyak atau sering memberikan diskon juga tidak baik untuk usaha Anda.

  1. Lakukan Promosi

Saat ini, promosi bisnis tidak hanya bisa dilakukan secara offline. Anda bisa mempromosikan usaha Anda secara online melalui berbagai media sosial. Dengan promosi yang dilakukan secara online, maka jangkauannya tentu akan semakin luas.

Namun jika Anda juga ingin melakukan promosi offline, usahakan untuk menyiapkan brosur semenarik mungkin, agar banyak peminatnya. Anda juga bisa memberikan kartu nama pada orang-orang terdekat Anda.

Promosi yang dilakukan dari mulut ke mulut juga berpeluang bagus untuk kesuksesan sebuah bisnis.

  1. Rekrut Karyawan

Meskipun Anda ingin merintis bisnis dengan hasil keringat sendiri, namun untuk jenis usaha di bidang salon tentu Anda akan butuh orang yang membantu usaha tersebut. Apalagi jika pelanggan mulai banyak yang berdatangan.

Pastikan Anda mendapatkan kandidat yang sudah berpengalaman dalam bidang salon kecantikan. Sehingga Anda pun tidak perlu menguras tenaga untuk mengajarkan teknik salon pada karyawan tersebut.

Saat Anda sudah punya banyak karyawan dengan pelanggan yang banyak, pastikan Anda juga menyediakan mesin salon lebih dari satu dengan kualitas sama bagusnya.

  1. Selalu Lakukan Evaluasi Berkala

Setelah seharian bekerja, jangan lupa untuk selalu melakukan evaluasi kerja. Evaluasi ini bisa Anda lakukan setiap seminggu sekali atau dua kali. Anda bisa mengacu pada testimoni pelanggan yang sudah memakai jasa salon Anda.

  1. Selalu Cross Check Bahan dan Alat

Pastikan agar semua bahan kecantikan tidak kadaluarsa atau beracun. Pastikan juga semua alat salon masih baik-baik saja untuk digunakan. Selain memikirkan keuntungan, memikirkan keamanan dan kenyamanan pelanggan adalah hal yang penting untuk diperhatikan.

Agar bisnis salon Anda berjalan sukses, pastikan Anda memilih sumber perlengkapan bahan dan alat salon sebagus mungkin. Jika Anda ingin membeli secara online, indotrading.com bisa menjadi jawaban yang tepat untuk Anda. Berbagai perlengkapan salon dengan berbagai merk ada di sana.

To Top