Insight

Daftar Harga Mesin Kompresor Listrik Beserta Spesifikasinya 2021

Harga kompresor listrik menjadi banyak dicari sehubungan dengan meningkatnya penggunaan mesin kompresor dalam kehidupan sehari-hari. Kali ini Tim News Indotrading akan membahas mengenai harga kompresor listrik beserta spesifikasinya 2021.

Anda dapat temukan berbagai produk kompresor listrik dengan kualitas dan harga terbaik di Indotrading!

Baca Juga : 10 Rekomendasi Kompresor Listrik Terbaik yang Bisa Dibeli

Pengertian Kompresor Listrik

Alat yang biasa digunakan dalam skala rumahan maupun industri memiliki jenis dan ukurannya sangat bervariasi.

Di pasaran, kita bisa dengan mudah menemukan mesin kompresor dalam berbagai ukuran, mulai dari yang kecil hingga besar tergantung keperluan.

Jika hanya untuk di rumah, sebaiknya gunakan yang kecil atau sedang saja. Sedangkan untuk industri sebaiknya gunakanlah kompresor yang berukuran lebih besar. 

Lalu sebenarnya, kompresor itu apa sih? 

Jadi, kompresor adalah alat mekanik atau mesin yang bisa menyimpan sekaligus memampatkan fluida gas di dalam tabung besi yang tertutup. 

Cara kerja dari mesin kompresor hampir mirip dengan paru-paru manusia. Yang mana ketika kita akan meniup api pada lilin maka kita akan mengambil napas dalam-dalam agar tekanan udara dalam paru-paru meningkat. Dengan demikian, udara dapat dihembuskan dengan lebih kuat. 

Fungsi dan Manfaat Kompresor Listrik yang Harus Diketahui

Kompresor memang merupakan alat yang penting untuk dimiliki di rumah atau perusahaan industri. Namun, sebelum membelinya Anda harus mengetahui fungsi atau kegunaan dari alat ini. Tujuannya adalah supaya kita tidak salah ketika memilih jenis kompresor yang akan dibeli. 

Secara umum, kompresor terdiri dari 3 jenis berdasarkan tenaga penggerak yang digunakannya. Ada yang menggunakan mesin bensin, mesin diesel, dan juga motor listrik.

Harga kompresor listrik pun beragam tergantung jenis dan ukurannya. Semakin besar ukuran kompresor, maka akan semakin mahal pula harganya.

Pada dasarnya, fungsi dari mesin kompresor adalah untuk mengambil gas atau udara yang berasal dari lingkungan sekitar. Kemudian, udara tersebut akan ditampung di dalam tabung besi dan akan dikeluarkan ketika diperlukan. 

Manfaat dari mesin kompresor adalah untuk mengontrol HVAC (Heaving, Ventilation, and Air Conditioning) pneumatic pada rumah, gedung perkantoran, maupun perusahaan industri.

Biasanya, kompresor digunakan untuk menyuplai oksigen untuk menyelam, mengisi udara pada ban, penyuplai udara pada alat semprot, dan lain sebagainya. 

Saat akan membeli kompresor, mungkin penjual akan menanyakan kompresor apa yang akan kita beli, kompresor angin atau kompresor listrik. 

Perbedaan kompresor listrik dan angin tentunya terletak pada sumber energi yang digunakan. Kompresor angin biasanya lebih sering digunakan untuk keperluan otomotif dan konstruksi atau penggunaan rumahan. 

Cara kerja kompresor ini adalah dengan cara mengubah energi angin bertekanan menjadi energi kinetik. Kemudian, hasil perubahan energi tersebut nantinya dapat digunakan untuk menyalakan berbagai peralatan atau mesin yang ada di rumah atau industri.

Sementara itu, kompresor listrik lebih nyaman digunakan apabila diletakkan di dekat sumber tenaga listrik. Jenis kompresor ini pun juga terkenal lebih murah daripada kompresor angin namun tidak menimbulkan suara yang berisik. 

Kompresor listrik juga memiliki gaya yang portabel sehingga jauh lebih praktis daripada kompresor angin. 

Terlebih lagi, kompresor ini juga dilengkapi dengan fitur saklar berhenti dan mulai generik. Yang mana dapat mematikan kompresor secara otomatis saat tekanan tangki rendah. 

Saat level tekanan kompresor terlalu tinggi, maka saklar juga dapat mematikan unit secara otomatis. Sehingga, motor akan terhenti ketika tidak ada alat yang sedang dioperasikan.

Keunggulan yang paling menonjol dari jenis kompresor ini adalah tidak mempunyai gas buang yang berbau menyengat. Sehingga lebih nyaman digunakan dan jauh lebih ramah lingkungan. 

Kompresor bertenaga listrik umumnya juga dapat langsung menyala tanpa perlu dilakukan pemanasan. 

Baca Juga : Begini Cara Memperbaiki Kompresor Angin yang Sulit Berfungsi

Rekomendasi Merek Kompresor Listrik Terbaik Beserta Harganya

Berikut merupakan beberapa rekomendasi produk yang dapat Anda beli dengan mempertimbangkan harga yang tertera:

1. Shark ½ HP – SE162S

Kompresor keluaran Shark ini pasti sering Anda temui di bengkel-bengkel yang ada di sekitar. Pasalnya, mayoritas bengkel senang menggunakan merek ini karena sangat irit dan dapat menghasilkan putaran sampai 3.500 rpm. 

Mesin dari kompresor yang satu ini juga bersifat semi otomatis sehingga mesin akan mati dengan sendirinya saat udara yang diperlukan sudah cukup. 

Tangki udara mesin kompresor ini bisa memuat udara sebanyak 65 liter dan menghasilkan aliran udara berkapasitas 98 liter per menit. Untuk bisa memilikinya, Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar kurang lebih Rp 2.500.000.

2. Kenmaster XH-106

Selanjutnya ada Kenmaster XH-106 yang bentuknya sangat kecil dan ringan sehingga tidak memakan banyak tempat. Kompresor mini ini juga sangat fleksibel untuk dibawa ke mana-mana.

Kapasitas pemakaian kompresor keluaran Kenmaster ini maksimal hanya selama 10 menit saja. Kemudian setelah digunakan, kompresor harus di istirahatkan setidaknya selama 30 menit untuk menjaga performanya.

Kompresor berukuran mini bisa Anda dapatkan dengan harga kurang dari Rp 200.000.

3. Lakoni Imola 75

Kompresor keluaran Lakoni ini bisa menjadi pilihan untuk Anda yang cari kompresor berkualitas dengan harga yang bersahabat. 

Produk ini memiliki tabung penyimpanan yang cukup besar, yaitu 10 liter. Sedangkan kapasitas aliran udaranya mencapai 120 liter per menit. Kompresor dengan berat keseluruhan sekitar 18 kg ini memiliki kecepatan mesin mencapai 2.800 rpm. Harganya juga sangat terjangkau, yaitu hanya Rp 1.000.000-an saja.

4. Puma AC 1010

Puma juga merupakan salah satu rekomendasi kompresor listrik terbaik yang namanya sudah cukup familiar. Kompresor ini memang cukup berat, yaitu 23 kg. Namun, kapasitas tangki udaranya juga sangat besar, yaitu 10 liter. 

Sedangkan kecepatan mesin yang dapat dihasilkan bisa mencapai 1.450 rpm. Kompresor dari Puma ini sangat cocok untuk penggunaan pada industri pengecatan furniture. Hal tersebut dikarenakan daya semprotnya yang tidak terlalu kuat namun dapat mengisi angin dengan cepat. 

Daya pancar yang ditawarkan oleh kompresor ini adalah sebesar 88 liter per menit dengan tekan maksimal sebesar 8 bar. Harganya hanya sekitar Rp 3.500.000 saja, lho.

5. Hitachi

Kompresor Hitachi memiliki fitur andalan yang membuatnya berbeda daripada merek lainnya. Fitur tersebut adalah High Cooling Head yang mampu meningkatkan radiasi panas dan kapasitas udara. 

Ada juga fitur Lead AirValve yang bisa meningkatkan kapasitas udara dan daya tahan kompresor agar mesin tidak mudah berkarat. Untuk mengurangi perpindahan panas dari ruang buang ke ruang hisap, tersedia fitur V-Groove.

Kemudian ada juga fitur Leak Cut Piston Ring untuk meningkatkan kapasitas udara pada kompresor. Sayangnya, kompresor yang satu ini memiliki berat yang cukup besar, yaitu 102 kg. 

Untuk mendapatkannya, Anda harus membeli dengan harga antara Rp 10.000.000 hingga Rp 13.000.000.

Baca Juga : 10 Merek Kompresor Udara Terbaik yang Dijamin Handal

Banyaknya pilihan merek dan harga kompresor listrik mungkin saja membuat Anda kebingungan dalam memilih yang ingin dibeli. Untuk itu, Anda harus memastikan spesifikasi dan ukuran dari kompresor listrik yang diinginkan. 

Lalu, untuk mendapatkannya Anda bisa mengunjungi Indotrading untuk mendapatkan penawaran harga termurah. Di sana tersedia banyak sekali pilihan produk elektronik, termasuk kompresor listrik yang pastinya berkualitas. Semua produknya juga dijamin original karena didapatkan dari supplier yang terpercaya dan terbukti kredibilitasnya. 

Selain menyediakan produk berkualitas, Indotrading juga menyediakan jasa yang tepat untuk berbagai kebutuhan masyarakat Indonesia. Yuk, buruan cari apa pun yang Anda butuhkan di Indotrading!

To Top