Insight

Begini Cara Memperbaiki Kompresor Angin yang Sulit Berfungsi

cara memperbaiki kompresor angin

Apakah Anda sedang kebingungan dalam menemukan cara memperbaiki kompresor angin?  Masalah kompresor angin dapat berasal dari banyak masalah.

Seperti kebocoran angin, kebocoran oli, atau ada bagian sparepart yang rusak. Dalam beberapa kasus, Anda mungkin memiliki tekanan atau aliran angin yang tidak memadai.

Dalam kasus lain, bisa juga kompresor angin Anda mungkin gagal untuk dimulai atau berhenti berjalan seperti yang diminta. Apa pun penyebab masalahnya, gejalanya bisa membuat Anda frustrasi, menghabiskan biaya dan memakan waktu.

Untungnya, sebagian besar masalah seperti itu dapat diperbaiki dengan pemecahan masalah kompresor angin yang tepat. Bagaimana caranya?

Cara Memperbaiki Kompresor Angin Karena Kebocoran

Kompresor angin adalah alat serbaguna yang dapat membantu Anda dalam banyak hal. Jika Anda memiliki kompresor angin di rumah, Anda dapat menyelesaikan banyak proyek. Alat ini seperti berkah untuk pekerjaan perbaikan rumah.

Namun kenyataannya, seiring berjalannya waktu, kompresor angin mungkin mengalami beberapa masalah. Adapun masalah yang paling umum adalah kebocoran selama pengoperasian. Kebocoran kompresor angin biasa terjadi dan ada banyak solusi untuk ini.

Penyebab umum kebocoran dari kompresor angin adalah selang, komponen yang kendor, kebocoran karat di tangki, dan lainnya. Namun sayangnya, sebagian besar masyarakat belum mengetahui cara menghentikan kebocoran kompresor angin.

Setiap kali Anda menemukan kompresor bocor, jangan berasumsi bahwa itu terjadi dari tangki. Sebaliknya, beberapa hal lain dapat menyebabkannya dan Anda perlu mencari tahu masalah sebenarnya.

Misalnya, selang dapat menyebabkan masalah. Berikut adalah cara-cara yang dapat membantu Anda memperbaiki tangki kompresor angin.

Sebelum Anda mulai memperbaiki pekerjaan, Anda harus selalu memegang alat-alat penting. Untuk memperbaiki kebocoran tangki, Anda memerlukan kunci inggris, pita teflon, air sabun, obor mematri, batang mematri, dan penggiling sudut.

  1. Isi Penuh Kompresor

Sebelum Anda melakukan pekerjaan dengan detail, nyalakan kompresor angin dan isi penuh untuk mengidentifikasi kebocoran. Sekarang gunakan air sabun dengan penyemprot untuk menemukan titik kebocoran.

Semprotkan ke seluruh meja termasuk katup darurat dan perlengkapan lainnya. Akan ada gelembung di tempat yang menyebabkan kebocoran.

Cari gelembung di tempat Anda menyemprotkan air sabun. Jika masalah terjadi pada alat kelengkapan, kencangkan sambungan dengan kunci inggris. Jika kebocoran terus berlanjut setelah pengencangan yang benar, mungkin masalahnya ada di tangki.

  1. Semprotkan Air Sabun Pada Tangki

Pada langkah kedua, semprotkan air sabun hanya ke seluruh tangki kompresor. Semprotkan dengan lembut agar menutupi seluruh tangki dengan sempurna. Periksa dengan seksama untuk mengetahui apakah Anda telah menyemprot di setiap area.

Sekarang cari gelembung pada tangki untuk mengetahui celah atau kebocoran karat. Setelah Anda menemukan area kebocoran pada tangki, hentikan penyemprotan air ke atasnya.

  1. Lepaskan Angin dari Kompresor

Dikarenakan Anda telah mengidentifikasi area bocor, Anda tidak perlu menjaga tangki agar tetap penuh angin. Matikan kompresor. Cabut untuk mengeluarkan angin. Lepaskan angin dari dalam tangki melalui katup. Buka katup dan beban selama beberapa menit sehingga semua angin keluar dari tangki.

  1. Giling Area Bocor

Bintik yang Anda tunjuk pada tangki pasti ada karat di atasnya. Jadi, Anda perlu menggunakan penggiling sudut untuk menggiling area dengan lancar. Terus giling area tersebut sampai rata dan bersihkan karat kemudian tutupi area tersebut.

  1. Gunakan Brazing Torch

Nyalakan obor mematri untuk menghidupkannya. Sekarang, berikan panas langsung pada area yang bocor dan letakkan batang di atasnya untuk pembangunan kembali dan area dengan pengelasan.

Terus panaskan area tersebut sampai apinya berubah menjadi biru. Tekan batang logam yang dipanaskan sehingga meleleh dan diletakkan di atas tangki. Panas akan menghilangkan karat tambahan dan area yang bocor akan ditutup dengan logam.

Baca juga : 10 Merek Kompresor Udara Terbaik

Cara Memperbaiki Kompresor Angin yang Tidak Bisa Mati dan Nyala

Ketika kompresor angin gagal untuk hidup, mati atau memberikan tingkat tekanan udara apapun saat aktif, maka cara memperbaikinya adalah :

  1. Periksa Pengaturan Selang

Selain dari pengawasan yang jelas seperti kabel daya yang terputus atau sakelar daya yang dinonaktifkan, kompresor biasanya akan gagal untuk memulai ketika tekanan udara tidak cukup.

Jika tekanan selang tidak sebanding dengan jumlah tekanan udara yang disimpan di dalam tangki, kompresor akan sering gagal untuk hidup. Periksa pengaturan selang masuk pada sakelar tekanan dan sesuaikan levelnya.

  1. Ganti Katup Kompresor

Kompresor harus berhenti setelah tekanan tangki turun ke titik potong. Apabila katup pelepas tekanan rusak dan melepaskan tekanan, tangki akan terlalu bertekanan sehingga  motor berhenti berjalan.

Dalam kasus seperti ini, Anda harus mematikan daya dan menahan diri dari penggunaan lebih lanjut sampai katup diganti, karena penggunaan selanjutnya dapat merusak kompresor secara serius.

  1. Ganti Pompa dan Gasket

Jika kompresor bekerja namun tekanan udara tidak keluar, masalahnya kemungkinan besar disebabkan oleh :

  • Pompa rusak: Jika motor berjalan dan mengeluarkan suara namun kompresor tidak menghasilkan udara, Anda mungkin memiliki pompa yang rusak sehingga perlu diganti. Selama kompresor tidak terlalu panas, Anda bisa merasakan kurangnya tekanan pompa secara manual dengan mengetesnya menggunakan sepasang sarung tangan pelindung.
  • Gasket rusak: Jika kompresor hanya menghasilkan sedikit tekanan, mungkin ada masalah dengan gasket antara kompartemen bertekanan rendah dan bertekanan tinggi pada kompresor, seperti udara yang mengalir dari satu sisi ke sisi lain tanpa tekanan yang cukup.

Jika Anda sudah mengikuti cara memperbaiki kompresor angin selangkah demi selangkah, namun tidak membuahkan hasil, mungkin sudah saatnya Anda ganti. Buat Anda yang ingin membeli kompresor angin berkualitas terbaik, beli saja langsung di Indotrading B2B marketplace terbaik.

To Top