Insight

Ketahui Perbedaan Kompresor Listrik dan Kompresor Angin

perbedaan kompresor listrik dan angin

Apakah Anda hendak membeli sebuah kompresor tapi tidak tahu perbedaan kompresor listrik dan angin? Bagaimana caranya tahu mana pilihan yang lebih baik antara kompresor angin vs listrik?

Pilihan antara angin dan kompresor listrik bisa menjadi teka-teki yang nyata.  Kompresor angin adalah perangkat yang sangat berguna dan biasa digunakan di tempat otomotif dan konstruksi, serta untuk penggunaan di rumah.

Desain kompresor mengubah energi dari angin bertekanan menjadi energi kinetik yang kemudian dapat digunakan untuk menyalakan peralatan rumah.

Ada beberapa hal yang perlu dipikirkan dalam memutuskan apakah Anda harus menggunakan kompresor angin atau listrik, tergantung pada apa kebutuhan Anda akan unit tersebut. Berikut adalah uraian tentang perbedaan antara kompresor angin udara dan listrik.

Informasi Tentang Kompresor Listrik

Kompresor listrik biasanya lebih nyaman jika Anda memiliki sumber tenaga listrik di dekatnya. Kompresor listrik lebih murah daripada kompresor angin, Anda juga bisa langsung cek barangnya disini.

Kompresor listrik ditawarkan dalam gaya portabel dan permanen, dan memiliki sakelar berhenti dan mulai generik, yang akan mematikan kompresor jika tingkat tekanan tangki rendah.

Kemudian, jika level tekanan menjadi terlalu tinggi, sakelar kemudian akan mematikan unit juga sehingga menghentikan motor jika tidak ada alat yang sedang digunakan.

Namun, kompresor listrik tidak dapat digunakan dengan kabel ekstensi. Jadi kompresor listrik kurang portabel untuk pekerjaan konstruksi atau industri.

Kompresor listrik tidak sebagus jenis pekerjaan berat seperti kompresor angin, tetapi bagus untuk pekerjaan yang lebih kecil dan pekerjaan dalam ruangan.

Kompresor listrik jauh lebih mudah dan nyaman digunakan daripada kompresor angin. Keuntungan terbesar adalah kompresor elektrik tidak memiliki gas buang yang berbau. Secara umum, kompresor listrik lebih senyap daripada kompresor angin.

Beberapa kompresor  listrik sangat senyap, sehingga bisa sangat menarik bagi sebagian orang. Ukuran kompresor  listrik juga lebih kecil, lebih ringan dan lebih mudah digunakan daripada kompresor angin.

Kompresor udara bertenaga listrik rata-rata dapat langsung menyala, dan Anda tidak perlu menunggu pemanasan. Kompresor udara elektrik dilengkapi dengan pematian otomatis sehingga tidak ada risiko tekanan berlebih atau panas berlebih.

Baca juga : 10 Rekomendasi Kompresor Listrik Terbaik

Informasi Tentang Kompresor Angin

Kompresor angin memberikan jumlah tekanan umum yang sama dengan kompresor listrik. Kompresor angin tidak memiliki banyak perbedaan pada kompresor listrik dalam hal kinerja. Anda juga bisa langsung cek kompresor angin yang berkualitas disini.

Jika Anda tidak berada dalam jangkauan sumber daya listrik, biasanya kompresor bertenaga angin adalah pilihan yang tepat, karena Anda hanya menggunakan angin untuk bekerja

Perbedaan utama antara kedua unit ini adalah mekanisme stop start. Kompresor angin tidak mau hidup dan mati dengan sendirinya, melainkan berisi katup pilot yang membuka dan menutup untuk menentukan seberapa besar tekanan di dalam tangki pada waktu tertentu.

Jenis kompresor satu ini cocok digunakan untuk alat penyemprot, penggiling, atau alat pengamplasan. Kompresor angin tidak dapat digunakan di dalam ruangan.

Kebisingan dan asap yang dikeluarkan oleh kompresor angin bukanlah masalah besar saat digunakan di luar, tetapi jika Anda menghirup asap seperti itu di dalam rumah, maka itu dapat membahayakan kesehatan Anda.

Selain itu, angin adalah zat yang mudah terbakar, jadi Anda harus sangat berhati-hati dalam menggunakannya. Jadi sungguh, kompresor angin sama sekali tidak dapat digunakan di dalam ruangan. Kompresor ini juga cenderung lebih berat dari kompresor listrik.

Alasan utama memilih kompresor angin adalah cocok untuk lokasi kerja industri tugas berat di mana tenaga listrik tidak tersedia. Tidak ada keraguan bahwa kompresor angin  sangat kuat, dan dapat menghasilkan udara terkompresi dalam jumlah besar. Alat yang perlu Anda lakukan hanyalah membawa pelindung pendengaran, dan banyak bensin!

Baca juga : Begini Cara Memperbaiki Kompresor Angin

Perbedaan Kompresor Listrik dan Angin

  1. Ukuran dan Kekuatan

Hal yang perlu diingat adalah kebanyakan kompresor angin adalah tipe alat yang harus didorong dengan tangki kembar serta kompresor dan mesin, untuk mengimbangi pekerjaan berat di luar.

Anda tidak perlu khawatir tentang daya, cukup bawa bahan bakar yang cukup untuk memenuhi kebutuhan Anda. Namun, karena mengandalkan bahan bakar, maka resikonya Anda harus mendengarkan suara yang keras dan bising.

Jika Anda memiliki akses ke daya listrik, Anda bisa selalu memilih generator listrik, karena lebih tenang, lebih hemat daya, dan lebih hemat bahan bakar karena Anda tidak perlu mengisi ulang tangki.

  1. Spesifikasi

Ingatlah untuk melihat kekuatan masing-masing kompresor dalam hal CFM atau PSI. CFM adalah kaki kubik per menit yang disediakan kompresor dalam kaitannya dengan aliran angin, sedangkan PSI adalah pound per inci persegi. Sebaiknya sesuaikan daya kompresor angin Anda dengan kekuatan perkakas sebanyak yang Anda bisa.

Untuk menyalakan sejumlah alat bertenaga angin, dapatkan kompresor yang memiliki tekanan angin yang cukup untuk memasoknya. Hal ini penting karena kompresor angin Anda harus mengeluarkan tekanan yang cukup untuk menyalakan semua peralatan Anda sekaligus.

  1. Sekrup Putar / Bolak-Balik

Jenis kompresor angin utama yang akan Anda temukan menggunakan sekrup bolak-balik dan putar. Sekrup bolak-balik paling umum digunakan dan paling baik untuk penggunaan di dalam ruangan.

Kompresor sekrup putar cocok untuk aplikasi industri dan lokasi konstruksi, menyediakan pasokan angin yang stabil. Oleh karena itu, kompresor angin lebih baik untuk situasi bisnis di mana kompresor harus dijalankan setiap saat.

Apa pun jenis kompresor yang Anda pilih, pastikan untuk mempertimbangkan harga, area penggunaan, dan jenis pekerjaan apa yang akan Anda lakukan. Selama Anda menimbang setiap komponen dengan hati-hati sebelum melakukan pembelian, Anda dapat memilih kompresor angin angin atau generator listrik terbaik untuk kebutuhan Anda.

Sudah tahu perbedaan kompresor listrik dan angin? Jika Anda mencari kompresor angin dan listrik dengan kualitas yang bagus dan harga yang terjangkau, Anda bisa mempercayakannya di Indotrading.

Ada berbagai macam kompresor dengan harga yang sangat terjangkau. Yuk, beli jenis kompresor listrik atau kompresor angin yang Anda butuhkan hanya di Indotrading.

To Top