Insight

Cara Mudah Pasang Bracket TV yang Aman dan Rekomendasinya

cara pasang bracket tv

Kali ini Tim News Indotrading akan membahas mengenai cara pasang bracket tv yang mudah dan efisien. Cara ini mudah dan aman Anda lakukan sendiri.

Anda juga bisa menemukan banyak produk bracket tv dengan harga dan kualitas terbaik dari supplier di Indonesia di Indotrading

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai tahapan dan cara pasang bracket tv, ada baiknya tau terlebih dahulu apa itu bracket tv, fungsi serta alasan pemasangannya.

Bracket tv  merupakan jenis aksesoris tv. Bentuknya rak  atau kerangka yang digunakan sebagai penyangga TV LED pada dinding. Umumnya, bracket tv terbuat dari besi dan berbentuk potongan kerangka yang harus disusun sebelum digunakan.

Semakin banyaknya peminat tv led, maka semakin banyak juga permintaan pasar terhadap aksesoris tv led ini. Umumnya alasan utama pemasangan bracket TV adalah agar dapat menghemat tempat, karena pemasangannya di dinding.

Baca Juga : 15 Pilihan TV Tuner yang Murah dan Kualitas Terbaik 2021

Daftar Bracket TV Paling Direkomendasikan

Berikut daftar tipe bracket tv yang paling direkomendasikan dan banyak dicari karena terkenal dengan kualitas bagus serta harganya yang terjangkau :

1. GSMA Bracket

Bracket merk ini dijual dipasaran dengan harga sekitar Rp. 45.000 -an. Biasanya tersedia untuk ukuran 19-32” inch TV LED atau pun LCD

2. Diamond Bracket

Diamond bracket dapat dijumpai pada harga sekitar Rp. 54.500 an dengan ukuran lebih besar dibandingkan GSMA Bracket, yaitu 14-40’ inch LED atau LCD TV.

3. uNique Bracket

Dengan ukuran yang sama dengan diamond bracket, yaitu 14-39’ inch, uNique Bracket dibandrol Sedikit lebih mahal dibandingkan dengan Diamond Bracket, uNique Bracket dapat ditemukan sekitar harga Rp. 55.000 –an di pasaran.

4. SP Tori TRB-1742 Bracket TV

Merk ini juga memiliki kisaran harga dan kualitas yang sama dengan merk bracket sebelumnya, uNique Bracket. Dengan harga sekita Rp. 55.000, merk ini menyediakan ukuran bracket 17-42” inch bracket TV LCD

5. Ichiko Bracket

Ichiko Bracket merupakan jenis bracket tv yang terkenal dengan kemampuannya menahan berat beban hingga 20kg dengan lebar TV yang cukup besar 15-43” Inch. Di pasaran, Ichiko Bracket banyak ditemukan di kisaran harga Rp. 75.000

6. Channel CS1029 Wall Bracket

Bracket merk Channel CS1029 wall dibandrol dengan harga di pasaran Rp. 96.000. Ukuran TV LED ataupun LCD 10-26” inch banyak tersedia di merk bracket satu ini.

7. Moto CP1026 Swivel Bracket TV

Berada kisaran harga standar Rp. 125.000, Moto CP1026 Swivel Bracket TV ini banyak dijadikan pilihan karena kualitas dan harganya berada ditengah-tengah dibandingkan dengan daftar rekomendasi lainnya. Merk ini banyak digunakan untuk TV LED ataupun LCD dengan ukuran 10-26” inch.

8. Kenzo KZ-02 Bracket for TV LED

Masuk kedalam daftar rekomendasi, bracket seharga Rp. 185.000 – an ini cocok untuk jenis TV LED dengan ukuran 17-32” inch dan beban berat 35 kg.

9. Bervin BWB-A4060SK Bracket TV

Bervin BWB – A4060SK merupakan jenis bracket tv yang harganya tertinggi kedua dalam list rekomendasi bracket tv yang paling banyak. Dijual sekitar harga Rp. 210.000, merk ini dapat digunakan untuk jenis TV LED 40-60” inch dengan beban berat maksimal 35 kg.

10. North Bayou NB DF400 Bracket

Masuk kedalam salah satu bracket yang paling banyak dicari dengan harga pasar lebih mahal dibandingkan yang lainnya yaitu Rp. 416.000, merk ini terkenal akan daya tahan beban berat nya mencapai 31 kg dengan ukuran lebar TV LED 32-15” Inch.

Baca Juga : Peluang dan Tips Buka Bisnis Alat Elektronik Selama Pandemi

Cara Pasang Bracket TV yang Aman

Untuk Memasang bracket TV pada dinding sangat mudah dan tidak memerlukan keahlian serta alat khusus dalam pemasangannya. Anda dapat memasang bracket sendiri di rumah. Begini cara nya :

Tahap Persiapan

Sebelum mulai memasang, akan lebih baik dan efisien jika Anda telah menyiapkan alat serta kebutuhan Anda untuk memasang bracket. Bracket, lem, obeng adalah contoh-contoh alat yang harus anda siapkan dengan baik sebelum ke tahap pemasangan bracket TV.

Lebih rinci, berikut benda atau alat-alat yang perlu ada di dekat Anda saat hendak memasang bracket TV sendiri :

  • Kerangka bracket
  • Kunci inggris
  • Meteran atau alat ukur
  • Obeng
  • Bor listrik
  • Palu
  • Pensil
  • Baut

Tahap Pemasangan

Setelah menyiapkan semua keperluan, Anda dapat melanjutkannya ke tahap pemasangan. Berikut tahap-tahap pemasangan bracket sendiri:

  • Bersihkan dan Ukur Dinding

Hal pertama yang perlu Anda lakukan dalam tahap pemasangan bracket tv pada dinding ini adalah memastikan dinding bersih dan tidak ada apapun disekitarnya, termasuk kabel-kabel. Setelah itu, Anda juga harus mengukur ketinggian dinding. Hal ini dilakukan untuk mengetahui dan menyesuaikan penempatan ideal bracket tv pada dinding.

  • Menandai dan membuat lubang baut pada dinding

Tahap selanjutnya adalah menandai lubang baut pada dinding sebanyak 4 menggunakan bor listrik. Pada proses ini yang perlu diperhatikan adalah ukuran lubang baut yang harus sama persis dengan ukuran baut. Hal ini dilakukan agar baut pas dan menempel kencang pada dinding.

  • Masukan Fischer

Setelah menandai dan membuat lubang baut, yang harus Anda lakukan adalah memasukan fischer pada lubang dinding yang sudah dibuat. Kemudian pasang piringan bracket dan masukan ring bracket lalu baut fischer dengan kencang dan kuat.

  • Pasang 2 Tiang Bracket

Setelah memasang dan memastikan piringan bracket terpasang kuat, selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah memasang 2 tiang bracket dengan sejajar pada vesa atau lubang belakang tv. Gunakan kunci inggris untuk mengencangkan tiang di lubang belakang tv

  • Pasang TV

Tahap selanjutnya adalah memasang TV. Tahap ini dilakukan dengan menyangkutkan tv pada tiang bracket yang telah dipasang pada piringan bracket di dinding. Agar lebih maksimal, pada tahap ini Anda bisa meminta bantuan teman untuk mengangkat tv ke dinding.

Tahap Akhir Pengecekan

Setelah TV menempel pada bracklet, tahap akhir finishing yang perlu Anda lakukan adalah melakukan pengecekan terhadap kekuatan baut yang sudah terpasang dan posisi ideal ketinggian bracket.

Hal ini dilakukan agar Anda dapat memastikan bracket tv sudah menempel kuat pada dinding dengan posisi yang Anda inginkan.

Baca juga : 10 Rekomendasi DVR CCTV Terbaik

Demikian pembahasan mengenai cara pasang Bracket TV yang Aman. Menyiapkan semua keperluan sebelum pemasang dapat menghemat waktu Anda dalam proses pemasangan bracket TV.

Anda bisa temukan berbagai jenis produk bracket TV dengan harga dan kualitas terbaik dari supplier terpercaya di Indonesia di sini!

banner seller
To Top