Tips Bisnis

Peluang dan Tips Buka Bisnis Alat Elektronik Selama Pandemi

bisnis alat elektronik

Bisnis alat elektronik adalah sebuah usaha yang menyediakan berbagai produk dan suku cadang mekanis kepada konsumen. Bisnis peralatan elektronik berkaitan dengan alat-alat seperti telepon seluler, televisi, komputer dan komponen lainnya.

Jika Anda berencana membuka usaha jenis ini, penting untuk mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin agar tidak mengalami kerugian.

Ya, sebelum Anda memulai bisnis elektronik, teliti dan pahami model bisnis-bisnis elektronik yang ada. Anda perlu meneliti markup harga rata-rata yang dibebankan pada barang, strategi untuk kepuasan pelanggan, dan pengelolaan hubungan dengan supplier.

Baca Juga : 15 Pilihan TV Tuner yang Murah dan Kualitas Terbaik 2021

Tips Membuka Bisnis Alat Elektronik

Saat pandemi, banyak orang yang banyak sekali konsumtif akan teknologi. Tidak heran jika ada beberapa teknologi seperti smartphone, laptop televisi atau alat elektronik  lainnya yang mungkin rusak karena penggunaan yang sering dan tidak mengenal batas dan merusak instalasi listrik rumah dan sebagainya.

Nah, hal ini bisa menjadi peluang yang bagus untuk Anda manfaatkan menjadi bisnis baru yang sekiranya menguntungkan. Berikut adalah beberapa tips untuk membuka bisnis peralatan elektronik :

Buat Rencana Bisnis yang Kompetitif

Anda harus membuat rencana bisnis lengkap dan berfokus pada keunggulan kompetitif pada bisnis yang hendak Anda jalani.

Gunakan penelitian yang Anda kumpulkan dari pemeriksaan studi kasus dan profil bisnis, serta pengalaman pribadi Anda di bidang elektronik, untuk menunjukkan mengapa bisnis elektronik Anda bisa bertahan di masa pandemi.

Misalnya, jika Anda pernah mengelola toko elektronik, Anda tentu memiliki pengetahuan tentang cara kerja bisnis ritel jenis ini dan mungkin memiliki keunggulan dibandingkan toko baru lainnya.

Baca juga : Cara Mempertahankan Bisnis Saat Pandemi

Mengumpulkan Dana

Bisnis peralatan elektronik membutuhkan investasi modal yang signifikan, sehingga dana harus menjadi perhatian utama dalam tahap perencanaan.

Jika Anda akan membuka bisnis dengan toko offline, maka Anda harus menyiapkan uang untuk berbagai kebutuhan awal, termasuk inventaris, sewa toko, perlengkapan toko, ruang penyimpanan, iklan, dan gaji karyawan.

Untuk bisnis online, Anda perlu mempertimbangkan pembuatan dan pemeliharaan situs web. Anda dapat memulai proses pencarian dana dengan menghubungi perusahaan investasi dan bank yang berkenan memberi pinjaman.

Anda harus mempresentasikan rencana bisnis Anda kepada calon investor atau pemberi pinjaman, mengisi aplikasi dan membuktikan bahwa Anda bisa membayar pinjaman karena pengalaman Anda di lapangan.

Anda juga harus mulai mengumpulkan pundi-pundi uang pribadi Anda dan berbicara dengan keluarga dan teman yang mungkin bisa memberikan Anda dana tambahan.

Dapatkan Peralatan Elektronik

Untuk menjual aneka peralatan elektronik dengan sukses, Anda perlu berinvestasi dalam beberapa peralatan dasar. Apa yang Anda butuhkan tergantung pada niche Anda.

Misalnya, jika Anda hendak menjual peralatan elektronik di niche kebutuhan rumah tangga, Anda mungkin harus mencari peralatan yang sesuai dengan fokus Anda.

Selain menjual jenis elektronik yang ukurannya besar, Anda dapat menjual aksesori dan elektronik kecil-kecil seperti sakelar, seteker, adaptor dan sebagainya. Jadi, selain melakukan perbaikan teknis, Anda bisa membeli stok untuk dipajang di toko Anda.

Cari Tahu Supplier Alat Elektronik Terbaik

Sebelum Anda menyewa tempat atau menghabiskan uang untuk bisnis, Anda perlu mencari supplier terbaik yang bisa menjadi pemasok dan distributor elektronik termurah dan terbaik bagi bisnis Anda.

Cobalah menghubungi produsen produk elektronik terkenal untuk mengetahui persyaratan agar bisa bekerjasama dan menjalin hubungan.

Anda bisa menanyakan jumlah pesanan minimum dan syarat lainnya untuk bekerjasama. Beberapa supplier  membatasi jumlah toko elektronik yang akan mereka kontrak secara langsung.

Namun, tenang saja! Hanya di IndoTrading, Anda bisa dapatkan alat-alat elektronik terbaik dan termurah. Beli kebutuhan alat elektronik Anda hanya di IndoTrading.

Cari kebutuhan Alat Elektronik bisa langsung disini

Identifikasi Target Audiens dan Model Bisnis Anda

Terjun ke bisnis alat elektronik bisa terasa agak menakutkan. Mulai dari

menjual perlengkapan elektronik hingga mempelajari tips awet kabel listrik, cara memelihara perlengkapan listrik, reparasi televisi, memasang saklar listrik dan sebagainya.

Bisnis alat elektronik mengharuskan Anda untuk bisa melakukan reparasi barang juga. Ada banyak ide bisnis kecil untuk perlengkapan elektronik yang melayani lebih banyak klien, tetapi hal terbaik untuk memulainya.

Apalagi di masa pandemi seperti ini adalah dengan memilih audiens target yang lebih kecil dan mempersempit ruang lingkup Anda sebelum memperluas.

Setidaknya Anda harus memahami sepenuhnya siapa target audiens atau pelanggan bisnis alat elektronik Anda. Setelah mengetahui siapa pelanggan Anda, tuliskan dalam rencana bisnis perbaikan elektronik. Anda juga harus mengetahui struktur bisnis Anda nantinya.

Apakah Anda melakukan sendiri perbaikan teknis, atau apakah Anda perlu mempekerjakan karyawan? Apakah Anda akan memiliki tim layanan pelanggan khusus atau tidak?

Pertimbangkan Penetapan Harga untuk Alat Elektronik

Meluncurkan bisnis adalah bagaimana Anda akan mendapatkan keuntungan nantinya. Dalam bisnis elektronik, apalagi dengan layanan reparasi, pelanggan biasanya dikenakan biaya per proyek atau per jam.

Namun menagih biaya per jam adalah bukan kesepakatan terbaik untuk bisnis kecil apalagi jika tidak memiliki banyak karyawan. Ada baiknya jika Anda menetapkan harga perbaikan berdasarkan tingkat kerumitan proyek yang Anda pegang.

Sementara untuk menjual peralatan elektronik, pastikan jual dengan harga yang terjangkau namun tetap memberikan Anda keuntungan.

Pilih Lokasi Bisnis Anda

Ada sejumlah ide untuk memulai  bisnis alat elektronik, caranya adalah dengan pergi ke pelanggan Anda atau pelanggan yang mendatangi toko. Anda mungkin menawarkan beberapa dukungan teknis ringan seperti perbaikan sakelar, televisi, mesin cuci, dan sebagainya.

Kebanyakan orang yang memulai bisnis perbaikan atau jual perlengkapan elektronik lebih suka mengutak-atik barang yang rusak dan tidak menghabiskan cukup banyak usaha untuk membuat rencana permainan pemasaran.

Ya, banyak orang yang suka dengan mengotak-atik elektronik namun tidak suka menghabiskan waktu dan uang untuk mempunyai rencana bisnis yang bagus. Nah, salah cara untuk memulai bisnis elektronik agar sekiranya berhasil adalah dengan memiliki lokasi yang strategis.

Anda harus berhati-hati dalam mengamati persaingan. Pastikan niche Anda unik. Anda tidak harus memperbaiki banyak permasalahan elektronik, selama Anda mempunyai satu fokus perbaikan dengan harga yang kompetitif.

Jika Anda tidak memiliki dana untuk menyewa lokasi, Anda bisa kok memulai bisnis dengan menawarkan jasa perbaikan dengan pergi ke rumah pelanggan Anda dan meluncurkan toko fisik setelah Anda memiliki basis pelanggan tetap dan banyak.

Luncurkan Situs Web Dengan Rencana Pemasaran

Salah satu langkah terakhir namun terpenting adalah memiliki situs web dan rencana pemasaran yang bagus. Di masa pandemi yang kebanyakan orang lebih suka mencari segala hal secara online, memiliki situs web bisnis dapat menjadi kunci untuk mendatangkan pelanggan baru.

Anda bisa mempromosikan bisnis alat elektronik Anda dengan SEO. Anda dapat fokus pada layanan pelanggan dan perbaikan. Untuk menyebarkan promosi tentang bisnis yang Anda tekuni, maka Anda juga dapat memilih untuk menawarkan berbagai promosi, seperti diskon atau promo.

Baca juga : Panduan Lengkap Cara Optimasi Website Bisnis dengan SEO

Bagi Anda yang ingin sekali membuka bisnis alat elektronik selama pandemi ini, beli perlengkapan elektronik termurah hanya di Indo Trading. Anda bisa menjual barang dengan murah namun tetap memberi keuntungan.

IndoTrading.com adalah Direktori Supplier No 1 Terbesar di Indonesia.

B2B Marketplace, B2B E-commerce, B2B, Pusat Distributor, Trading, Supplier, Agen, Grosir, Importir, Exportir dan Penyedia Jasa terlengkap di Indonesia.

© 2021 Indotrading.com. All Right Reserved.

To Top