Insight

6 Cara Memulai Bisnis Dropship yang Mudah dan Lengkap

cara memulai bisnis dropship

Bisnis bisa dimulai dengan modal kecil bahkan tanpa modal. Percaya atau tidak kini sedang banyak berlangsung praktek bisnis dropship. Dimana pelakunya bisa menjalankan bisnis tanpa membutuhkan modal yang banyak. Pengen tahu bagaimana cara memulai bisnis dropship? Simak artikel ini sampai selesai.

Uniknya banyak yang mendulang kesuksesan dari bisnis dengan konsep kerja sama ini. Anda hanya butuh kegigihan untuk melayangkan iklan atau promosi bisnis ala shipper ini di lingkungan sendiri. Siap siap punya tambahan pribadi ya.

Keuntungan Bisnis Dropshiper

cara memulai bisnis dropship

Lalu apa keuntungan dari bisnis dropship? Bukan asal bisnis yang mengandalkan peluang penawaran konsumen, bisnis ini bisa dijadikan pekerjaan utama. Saking menguntungkannya bisnis ini banyak diincar oleh anak muda jaman sekarang. Dimana cara kerja fleksibel namun tetap mendatangkan untung.

Jam kerja yang fleksibel jadi salah satu keunggulan bisnis ini. Anda yang ingin bekerja sesuai dengan mood atau sesuai dengan waktu luang bisa mencoba bisnis satu ini. Jam fleksibel berarti Anda bisa mengatur sendiri jadwal pemesanan hingga jadwal pengiriman.

Selanjutnya bisnis bisa dimulai tanpa modal atau bisnis dengan modal yang minim. Pada dasarnya dropship hanya bekerja sebagai perantara antara pembeli dan supplier. Anda sebagai dropshipper tidak memegang barang apapun. Berbeda dengan reseller yang harus memegang barang dan menjualnya.

Selanjutnya bisnis ini bisa dilakukan sebagai side job. Dimana prosesnya tidak akan mengganggu pekerjaan utama anda. Hanya perlu melayani pembeli bahkan via daring dan melaporkan pesanannya ke supplier inti. Cara mudah ini tentunya akan menambah pundi pundi di kantong.

Bisnis ini terlebih bisa dijalankan oleh siapapun dalam kondisi apapun. Tentunya keuntungan ini hanya bisa dirasakan bila Anda segera memulai bisnisnya. Tanpa berpikir panjang bisa langsung mencari link supplier barang sesuai keinginan.

Masih banyak keuntungan lain yang bisa dirasakan bahkan dari sejak awal Anda melihat peluang bisnis dropship sendiri. Perlu diketahui bisnis berkedok jasa ini bisa dilakukan di dalam rumah tanpa harus pergi keluar untuk bertemu siapa pun.

Baca Juga: Pelajari 9 Cara Memulai Bisnis Online Bagi Pemula

Cara Memulai Bisnis Dropship

cara memulai bisnis dropship

Hal apa yang harus dipersiapkan saat hendak memulai bisnis dropshipper? Sedikitnya ada 5 hal yang mesti dilakukan bila Anda ingin segera memulai bisnis dengan aman dan nyaman.

Karena menyentuh pihak pelanggan dan supplier sekaligus, maka keduanya harus jadi bahan perhatian. Berikut ini cara memulai bisnis dropship yang mudah yang diulas oleh news indotrading.

  1. Kenali Sistem Dropship

cara memulai bisnis dropship 1

Hal awal yang harus diketahui adalah sistem bisnis yang akan dijalankan. Bagaimana bisnis akan berjalan bila tidak mengetahui sistemnya dengan baik. Karenanya Anda perlu berkenalan dengan sistem bisnis yang bila dikenali lebih dalam akan berjalan dengan mudah.

Berbeda dengan reseller, dropship tidak memegang barang jualan satupun. Ini karena Anda hanya berlaku sebagai penjual bukan pemasok barang. Bisa dibedakan bagaimana cara kerja antara dropship dan reseller cenderung lebih mudah dropship.

  1. Kenali Jenis Barang yang akan Dijual

cara memulai bisnis dropship 2

Anda juga perlu mengenali jenis barang yang akan dijual. Apakah barangnya berpotensi untuk laku keras di pasaran atau tidak. Bila belum yakin, Anda masih bisa mengubah pilihan barang dengan prospek bisnis yang lebih menjanjikan.

Perlu diketahui bahwa tidak masalah untuk memilih banyak barang sekaligus untuk bisnis pribadi bila Anda menyanggupinya. Jangan sampai keteteran untuk mengurusi sekian banyak orderan hanya karena terlalu banyak memilih barang yang akan dijual.

  1. Cari Supplier yang Baik

cara memulai bisnis dropship 3

Setelah menemukan barang apa yang akan ditawarkan, Anda perlu memilih supplier yang baik. Artinya supplier yang dapat diajak bekerja sama dengan baik bahkan disaat paling sulit sekalipun. Supplier yang baik biasanya dibekali dengan surat izin usaha.

Anda juga bisa membandingkan terlebih dahulu antara supplier satu dengan supplier lainnya agar mantap dalam membuka bisnis jenis dropshipper sendiri. Bila sudah yakin barulah jalin kerja sama dengan berlandaskan perjanjian tertulis bila memang diperlukan.

  1. Jaga Komunikasi dengan Supplier

cara memulai bisnis dropship 4

Setelah memilih supplier dan mulai menjalin kerja sama, Anda patut menjaga komunikasi dengan pihak tersebut. Komunikasi adalah hal yang juga tak kalah penting dalam berjalannya bisnis ini. Jangan sampai timbul kesalahpahaman karena komunikasi yang tidak baik.

Cara yang bisa dilakukan yakni melaporkan dengan segera pesanan yang harus diantarkan atau bisa juga sedikit berdiskusi tentang target yang akan datang. Siapa tau dari komunikasi yang lancar bisnis Anda bahkan bisa berkembang dengan pesat.

  1. Gunakan Media Sosial untuk Iklan

cara memulai bisnis dropship 5

Jangan lupa juga untuk memanfaatkan media sosial untuk mengiklankan bisnis anda. Iklan sangatlah berpengaruh pada dunia perbisnisan dimana pengaruhnya bisa mendorong daya beli produk. Apalagi saat ini media sosial bisa jadi platform gratis untuk mengiklankan bisnis.

Anda bisa membuat pamflet atau video trimming tentang bisnis Anda dan post di berbagai sosial media. Karena gratis Anda tidak perlu mengeluarkan sepeserpun uang. Keuntungan pun tetap aman terkendali tanpa takut digunakan untuk hal lain.

  1. Layani Konsumen dengan Baik

cara memulai bisnis dropship 6

Terakhir, layani konsumen dengan baik. Dimana dalam dunia jual beli terlebih perbisnisan terdapat slogan pembeli adalah raja. Dimana pengalaman baik dari seorang pembeli akan berdampak baik pada kelangsungan bisnis yang sedang dijalankan.

Pelayanan yang baik bisa dimulai dengan tutur kata yang sopan dan melayani setiap pertanyaan yang dilontarkan. Minta juga pendapat pelanggan bagaimana sebaiknya sistem jual beli yang relevan dengan kondisinya. Cara ini ampuh menciptakan pengalaman baik terhadap pelanggan.

Itulah beberapa hal mengenai cara memulai bisnis dropship yang bisa Anda ketahui. Tak perlu khawatir barang yang dijual tidak laku. Percayalah bahwa apapun yang dijual itu pasti akan laku pada waktunya.

Baca Juga: 10 Pilihan Ide Bisnis Online Tanpa Modal Sekalipun

Mudah menjalankan bisnis dropship, bukan? Berbekal modal yang minim bahkan tanpa modal sekalipun Anda bisa menjalankan bisnis menguntungkan ini. Segera buka bisnis Anda menjadi dropshipper dari web terpercaya dengan berbagai penawaran barang kualitas tinggi di dalamnya, hanya di indotrading.com.

To Top