Cerita Bisnis

Bisnis Kemasan PT Starindo Jaya Packaging: Lolos Uji ISO hingga Berhasil Ekspor ke Singapura

Dalam industri makanan dan minuman, kemasan atau packaging merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan. Selain bermanfaat untuk menjaga makanan dan minuman agar tetap higienis, kemasan juga bisa menjadi salah satu media untuk melakukan branding.

Branding bisa memberikan banyak manfaat untuk sebuah perusahaan. Branding yang baik akan membuat sebuah produk dikenal masyarakat luas. Dengan begitu, diharapkan akan lebih banyak masyarakat yang akan mengkonsumsi atau menggunakan produk tersebut.

Baca juga: Balon Angkasa: Pelopor Industri Balon Udara Promosi yang Laris Manis Hingga Singapura

Branding juga bisa dilakukan dengan berbagai cara, misalnya melalui kemasan produk makanan atau minuman. Jadi, konsumen tidak hanya menikmati produk tersebut, namun juga menaruh rasa percaya terhadap kualitas produk melalui branding yang dilakukan.

Foto: Contoh Produk Buatan PT Starindo Jaya Packaging/ Dok: indotrading.com

Foto: Contoh Produk Buatan PT Starindo Jaya Packaging/ Dok: indotrading.com

Salah satu perusahaan di bidang packaging produk yang sedang berkembang adalah Starindo. Perusahaan yang didirikan sejak tahun 2003 ini telah berkembang menjadi salah satu produsen kemasan makanan dan minuman yang maju di Indonesia.

Sebelumnya, perusahaan ini memproduksi air minum dalam kemasan dan gelas plastik. Namun seiring berjalannya waktu, perusahaan ini akhirnya memproduksi kemasan-kemasan untuk makanan seperti paper cup, mika, dan berbagai jenis kemasan makanan dan minuman lainnya.

Baca juga: Sukses Buat Pesawat Tanpa Awak, IPCD Jadi Langganan Mabes TNI hingga Kemenhan RI

“Awalnya kita perusahaan air minum dalam kemasan dan pembuatan gelas plastik kemudian melebar paper cup, mika, dan packaging food seperti untuk bolu dan brownies. Kita juga ada packaging minuman dan makanan,” ujar Agus Gunawan Widjaja, Area Sales Manager PT Starindo Jaya Packaging kepada indotrading.com Selasa (22/11/2016).

Perkembangan bisnis kuliner saat ini otomatis memberi dampak positif pada industri bisnis kemasan. Dilihat dari trennya, bisnis kemasan makanan dan minuman memiliki kecenderungan yang meningkat dari tahun ke tahun.

Foto: Contoh Produk Buatan PT Starindo Jaya Packaging/ Dok: indotrading.com

Foto: Contoh Produk Buatan PT Starindo Jaya Packaging/ Dok: indotrading.com

Menurut Agus, branding merupakan hal penting yang harus dilakukan oleh setiap perusahaan. Branding yang tepat akan membuat masyarakat percaya pada kualitas produk tersebut. Untuk itu, perusahaan yang bergerak dalam bidang makanan dan minuman wajib melakukan branding, terutama branding melalui packaging.

“Sekarang kan produk harus di-branding. Terutama makanan dan minuman itu harus di-packaging,” jelas Agus.

Baca juga: Bisnis Karoseri PT Karya Tugas Anda: Jadi Langganan Pemerintah Hingga Ekspansi ke Asia Tenggara

Buktikan Kualitas Lewat Sertifikasi ISO

Selama berkecimpung dalam dunia kemasan makanan dan minuman, PT Satrindo Jaya Packaging senantiasa berkomitmen untuk menciptakan produk-produk berkualitas. Berkat konsistensinya dalam menjaga kualitas produk, perusahaan ini telah mengantongi beberapa sertifikasi ISO (International Standard Organization). Misalnya ISO 2001, ISO 2014, serta ISO 9001.

“Kita kan sudah lolos ISO 2001 sama 2014 untuk food grade makanan dan minuman. ISO 9001 itu untuk manajemen mutu kita sudah terstandardisasi baik. Nah sementara untuk ISO yang di tahun 2014. Kan kita untuk keselamatan kerja juga sudah teruji,” kata Agus bangga.

Foto: Contoh Produk Buatan PT Starindo Jaya Packaging/ Dok: indotrading.com

Foto: Contoh Produk Buatan PT Starindo Jaya Packaging/ Dok: indotrading.com

Sertifikasi ISO yang telah diperoleh oleh PT Starindo Jaya Packaging ini berlaku secara internasional. Dengan memiliki sertifikasi ISO, berarti perusahaan tersebut telah lolos uji kelayakan mutu yang berlaku secara internasional.

Kualitas produk-produk yang dihasilkan oleh perusahaan asal Pati, Jawa Tengah ini memang tak perlu diragukan lagi. Terlebih lagi, perusahaan ini selalu berusaha membuat para konsumennya puas.

Baca juga: Meski Masih Muda, 4 Pengusaha Sepatu Ini Berhasil Ekspor Sepatu hingga ke Eropa

Harga yang dipatok untuk tiap-tiap produknya pun berbeda-beda. Semua tergantung dari spesifikasi yang diminta oleh para konsumen.

“Kalau harga tergantung spesifikasi pesanan dari pelanggan dan tergantung jenis produknya juga, konsep, dan desain,” ucap Agus.

banner-1-01

Dipercaya Berbagai Brand Besar

Sejak didirikan pada tahun 2003, Starindo telah berkembang menjadi salah satu perusahaan di bidang packaging yang cukup disegani. Starindo juga terus berkomitmen untuk menghasilkan produk-produk berkualitas tinggi. Tak heran, banyak brand besar yang telah menggunakan produk-produknya untuk packaging.

“Kita kerjasama denga CFC, KFC, Teh Tongji, dan produk besar lainnya,” ujar Agus.

Foto: Contoh Produk Buatan PT Starindo Jaya Packaging/ Dok: indotrading.com

Foto: Contoh Produk Buatan PT Starindo Jaya Packaging/ Dok: indotrading.com

Kepercayaan dari brand besar sekelas KFC tersebut tentu tak didapatkan dengan mudah. PT Starindo Jaya Packing pun harus bisa memenufi spesifikasi tertentu yang diminta oleh konsumen. Selain itu, konsumen dari brand yang besar juga akan melakukan survey ke pabrik PT Starindo Jaya Packaging.

“Untuk customer besar kan kita ada perlakukan khusus. Mereka mempunyai spek tertentu, spesifikasi tertentu, dengan standar kualitas tertentu. Kemudian dari pihak mereka, mereka pun ada audit ke pabrik, mereka survey dulu pabrik kita seperti apa,” kata Agus.

Baca juga: Pernah Dijual dari Rumah ke Rumah, Kini Susu UHT PT Ultrajaya Berhasil Diekspor Hingga Amerika

Untuk mengembangkan bisnis kemasan makanan dan minuman, PT Starindo Jaya Packaging telah melakukan berbagai strategi bisnis. Misalnya saja dengan rajin mengikuti berbagai macam pameran. Melalui acara-acara tersebut, perusahaan ini berusaha menjaring konsumen sebanyak mungkin.

“Rajin-rajin ikut pameran. Kita bikinin sample, service yang berkualitas,” terang Agus.

Foto: Contoh Produk Buatan PT Starindo Jaya Packaging/ Dok: indotrading.com

Foto: Contoh Produk Buatan PT Starindo Jaya Packaging/ Dok: indotrading.com

Selain mengikuti pameran, Agus juga mengatakan bahwa perusahaannya menerapkan sistem distribusi per wilayah. Di masing-masing wilayah, akan ada agen yang bertugas untuk mendistribusikan berbagai produk PT Starindo Jaya Packaging.

“Untuk pembagian wilayah distribusi ke seluruh Indonesia semakin kita ratakan dengan adanya agen di setiap kota besar dan kota kecil,” ujar Agus.

Baca juga: Mencicipi Lezatnya Peluang Bisnis Bumbu Instan Rempah Nusantara

Meski produknya sudah digunakan di seantero nusantara, PT Starindo Jaya Packaging tak lantas berpuas diri. Hingga kini, perusahaan ini terus melakukan berbagai inovasi. Salah satunya dengan cara membuat produk jenis baru yang sesuai dengan tren.

“Ya seperti produk baru kita yang meng-cover food packaging. Setiap tahun kita selalu upgrade seperti mesin yang lebih canggih. Selain itu, upgrade ke produk jenis yang baru, mengikuti tren,” jelas Agus.

Sudah Ekspor Hingga Singapura

Tak hanya sukses dipasarkan di dalam negeri, produk-produk buatan PT Starindo Jaya Packaging pun sudah mulai dipasarkan di luar negeri. Negara pertama yang menjadi tujuan ekspor perusahaan ini ialah Singapura. Negeri Singa itu mempercayakan pembuatan kemasan untuk es krim kepada PT Starindo Jaya Packaging.

“Baru ekspor ke Singapura. Itu biasanya cup es krim yang diekspor ke sana,” kata Agus.

Foto: Contoh Produk Buatan PT Starindo Jaya Packaging/ Dok: indotrading.com

Foto: Contoh Produk Buatan PT Starindo Jaya Packaging/ Dok: indotrading.com

Pencapaian ini tentunya tidak diraih dengan mudah. Semua ini karena PT Starindo Jaya Packaging senantiasa menjaga mutu produk dan kepercayaan dari para konsumen.

Namun, bisnis kemasan yang dijalankan oleh PT Starindo Jaya Packaging ini bukan berarti tanpa hambatan. Nyatanya, perusahaan ini masih harus mencari bahan baku ke luar Indonesia. Ini disebabkan karena pemasok bahan baku plastik di Indonesia masih jarang.

Baca juga: M. Affandi: Bos Kapal Andalan TNI AL yang Dulunya Teknisi Kapal

“Kita hampir semua dari Indonesia, misalnya seperti biji plastiknya. Tapi biasanya sebagain besar juga diambil dari importir. Karena perusahaaan di Indonesia yang khusus plastik kan cuma satu. Kadang mereka over, jadi kita butuh dari luar karena pembuatan kemasan seperti ini kan bukan hanya bahan baku plastik saja, melainkan ada tambahan yang lain juga,” ujar Agus.

Demi mempermudah konsumen untuk menggunakan produk-produk mereka, PT Starindo Jaya Packaging pun menyiapkan agen dan distributor di berbagai wilayah. Tak hanya itu, perusahaan ini juga membangun pabrik-pabrik di luar Pulau Jawa.

“Kita ada distribusor lagi yang menyalurkan produk kita, tapi ada juga pabrik kita di luar kota. Seperti lima tahun yang lalu kita buka pabrik di Pekanbaru untuk kawasan area Sumatra. Kita juga ada agen di Kalimantan, Sulawesi, Bali, sampai Nusa Tenggara. Sementara pabrik kita ada di Pati, Jawa Tengah,” pungkas Agus.

 

Reporter: Kumi Laila       Penulis: Erlin Dyah Pratiwi

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top