Sosok Inspiratif

Bisnis Karoseri PT Karya Tugas Anda: Jadi Langganan Pemerintah Hingga Ekspansi ke Asia Tenggara

Bisnis karoseri di Indonesia mungkin belum sepopuler jenis bisnis lainnya. Padahal, industri karoseri justru menyimpan potensi yang besar jika dapat dikelola dengan baik.

Bagi sebagian orang, mungkin bisnis satu ini masih sangat asing terdengar. Karoseri berasal dari bahasa Belanda “carrosseri” yang berarti rumah atau ruangan yang dibangun di atas rangka kendaraan seperti mobil, bus, atau truk. Jadi, bisa dibilang bahwa bisnis karoseri ini masuk ke dalam ranah industri di bidang otomotif.

Baca juga: Meski Masih Muda, 4 Pengusaha Sepatu Ini Berhasil Ekspor Sepatu hingga ke Eropa

Dalam beberapa puluh tahun terakhir, semakin banyak perusahaan karoseri yang bermunculan. Ini merupakan perkembangan yang cukup positif dalam industri bisnis karoseri. Bahkan tak jarang ada beberapa perusahaan karoseri yang sudah berkembang menjadi pemain besar.

Salah satu perusahaan karoseri dalam negeri yang patut dipertimbangkan ialah PT Karya Tugas Anda. Perusahaan yang memiliki kantor pusat di Sukorejo, Pasuruan, Jawa Timur ini bahkan telah berkecimpung dalam bisnis karoseri selama 34 tahun.

Foto: Hempy Ali, Chief Operating Officer PT Karya Tugas Anda / Dok: indotrading.com

Foto: Hempy Ali, Chief Operating Officer PT Karya Tugas Anda / Dok: indotrading.com

“Perusahaan kita murni perusahaan swasta kita berdiri dari tahun 1982. Jadi usia kita ini sudah 34 tahun,” ujar Hempy Ali, Chief Operating Officer PT Karya Tugas Anda kepada indotrading.com, Kamis (17/11/2016).

Mengawali bisnis karoseri sejak tahun 1982 telah menjadikan PT Karya Tugas Anda sebagai perusahaan karoseri yang sarat akan pengalaman. Hingga kini, sudah ribuan project yang berhasil diselesaikan oleh perusahaan tersebut meski masih menyasar pasar lokal. Perbaikan demi perbaikan pun terus dilakukan hingga perusahaan itu bisa berkembang sebesar sekarang.

“Awal mulanya kita karoseri kendaraan dan sekarang sudah berkembang, yaitu kita punya divisi pabrikan, kita punya divisi rental, kita punya divisi konstruksi, dan divisis defence”, ucap Hempy.

Baca juga: Pernah Dijual dari Rumah ke Rumah, Kini Susu UHT PT Ultrajaya Berhasil Diekspor Hingga Amerika

Jadi Langganan BUMN hingga Lembaga Pemerintah

Tak banyak yang tahu, ide awal bisnis perusahaan ini sebenarnya dilatarbelakangi karena alasan hobi, yaitu hobi di bidang otomotif. Beberapa pendiri awal perusahaan ini pun berpikir untuk mencoba mengembangkan industri karoseri dalam negeri yang dipandang memiliki potensi. Di luar negeri sendiri, industri karoseri kala itu bisa dibilang cukup populer.

Foto: Salah satu produk buatan PT Karya Tugas Anda / Dok: indotrading.com

Foto: Salah satu produk buatan PT Karya Tugas Anda/ Dok: indotrading.com

Dalam menjalankan roda bisnisnya, PT Tugas Karya Anda pun tak ingin main-main. Meski awalnya hanya menjalankan proyek-proyek kecil, nyatanya perusahaan ini tetap berkomitmen untuk memberikan hasil terbaik sesuai dengan permintaan klien. Semua itu tak terlepas dari filosofi perusahaan ini sendiri untuk bisa memberikan yang terbaik bagi para kliennya.

“Karena filosofi kita sebenarnya mau memuaskan customer yang merupakan kewajiban kita dan selalu mencoba menyelesaikannya dengan baik,” jelas Hempy.

Baca juga: M. Affandi: Bos Kapal Andalan TNI AL yang Dulunya Teknisi Kapal

Hingga saat ini, sudah banyak proyek yang telah diselesaikan oleh PT Karya Tugas Anda. Tak hanya proyek dari perusahaan swasta lokal, PT Karya Tugas Anda juga banyak menerima proyek dari perusahaan BUMN seperti PT POS Indonesia, PT Telkom Indonesia, PT Pertamina, Bank BRI, dan perusahaan-perusahaan lainnya. Bahkan, banyak lembaga pemerintah yang telah menggunakan jasa perusahaan ini, misalnya Kementerian Pertahanan RI, Mabes POLRI, Kejaksaan RI, TNI AD, TNI AL, TNI AU, dan lain sebagainya.

“Orderan project kita ini kebanyakan memang dari pemerintahan dan jarang sekali retail. Orderan utama kita itu dari angkatan darat, angkatan laut, dan angkatan udara. Ada juga dari kepolisian dan kejaksaan. Jadi, kebanyakan kita suplai secara keseluruhan,” ujar Hempy.

banner-1-01

Bertahun-tahun menjadi langganan lembaga prestisius pemerintah tentunya menjadi prestasi tersendiri bagi PT Karya Tugas Anda. Perusahaan ini pun berkomitmen untuk terus menjaga kepercayaan dari para klien. Caranya ialah dengan terus menjaga kualitas kendaraan karoseri sesuai permintaan.

Baca juga: Mencicipi Lezatnya Peluang Bisnis Bumbu Instan Rempah Nusantara

Produksi Ratusan Kendaraan Setiap Bulan

Ada berbagai jenis kendaraan yang telah berhasil diproduksi oleh PT Karya Tugas Anda. Jenis kendaraan yang dibuat pun tidak terbatas kepada satu jenis, namun beragam sesuai dengan permintaan klien. Mulai dari mobil penjara, bus angkutan, minibus, hingga mobil ambulance pernah dibuat oleh perusahaan ini. Berkat konsistensi dalam menjaga kualitas, banyak klien yang akhirnya melakukan repeat order kepada PT Karya Tugas Anda.

“Seperti mobil penjara, ambulance. Kita memang armada spesial ke vehicle. Memang ada minibus yang standar, ada bus angkutan, contoh ya Kejaksaan itu setiap tahun selalu order ke kita,” terang Hempy.

Dari sekian banyak jenis kendaraan yang pernah diproduksi, ada salah satu produk yang paling diandalkan oleh perusahaan ini. Produk tersebut ialah mobil bus mini maupun medium yang berkualitas tinggi.

Foto: Salah satu produk buatan PT Karya Tugas Anda / Dok: indotrading.com

Foto: Salah satu produk buatan PT Karya Tugas Anda / Dok: indotrading.com

“Produk unggulannya adalah kita mampu membuat standar mobil bus mini maupun medium dengan baik. Itu produk unggulan kita dan ini asli made in Idonesia,” kata Hempy lagi.

Semakin hari, semakin banyak klien dan proyek yang ditangani oleh PT Karya Tugas Anda. Dengan begitu, semakin banyak pula orang yang mengenal produk-produk perusahaan tersebut. Tak heran, jika jumlah permintaan setiap tahun mencapai lebih dari 1.500 unit kendaraan. Dari jumlah tersebut, rata-rata jumlah pesanan per bulannya mencapai lebih dari 125 unit kendaraan.

Baca juga: Rompi Anti Peluru Buatan PT Farin Industri Nusantara Laris Manis di Asia Hingga Amerika

“Kapasitas pabrik kita kurang lebih untuk 1.500 kendaraan dan selama berdiri ini setiap tahun yang order ke kita ya mendekati angka itu,” ucap Hempy bangga.

Meski begitu, PT Tugas Karya Anda tak lantas puas dengan pencapaian yang telah diperoleh hingga saat ini. Selain terus menjaga kualitas dan kepercayaan dari para klien, perusahaan ini pun terus melakukan berbagai inovasi dengan menciptakan produk-produk baru yang memiliki semakin canggih dan inovatif.

Rencanakan Ekspansi Hingga ke ASEAN

Bagi PT Karya Tugas Anda, inovasi merupakan sebuah hal yang mutlak dilakukan agar terus berkembang menjadi perusahaan yang semakin besar. Untuk itu, inovasi dari berbagai bidang pun terus dilakukan, termasuk dalam memproduksi unit-unit baru.

Foto: Salah satu produk buatan PT Karya Tugas Anda / Dok: indotrading.com

Foto: Salah satu produk buatan PT Karya Tugas Anda / Dok: indotrading.com

Selain inovasi dalam bidang produksi produk, perusahaan ini juga berencana melakukan ekspansi pasar. Tak hanya fokus menyasar pasar lokal dan dalam negeri, PT Tugas Karya Anda pun akan segera menyasar pasar luar negeri, terutama dalam lingkup Asia Tenggara.

“Sejauh ini, pasar kita memang masih di Indonesia. Tapi produk baru yang kita ciptakan ini berencana akan dipasarkan ke ASEAN,” jelas Hempy.

Baca juga: 8 Pekerjaan yang Menempa Orang Biasa Jadi Kaya Raya

Salah satu inovasi yang dilakukan oleh PT Karya Tugas Anda ialah dengan menciptakan ambulance khusus yang bisa digunakan untuk membawa 4 orang pasien sekaligus. Terobosan ini tentunya akan sangat bermanfaat jika digunakan dalam kondisi-kondisi darurat yang memerlukan penanganan pasien secara efektif dan efisien.

“Mobil terbaru kita itu satu ambulance yang bisa membawa empat pasien. Biasanya ambulance yang normal itu satu pasien, nah kita yang ini buat empat pasien. Nah, yang empat pasien itu bisa ngangkut personil juga. Jadi kita cipatakan ambulance multifungsi,” kata Hempy.

Foto: Salah satu produk buatan PT Karya Tugas Anda, Mobil APC Turangga/ Dok: indotrading.com

Foto: Salah satu produk buatan PT Karya Tugas Anda, Mobil APC Turangga/ Dok: indotrading.com

Tak hanya berhenti di situ, PT Karya Tugas Anda juga terus melakukan inovasi dengan cara memproduksi unit baru bernama APC Turangga. Mobil ini digadang-gadang memiliki kemampuan yang mumpuni dan kualitas yang tak perlu diragukan lagi. Selain tahan terhadap peluru dan granat, mobil ini juga dapat mengangkut pasukan dalam jumlah tertentu.

“Mobil terbaru kita adalah ini APC Turangga. Kita kasih nama Turangga karena logo perusahaan kita kan kuda, salah satu kuda Indonesia itu adalah kuda turangga. Logo kuda itu artinya kita harus kerja keras. Mobil APC ini satu-satunya mobil yang diciptakan Indonesia. Mobil Turangga ini adalah mobil yang anti peluru dan anti granat. Mobil ini diciptakan untuk menganggkut personil militer. Bisa juga untuk mengangkut tamu VIP misalkan presiden atau tamu VIP lainnya,” papar Hempy.

Baca juga: Rahasia Sukses Presdir BRI Syariah: Harus Disiplin

Karakteristik mobil canggih seperti Turangga ini masih jarang ditemukan di Indonesia, bahkan di dunia. Bisa dibilang bahwa mobil Turangga ini merupakan salah satu masterpiece yang diproduksi oleh PT Karya Tugas Anda. Dari segi kualitas, perusahaan karoseri asal Jawa Timur ini menyebut bahwa kualitas mobil Turangga tak kalah hebat dengan mobil sejenis buatan luar negeri.

“Turangga ini dihasilkan oleh anak Indonesia untuk Indonesia dengan kualitas sama dengan produk luar,” kata Hempy.

Foto: Hempy Ali, Chief Operating Officer PT Karya Tugas Anda / Dok: indotrading.com

Foto: Hempy Ali, Chief Operating Officer PT Karya Tugas Anda / Dok: indotrading.com

Selain sisi kualitas, mobil Turangga juga dikemas semenarik mungkin dari segi tampilan. Hal ini merupakan salah satu bukti bahwa invovasi yang dilakukan oleh PT Karya Tugas Anda memang tidak main-main. Segala aspek senantiasa diperhatikan, baik kenyamanan, keamanan, maupun estetika.

“Dari segi desain, dari segi interior, memang dibikin beda. Walaupun ini kendaraan angkut personel, tetapi kita buat masih cukup nyaman untuk personel yang duduk di dalamnya. Jadi pada waktu diterjunkan itu kondisinya masih oke,” papar Hempy.

Baca juga: Hadi Santoso: Presdir BRI Syariah yang Pernah Jadi Penjaga Pintu Hotel

Meski sejauh ini bisnis karoseri PT Karya Tugas Anda bisa terus berkembang, bukan berarti tak ada aral melintang dalam perjalanan bisnisnya. Diakui Hempy bahwa selama ini kendala yang paling terasa ialah ketersediaan sebagain bahan baku yang masih harus impor.

“Beberapa masih impor. Tapi beberapa juga sudah bisa kita cari di Indonesia,” ungkap Hempy.

Ke depan, PT Karya Tugas Anda pun akan selalu memegang komitmennya untuk terus meningkatkan kualitas produk. Dengan kualitas yang baik, customer tentu akan merasa puas sehingga perusahaan ini pun bisa lebih berkembang lebih besar lagi di masa depan.

“Kita akan terus meningkatakan kualitas interior maupun beberapa bagian luar bahan materialnya,” pungkas Hempy.

 

Reporter: Kumi Laila      Penulis: Erlin Dyah Pratiwi

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top