Cerita Bisnis

Balon Angkasa: Pelopor Industri Balon Udara Promosi yang Laris Manis Hingga Singapura

Sekitar tahun 1970-an, industri reklame di Indonesia memang belum secanggih sekarang. Saat itu media iklan masih sangat jarang karena para pengusaha masih suka beriklan menggunakan cara yang konvensional.

Namun, sebuah gebrakan baru dalam dunia periklanan akhirnya muncul menjelang akhir tahun 1970-an. Sebuah perusahaan bernama Balon Angkasa menawarkan cara promosi berbeda lewat balon udara yang dijadikan media iklan.

Baca juga: Sukses Buat Pesawat Tanpa Awak, IPCD Jadi Langganan Mabes TNI hingga Kemenhan RI

“Perusahaan kita bergerak dalam bidang balon udara promosi. Berdiri sejak tahun 1978 jadi kita yang mempelopori, yang pertama di Indonesia. Jadi, kita berpengalaman sudah 30 tahun lebih dan kita sudah ekspor juga,” ujar Fredy Harun, General Manager Bola Angkasa saat ditemui indotrading.com Senin (21/11/2016).

Penggunaan balon udara sebagai media iklan memang belum populer saat itu. Bahkan belum ada di Indonesia. Namun dengan tekad yang kuat, Ayah Fredy pun mencoba membuat perusahaan balon udara promosi. Fredy mengakui bahwa ide membuat bisnis balon udara promosi ini berasal dari ayahnya yang saat itu sempat tinggal di luar negeri.

Foto: Fredy Harun, General Manager Balon Angkasa/ Dok: indotrading.com

Foto: Fredy Harun, General Manager Balon Angkasa/ Dok: indotrading.com

“Pada jaman itu memang belum ada. Awalnya dari ayah saya, Pak Ismail, yang membawa produk ini dari luar negeri,” terang Fredy.

Ayah Fredy memang dikenal sebagai pengusaha yang memiliki pola pikir visioner yang jauh ke depan. Ia pandai membaca peluang dan selalu yakin bahwa bisnis balon reklame ini punya potensi yang bagus jika dikembangkan dengan baik. Berkat keuletannya, Balon Angkasa pun berkembang menjadi salah satu perusahan reklame yang sukses.

Baca juga: Bisnis Karoseri PT Karya Tugas Anda: Jadi Langganan Pemerintah Hingga Ekspansi ke Asia Tenggara

Rahasia kesuksesan Balon Angkasa ini salah satunya terletak pada kepuasan klien atas produk mereka. Tak hanya menjaga kualitas produk, Balon Angkasa pun senantiasa mendengarkan permintaan para kliennya. Semua dilakukan demi kepuasan customer.

“Nggak juga, company product semua sih. Pribadi juga ada. Ada juga yang request seperti dia beli balon terus buka kelas menggambar. Jadi variasi,” ujar Fredy.

Foto: Contoh Produk Balon Angkasa/ Dok: Balon Angkasa

Foto: Contoh Produk Balon Angkasa/ Dok: Balon Angkasa

Melakukan promosi dengan menggunakan balon udara merupakan salah satu cara branding yang efektif. Hal ini disebabkan karena saat balon udara promosi dipasang di luar ruangan, banyak orang yang akan melihat brand atau tulisan yang tertera di balon udara tersebut.

“Saya rasa ini adalah salah satu sarana karena namanya promosi ada 1001 cara untuk mempromokannya dan balon menurut saya adalah salah satu cara untuk melakukan pomosi secara unik dan berbeda dengan TV atau bilboard,” kata Fredy.

Baca juga: Meski Masih Muda, 4 Pengusaha Sepatu Ini Berhasil Ekspor Sepatu hingga ke Eropa

Keberhasilan yang telah diraih oleh Balon Angkasa ini tentunya tidak didapatkan dengan mudah. Saat memulai bisnis, Balon Angkasa bahkan banya memasarkan produknya lewat sebuah ruko kecil. Namun seiring perkembangan bisnisnya, Balon Angkasa akhirnya mampu membuat pabrik yang bisa memproduksi balon udara promosi dalam jumlah yang banyak.

“Dulu awalnya kita dari ruko biasa dan itu sudah produksi sendiri karena memang beberapa tahun pertama kita masih impor dari luar barangnya. Akhirnya kita mencoba produksi lokal dengan supplier dari lokal pokoknya. Terus dari sejak itu sekitar 10 tahun yang lalu baru kita memutuskan untuk membuat pabrik,” ujar Fredy.

Baca juga: Pernah Dijual dari Rumah ke Rumah, Kini Susu UHT PT Ultrajaya Berhasil Diekspor Hingga Amerika

Produksi Berbagai Macam Balon Bermutu Tinggi

Sejak awal merintis bisnis, Balon Angkasa selalu menempatkan kepuasan pelanggan sebagai hal penting yang harus bisa dicapai. Untuk itu, perusahaan yang bermarkas di daerah Duri Kosambi, Jakarta Barat ini pun selalu menetapkan standar kualitas yang tinggi untuk setiap produknya.

Foto: Contoh Produk Balon Angkasa/ Dok: Balon Angkasa

Foto: Contoh Produk Balon Angkasa/ Dok: Balon Angkasa

Hingga saat ini, sudah ada berbagai jenis balon udara yang diproduksi oleh Balon Angkasa. Produk-produk tersebut sangat bervariasi dan digunakan sesuai dengan tujuan acaranya. Tak hanya menawarkan balon udara sebagai media iklan, Balon Angkasa pun menawarkan jasa foto dari udara bernama Aerial Photography.

Aerial photography, giant product baloon, baloon decoration, character baloon, lighted ballon, balloon printing, balon zepelin, balon gapura bisanya buat di event, balon tepuk, dancing baloon, balon karakter,” kata Fredy.

Baca juga: Mencicipi Lezatnya Peluang Bisnis Bumbu Instan Rempah Nusantara

Balon Angkasa terus berkomitmen untuk membuat produk-produk yang berkualitas. Buktinya, sebelum dipasang atau digunakan dalam acara-acara tertentu, setiap produk harus melewati proses uji kualitas atau quality control.

Foto: Contoh Produk Balon Angkasa/ Dok: Balon Angkasa

Foto: Contoh Produk Balon Angkasa/ Dok: Balon Angkasa

“Setiap ada event sebelum ada pemasangan balon kita selalu ada QC (quality control). Jadi, kita bisa memastikan produk yang dikeluarkan itu emang udah bagus,” kata Fredy.

Meski produknya sudah dikenal berbagai kalangan, namun hal ini tak lantas menjadikan Balon Angkasa berhenti berinovasi. Sampai saat ini berbagai inovasi dan perubahan terus dilakukan. Tujuannya ialah agar konsumen merasa puas.

“Inovasi terbaru sih baloon snow globe ya. Di luar negeri pun masih baru dan kita mendapat request dari partner Singapore untuk mengembangkan baloon snow globe di Indonesia. Nah setelah bereksperimen itu, akhirnya kita berhasil membuat snow globe itu,” kata Fredy.

Baca juga: M. Affandi: Bos Kapal Andalan TNI AL yang Dulunya Teknisi Kapal

banner-1-01

Digunakan di Berbagai Event Skala Internasional

Selama puluhan tahun berkecimpung di dunia reklame, balon udara promosi buatan Balon Angkasa telah diakui kualitasnya. Balon udara promosi ini digunakan untuk mempromosikan sesuatu, baik berupa acara, produk, atau profil perusahaan.

Dalam berbisnis, Balon Angkasa percaya bahwa konsumen adalah raja. Untuk itu, mereka senantiasa mendengarkan masukan, kritikan, dan saran dari para kliennya. Semua itu dilakukan demi membuat konsumen puas terhadap produk mereka.

Foto: Contoh Produk Balon Angkasa/ Dok: Balon Angkasa

Foto: Contoh Produk Balon Angkasa/ Dok: Balon Angkasa

“Balon Angkasa ini tujuannya untuk mempromosikan sesuatu, entah bentuknya event atau personal, baik profile company atau produk. Intinya sih itu, cuma client kan beda-beda request-nya. Karena ada juga yang pribadi, di-display atau buat toko. Kita sih tidak membatasi diri asalkan bisa dikerjakan ya kita sanggupin,” terang Fredy.

Baca juga: 8 Pekerjaan yang Menempa Orang Biasa Jadi Kaya Raya

Karena ketelatenannya ini, banyak klien yang mempercayakan jasa pembuatan balon udara promosi kepada Balon Angkasa. Tak jarang, produk Balon Angkasa digunakan dalam acara-acara besar dalam dan luar negeri. Misalnya seperti acara Hari Jantung Nasional di Indonesia hingga acara Sea Games di Singapura.

“Banyak banget dan yang terakhir adalah Sea Games Singapore, event Go pro, hari kemerdekaan Singapura itu kalau event yang di Singapura. Di indonesia juga banyak terakhir ada event Hari Jantung Nasional, beberapa event di mall, dan lain-lain,” kata Fredy.

Foto: Contoh Produk Balon Angkasa/ Dok: Balon Angkasa

Foto: Contoh Produk Balon Angkasa/ Dok: Balon Angkasa

Tak hanya itu, Balon Angkasa pun dipercaya untuk memajang produk balon udara promosi mereka di acara Peringatan Kemerdekaan Singapura. Hal ini tentu menjadi sebuah prestasi yang membanggakan bagi Balon Angkasa

“Kalau acara besar sih seperti kemerdekaan Singapura. Dulu kita pernah juga ada project dari WWF untuk event parade, sea world juga pernah,” ujar Fredy.

Baca juga: Rompi Anti Peluru Buatan PT Farin Industri Nusantara Laris Manis di Asia Hingga Amerika

Ekspor Hingga Ke Negeri Singapura

Tak hanya laris manis digunakan di dalam negeri, produk-produk Balon Angkasa juga sudah diekspor hingga ke luar negeri. Bahkan sejak tahun 1998, Balon Angkasa sudah mengekspor produknya hingga ke Singapura.

Foto: Contoh Produk Balon Angkasa/ Dok: Balon Angkasa

Foto: Contoh Produk Balon Angkasa/ Dok: Balon Angkasa

“Awalnya kita ekspor itu pas krismon 1998. Ekonomi Indonesia lagi kacau dan banyak perusahaan yang tutup. Nah, ayah saya ini mencoba untuk merantau ke Singapura dan ekspor ke luar.  Waktu itu kenapa kita nekad ke luar karena merasa tidak ada jalan lagi untuk mempertahankan usaha kita di indonesia dengan kondsi ekonomi yang kacau dan pada saata itu saya sedang sekolah di Singapore juga,” papar Fredy.

Untuk terus mengembangkan bisnisnya, Balon Angkasa pun gencar melakukan promosi secara online. Perusahaan ini pun aktif melakukan promosi lewat berbagai media sosial seperti Instagram, Facebook, dan website.

Baca juga: Hotel Ibis Budget Tanah Abang Akan Terus Gunakan Jasa Indotrading

“Saat ini sih kita selalu gencar di online ya, dari website, sosial media, seperi Instagram, Facebook,” ujar Fredy.

Foto: Contoh Produk Balon Angkasa/ Dok: Balon Angkasa

Foto: Contoh Produk Balon Angkasa/ Dok: Balon Angkasa

Selain media sosial, Balon Angkasa juga rajin menghadiri acara pameran-pameran industri dan retail.

“Juga melalui pameran-pameran industri atau pameran retil gitu. Karena berharapnya visitor-nya itu dari kalangan advertising, dari restoran, F&B,” kata Fredy

Baca juga: Rahasia Sukses Presdir BRI Syariah: Harus Disiplin

Saat ditanya mengenai peluang bisnis balon udara promosi di masa depan, pria kelahiran Jakarta, 30 Januari 1985 ini mengaku masih sangat potensial. Apalagi dengan adanya perkembangan zaman ini, peluang ke depan masih terbuka lebar.

“Saya rasa bisnis balon ini tidak akan termakan zaman selagi kita mengikuti perkembangan zaman.  Apa yang kita tawarkan di luar ya kita juga bisa,” pungkas Fredy.

 

Reporter: Kumi Laila      Penulis: Erlin Dyah Pratiwi

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top