Tips Bisnis

Bisa Dicoba! Ide Bisnis Online untuk Anak Muda Millenial

Saat ini bisnis online di kalangan millenial sedang tren. Terlebih sejak adanya pembatasan kegiatan di luar dan berkerumun, termasuk berbelanja, banyak anak muda millenial yang mulai menjajal untuk berbisnis online. Jika masih bingung mau bisnis online apa, simak pembahasan Tim News Indotrading kali ini mengenai Ide Bisnis Online untuk Anak Muda Millenial.

Baca Juga : Peluang Bisnis Sepatu Sneakers yang Bisa Kalian Coba 2021

Tren Bisnis Online

Di masa Pandemi, kegiatan bisnis online semakin menunjukan peningkatan yang signifikan. Bahkan di kalangan anak muda millenial, bisnis online sudah menjadi tren keseharian. Tren tersebut juga merupakan salah satu dampak dari adanya pembatasan kegiatan di luar rumah yang rentan menimbulkan kerumunan. Ditambah lagi kemampuan millenial dalam hal penguasaan teknologi semakin memuluskan jalan untuk mulai berbisnis online.

Sebenarnya, bisnis online di kalangan millenial mulai mengalami peningkatan masa atau peminatnya sejak awal tahun 2019, beriringan dengan giatnya pemerintah menggencarkan kampanye produk lokal. Banyak anak muda millenial yang kemudian menciptakan dan memasarkan produknya lewat pasar online.

Keuntungan Bisnis Online

Tren bisnis online juga berkembang pesat sebab dirasa sejalan dengan anak muda yang begitu mendambakan kepraktisan namun tetap menguntungkan. Banyak dari anak muda millenial yang lebih dulu menjajal bisnis online kemudian membagikan pengalamanannya. Tidak terkecuali mengenai keuntungan berbisnis secara online.

Keuntungan bisnis online yang banyak dibagikan diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Tidak Perlu Modal Besar

Alasan dasar anak muda millenial mulai menjajal bisnis online tidak lain karena modal awal yang dibutuhkan tidak terlalu besar. Bahkan Anda bisa memulainya tanpa modal sekalipun. Jadi reseller ataupun dropshiper online bisa jadi langkah awal memulai bisnis online.

2. Jangkauan Pasar Lebih Luas

Selain minim modal, keuntungan lain yang paling banyak dirasakan dari bisnis secara daring ini adalah jangkauan pasar yang lebih luas. Bisnis online akan lebih banyak membukakan jangkauan pasar hanya dengan ketikan jari, sebab toko online Anda berpotensi untuk dilihat oleh banyak orang yang sedang mencari kebutuhan melalui koneksi internet.

3. Waktu Penjualan Lebih Fleksibel

Waktu Penjualan Lebih Fleksibel juga menjadi keuntungan yang akan Anda dapatkan. Berbeda dengan toko online yang harus anda buka dan tutup, toko online bisnis anda tidak memerlukan hal demikian. Anda dapat terus membuka bisnis online dalam 24 jam tanpa henti, sehingga juga membuka peluang pendapatan Anda.

Tips Memulai Bisnis Online

Meskipun memiliki keuntungan yang sangat menggiurkan untuk memulai bisnis online, wajib bagi Anda mengetahui tips memulai bisnis online. Berikut tips memulai bisnis online yang bisa Anda jadikan refrensi pengetahuan bisnis Anda. Sudah pasti tujuan nya adalah agar terhindari dari kesalahan pebisnis pemula.

1. Matangkan Rencana Bisnis

Bisnis online memang terlihat lebih minim resiko, namun tetap Anda perlu mematangkan rencana bisnis. Buat rencana bisnis yang dibagi kedalam tiga kelompok yakni rencana jangka pendek, menengah dan panjang. Jangan lupa juga untuk membuat strategi bisnis pendukung kegiatan usaha Anda seperti cara pemasaran, packaging produk, hingga SDM untuk bisnis Anda.

2. Atur Keuangan Pribadi dan Bisnis

Memiliki keinginan besar serta belum cukup profesional dalam mengatur income, banyak millenial yang masih mencampurkan pendapatan bisnis dengan income pribadinya. Hal tersebut merupakan satu kesalahan besar yang perlu dihindari. Pisahkan uang pribadi dengan pendapatan bisnis agar lebih jelas mengatur nya. Jika masih belum bisa mengatur kedua pendapatan tersebut, gunakan bantuan aplikasi pengatur keuangan bisnis. Sekarang sudah banyak applikasi yang memudahkan para pebisnis millenial mengatur keuangannya.

3.  Tentukan Target Pasar

Jangkauan pasar lebih luas yang Anda dapatkan dalam bisnis online bukan berarti Anda bebas berbisnis tanpa adanya target pasar. Target pasar yang semakin detail akan lebih membawa keuntungan dalam usaha Anda. Sebab, dengan target pasar yang sudah ditentukan, Anda dapat fokus memasarkan serta meningkatkan kualitas produk Anda.

4. Maksimalkan Pelayanan

Dalam pemasaran online, perputaran minat pembeli terjadi sangat cepat. Pastikan Anda selalu sigap dengan pembeli yang masuk dan tertarik dengan produk Anda. Sebab, kepuasan pembeli tidak hanya datang dari kualitas produk yang Anda tawarkan, melainkan juga pelayanan yang diberikan.

Baca Juga : Melihat Peluang Bisnis yang Melejit di Tahun 2021

Ide Bisnis Online untuk Millenial

Setelah tau banyak mengenai bisnis online dari keuntungan hingga tips yang diberikan diatas. Saatnya Anda tentukan pilihan ide bisnis online yang cocok. Berikut inspirasi ide bisnis online untuk millenial yang bisa Anda coba.

1. Clothing Line

Tidak termakan jaman, bisnis clothing line menjadi bisnis online pilihan banyak anak muda. Pasalnya kebutuhan akan baju dan fashion akan terus ada dan berkembang. Tidak hanya baju, variasi produk di clothing line Anda bisa ditambahkan seperti sneakers, sendal, tas, dan lainnya. Jika memiliki modal yang terbatas, Anda bisa mulai bisnis online clothing line dengan menjadi reseller ataupun dropshiper dari Supplier terpercaya.

2. Thrifting

Masih berkaitan dengan baju dan fashion, thrifting menjadi salah satu bisnis online yang banyak digemari anak muda millenial. Thrifting merupakan bisnis online yang menawarkan banyak produk preloved ataupun sisa import baju dan fashion lainnya yang kualitasnya masih bagus. Tentunya, harga dari produk tersebut jauh lebih murah dan minat pembeli anak muda terhadap produk thrifting. Untuk memulia bisnis online ini, Anda bisa membeli paket thrifting dari berbagai supplier terpercaya di Indonesia. Paket thrifting yang biasa disebut paket bundel tersebut bisa Anda dapatkan dari harga sekitar Rp. 300 ribu.

3. Kuliner

Sama halnya dengan bisnis clothing line atau produk fashion seperti baju, bisnis kuliner juga tidak akan pernah mati. Terlebih dengan sistem pemasaran online dan fasilitas pendukung lainnya yang semakin membuat bisnis satu ini berkembang pesat di kalangan anak muda. Banyak sekali bisnis kuliner ke kinian hasil kreasi anak muda millenial yang sudah bisa Anda temukan mulai dari dessert, makanan utama, hingga cemilan. Anda yang memiliki minat masak harus coba mulai bisnis kuliner ini. Anda hanya perlu menyiapkan bahan serta mesin pengemas makanan untuk menunjang bisnis Anda.

4. Photocard

Selanjutnya ada bisnis Photocard. Bagi Anda pecinta K-pop pasti sudah tidak asing lagi dengan bisnis online yang satu ini. Penggemar K-pop yang semakin meningkat pesat bisa Anda jadikan peluang untuk mulia berbisnis online ini. Anda bisa menjual hasil print foto idol k-pop dan dikreasikan agar lebih menarik. Terlihat sederhana, Bisnis online photocard ini sangat menjanjikan.

5. Social Media Manajemen

Dijuluki sebagai digitalsavy serta digital native, kemampuan digital anak muda millenial sudah tidak perlu diragukan lagi. Kemampuan tersebut membuka peluang bisnis online yang bisa dijadikan sumber pendapatan Anda. Terlebih bagi Anda yang memiliki kemapuan lebih pada bidang desain grafis, copy dan content writing, serta sosial media addict. Anda bisa tawarkan jasa Anda dan mulia buka bisnis social media manajemen. Sebab, jasa social media manajemen saat ini sedang mengalami peningkatan permintaan. Banyak usaha dan bisnis lain yang memerlukannya untuk keperluan promosi produk.

6. Skincare dan MakeUp

Sudah tidak asing lagi, skincare dan makeUp jadi salah satu kebutuhan harian anak muda. Besarnya kebutuhan skincare dan makeup di kalangan anak muda tersebut dapat dijadikan peluang usaha Anda untuk mulai bisnis online. Mulailah dari menjual produk skincare dan makeup 101 seperti sunscreen, moisturizer, toner, serum powder, foundation, alis dan sebagainya yang paling banyak dicari orang. Sebab skincare dan makeup 101 banyak dijadikan dasar kebutuhan harian. Anda juga bisa memulianya dengan menjadi reseller dan dropshiper.

7. Hampers

Terakhir, bisnis online yang sangat dekat dengan anak muda adalah hampers. Sekarang ini banyak anak muda yang menjadikan peluang bisnis online nya. Hal tersebut tidak terlepas dari tren kirim hampers yang belakangan semakin meningkat. Anda bisa mulai bisnis hampers dari kebutuhan sehari hari seperti hampers makanan, hampers botol minum dan tempat makan, hampers skincare dan lain sebagainya. Untuk bisnis yang satu ini, selain kreativitas, Anda juga perlu dengan jeli menemukan supplier terpercaya sebagai pemasok barang produk bisnis Anda.

Demikianlah pembahasan mengenai ide bisnis online untuk Anak Muda Millenial yang bisa Anda coba. Perlu diingat, meskipun menawarkan lebih sedikit resiko, namun Anda juga perlu memperhatikan beberapa hal seperti yang disarankan. Terlebih pada pemilihan Supplier untuk pemasok barang produk jual bisnis online Anda.

Di Indotrading, Anda akan banyak menemukan Supplier dengan berbagai produk jual yang terpercaya dan banyak menjual hasil produksinya ke seluruh Indonesia. Anda juga akan mendapatkan produk dengan kualitas dan penawaran harga terbaik di sini!

Baca Juga : Melihat Peluang Bisnis Alat Kesehatan di Masa Pandemi

banner seller
To Top