Bisnis

Asal Muasal Maraknya Bisnis Minuman Thai Tea di Indonesia

Asal Muasal Maraknya Bisnis Minuman Thai Tea di Indonesia

Thai Tea, salah satu jenis minuman yang tengah fenomenal ini memang banyak menarik perhatian konsumen di Indonesia. Hampir di setiap sudut kota kita menemukan gerainya dengan ragam merek berbeda-beda. Tidak heran bila muncul banyak pertanyaan apakah bisnis minuman khas Thailand ini begitu menjanjikan? Dan apa yang memicu para pelaku bisnis mau membangun usaha minuman Thai Tea?

Mulanya, minuman ini sudah ada sejak tahun 1980-an di negara asalnya yakni Thailand. Walau secara historikal warga Thailand tidak mengkonsumsi teh setiap harinya, tetapi tidak sedikit warga Thailand yang menggemari minuman teh kekinian ini. Thai tea itu sendiri terbuat dari teh hitam yang dulunya dijual oleh pedagang China yang dikenal dengan sebutan Cha Yen Tea. Namun dikarenakan harganya yang begitu tinggi, Cha Yen akhirnya diganti dengan teh lain yaitu teh Cyelon, teh hitam yang beraroma pekat berasal dari Sri Lanka. Dalam memilih jenis teh yang digunakan pun tak boleh sembarangan. Perlu untuk memastikan bila teh tersebut memiliki cita rasa yang khas dan kuat. Sehingga pada zaman tersebut, teh merk Cha Yen dan Cyelon memang menjadi pilihan yang begitu populer.

Peluang Bisnis Minuman Thai Tea

Melihat penikmat minuman Thai Tea yang begitu besar di Indonesia, membuat banyak masyarakat berlomba membuka peluang usaha ini. Persaingan yang kian ketat tidak membuat mereka berhenti begitu saja. Malahan banyak di antara mereka yang termotivasi untuk menciptakan citarasa Thai Tea dengan inovasi terbaru.  Nah, bila juga Anda tertarik berbisnis minuman Thai Tea, yuk cari tahu apa saja yang membuat bisnis minuman khas Thailand ini begitu populer!

Rasa teh yang tidak mainstream.

 

Thai Tea berbeda dengan rasa es teh manis yang biasa dikonsumsi masyarakat kita. Bahan bakunya saja menggunakan daun teh asli Thailand dengan aroma rempah yang khas, disentuh dengan campuran air bunga jeruk yang membuatnya harum. Dalam proses pembuatan 1 minuman Thai Tea memerlukan campuran bahan lain seperti susu evaporasi dan kental manis, sehingga menciptakan rasa yang membuat siapapun menjadi ketagihan. 

Pembuatan yang mudah dengan modal kecil.

Faktor kedua yang memicu minuman ini begitu digemari adalah proses pembuatannya yang mudah dan murah. Bahan bakunya sangatlah simpel. Anda bahkan bisa membelinya di supermarket atau toko online. Cukup mencari bubuk teh hitam dengan kualitas terbaik, kemudian membeli susu evaporasi, kental manis dan es serut. Peralatan yang Anda butuhkan juga tidak banyak. Kurang lebih dana yang dibutuhkan untuk membeli peralatannya hanya berkisar 1 hingga 2 juta Rupiah saja, lho. Lalu untuk keperluan modal bahan baku, booth dan sewa tempat, Anda memerlukan dana sekitar 7 juta Rupiah.

Setelah itu, saat semua peralatan maupun bahan baku telah terkumpul, Anda bisa memulai dengan menyeduh air panas yang telah dicampurkan teh hitam selama kurang 5 hingga 10 menit. Kemudian saring teh yang diseduh dan campurkan dengan susu evaporasi dan kental manis sesuai selera. Untuk memberi kesan yang lebih segar, bisa tinggal tambahkan es serut secukupnya. Sangat mudah, bukan? 

Baca juga : Ingin Berjualan Online Melalui Marketplace? Ikuti 7 Tips Berikut ini!

Banyaknya deretan jasa Franchise Thai Tea.

 

Bila Anda belum memiliki modal yang cukup matang untuk membangun bisnis minuman sendiri, tenang saja, saat ini sudah banyak sekali deretan merk Thai Tea populer yang bisa Anda ajak kerja sama melalui sistem franchise. Anda bisa menentukan salah satu merek populer yang sudah beredar seperti Dum Dum, Royal Thai Tea, Kako Thai Tea dan masih banyak lagi. Soal pembuatannya pun sama saja, tinggal pilih merk yang pas dengan target market Anda.

Tersedia banyak pilihan lokasi yang strategis.

Tidak bisa dipungkiri, hadirnya berbagai merk minuman Thai Tea yang kian bertambah membuat kita para pelaku usaha atau franchisee, perlu menyiapkan strategi yang matang. Seperti penentuan lokasi yang menjadi hal pokok yang tidak bisa diremehkan. Sekalinya Anda memilih tempat yang tidak tepat, hal ini bisa memicu pada performa penjualan. Namun, jangan khawatir. Untuk membuka gerai minuman Thai Tea sebenarnya banyak sekali lokasi-lokasi yang bisa menjadi opsi. Mulai dari membuka gerai di mall, sekolah, kantin kampus, pusat perkantoran, hingga ruko-ruko di pinggir jalanan besar juga bisa menjadi pilihan. Anda juga bisa mengandalkan bantuan aplikasi ojek online untuk menjangkau konsumen di berbagai tempat secara mudah. 

Nah, setelah mengulik sekilas faktor-faktor apa yang mendukung perkembangan usaha penjualan minuman Thai Tea di Indonesia, kini waktunya Anda mengambil kesempatan untuk membuka peluang baru. Pastikan Anda menggali informasi lebih dalam bagaimana sistem franchise yang tepat agar dapat memperoleh keuntungan yang besar. Selamat mencoba! 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top