Economy and Business

10 Peluang Bisnis di Tahun 2020 yang Wajib Dicoba

Ingin Sukses di Usia Muda Inilah Hal-hal yang Harus Anda Persiapkan1

Agar dapat menjalankan suatu bisnis dengan baik perlu perencanaan yang tepat. Pebisnis harus memiliki resolusi untuk bisnisnya. Namun, bagi Anda yang baru saja memulai bisnis atau ingin beralih dari karyawan menjadi pengusaha, perlu menentukan terlebih dahulu peluang bisnis yang akan ditekuni. Anda harus mampu membaca pasar, produk pesaing, dan melakukan riset atas peluang usaha yang akan dilakukan nantinya. Jika Anda tertarik, berikut ini 10 peluang bisnis di tahun 2020 yang cukup menjanjikan.

1. Kursus dan Bimbel Online

peluang bisnis 2020

Anda bisa memikirkan untuk membangun sebuah kursus online. Dibandingkan dengan kursus reguler yang membutuhkan tempat khusus dan berbagai keperluan lainnya. Maka, kursus online tidak membutuhkan semua itu. Anda bisa mengembangkan bakat atau keahlian Anda dengan mempromosikan secara online. Kursus yang umum saat ini adalah bahasa asing dan mata pelajaran sekolah lainnya.

2. Affiliate Marketing

peluang bisnis 2020

Affiliate marketing sangat memungkinkan bagi Anda untuk mendapatkan uang dengan mempromosikan produk pihak lain. Peluang usaha ini cukup menggiurkan karena Anda bisa memulainya tanpa modal dan cara kerjanya cukup mudah. Biasanya, jika seseorang membeli produk menggunakan kode referral yang Anda berikan, maka Anda akan mendapatkan komisi sesuai perjanjian yang telah disepakati.

3. Bisnis Waralaba/Franchise

Bisnis waralaba atau franchise merupakan bisnis yang dijalankan dengan model kemitraan. Anda bisa bekerja sama dengan perusahaan yang produknya sudah dikenal dan cepat mendatangkan pembeli. Potensi bisnis seperti ini pada umumnya sudah banyak ditawarkan oleh beberapa perusahaan. Namun sayangnya masyarakat justru kurang berminat karena menganggap waralaba harus dengan modal besar dan hanya untuk bisnis makanan.

4. Usaha Catering

peluang bisnis 2020

Saat ini, usaha catering menjadi salah satu bisnis dengan perkembangan yang cukup pesat. Bagi Anda yang ingin menjalankan usaha ini tidak perlu mempunyai modal yang cukup besar. Anda bisa menggunakan peralatan masakan milik sendiri yang tersedia di rumah. Jika Anda telah memiliki cukup modal, Anda bisa menangani yang lebih besar, seperti acara pernikahan atau acara besar lainnya.

5. Bisnis Laundry

peluang bisnis 2020

Kesibukan bekerja dan aktivitas lainnya membuat rumah beberapa orang berantakan dan tidak terurus. Keadaan ini membuat sebagian orang lebih memilih dan menggunakan jasa laundry untuk mencuci pakaiannya. Dengan demikian, usaha laundry bisa menjadi sebuah peluang usaha yang menjanjikan saat ini. Bisnis laundry sangat mudah dijalankan dan modalnya tidak terlalu banyak, hanya membutuhkan mesin cuci dan area yang cukup luas untuk mengeringkan pakaian.

6. Usaha Salon Kecantikan

peluang bisnis 2020

Setiap perempuan ingin terlihat cantik dan anggun sehingga Anda memiliki peluang usaha di bidang kecantikan. Usaha ini sangat menjanjikan jika Anda ahli dalam bidang kecantikan. Saat ini, usaha di bidang kecantikan semakin terbuka lebar dan banyak peluang usaha baru. Anda bisa memanfaatkan teknologi terbaru seperti sulam alis, sulam bibir, eyelashes extension dan lain sebagainya.

Baca juga: Sukses di Usia Muda bukan hanya Sekadar Mimpi jika Anda Persiapkan Hal-hal ini!

7. Freelancer

Menjadi seorang freelancer atau pekerja lepas adalah bisnis modal kecil yang sangat menguntungkan dan santai karena ketika bekerja Anda perlu rapi, cukup pakai kaos oblong dan diam di rumah. Namun, seorang freelancer harus bisa memperhatikan masalah waktu atau deadline yang diberikan oleh klien. Anda bisa mendapatkan project atau job dari startup yang menyediakan khusus jasa freelancer. Anda harus menjaga kepercayaan pelanggan agar kedepannya bisa direkomendasikan. Usaha freelance yang banyak dicari saat ini antara lain Desain Grafis, Penulisan Artikel, Pembuatan Website, Pembuatan Aplikasi, dan lain sebagainya.

8. Bisnis Food Truck

Bisnis food truck awalnya berasal dari luar negeri yang dikenal untuk berjualan es krim keliling. Namun, di Indonesia food truck telah digunakan untuk mencoba kuliner makanan berat hingga minuman lainnya. Teknik ini lebih baik daripada harus melakukan pengeluaran untuk sewa ruko tiap bulan. Selain itu, Anda bisa menentukan target lebih luas dengan berpindah tempat sesuai banyaknya konsumen yang membutuhkan makanan.

9. Bisnis Peternakan

peluang bisnis 2020

Usaha ternak menjadi usaha yang saat ini banyak diminati karena menjadi bisnis yang menjanjikan bahkan bisa dijadikan sebuah investasi. Modal untuk usaha ini bisa dilakukan bertahap, maka dari itu dikatakan sebuah investasi. Saat ini, sudah banyak para pelaku bisni perkotaan menanamkan modal untuk usaha ternak saat ini. Anda bisa memilih ternak hewan kecil seperti unggas, ikan lele, ayam petelur, burung puyuh, ikan gurame, dan lain sebagainya.

10. Bisnis Kedai Kopi

peluang bisnis 2020

Peluang bisnis kedai kopi masih sangat menjanjikan di Indonesia sebab kebanyakan orang Indonesia adalah penyuka minuman kopi. Jangkauan kopi juga cukup luas karena baik perempuan maupun laki-laki banyak yang menyukai kopi. Membuat kedai kopi di lingkungan yang ramai atau penuh dengan institusi bisa jadi peluang bisnis yang menjanjikan bagi Anda. Kamu hanya memerlukan modal untuk menyewa tempat, membeli peralatan kopi, membeli biji kopi, dan aksesoris tambahan untuk penunjang sajian kopi di kedai kopi Anda nantinya.

Itulah 10 peluang bisnis di tahun 2020 yang menjanjikan. Anda bisa memilih salah satu bisnis tersebut. Bekerja keras, sungguh-sungguh, dan tidak mudah menyerah akan membuat bisnis Anda menjadi lebih cepat berkembang. Namun, tetap harus ada resolusi dan melakukan riset sebelum memulainya.

 

To Top