Tips & Tricks

Ingin Berjualan Online Melalui Marketplace? Ikuti 7 Tips Berikut ini!

sales

Di era industri 4.0 ini benar – benar sudah mendisrupsi sebagian besar peran manusia. Terutama dalam hal berbisnis. Jika dulu aktivitas berdagang atau berbisnis dilakukan secara manual oleh tenaga manusia, melakukan transaksi secara face to face. Perlahan kehadiran teknologi digital membantu memudahkan tenaga manusia dalam berbisnis, yakni dengan munculnya media sosial yang tidak hanya sekedar wadah media untuk ajang eksis, namun juga sebagai media untuk wadah berjualan. Namun seiring berjalannya waktu, perkembangan teknologi yang kian cepat, cara berbisnis pun kini sudah bisa dilakukan di marketplace yang dirasa cukup aman dan nyaman dalam bertransaksi.

Produk-produk yang dijual di marketplace juga lebih bervariasi sehingga konsumen bisa memilih barang yang terbaik untuk memenuhi kebutuhannya.

Baca juga:

Bagi Anda yang sedang menekuni bisnis online dan ingin melakukan ekspansi usaha, marketplace menjadi wadah yang tepat untuk mengembangkan bisnis. Agar bisnis di marketplace mendulang kesuksesan, dilansir dari okezone.com berikut 7 tips berjualan online di marketplace yang perlu Anda lakukan:

  1. Menyiapkan Produk yang Akan Dijual
news.indotrading.com

news.indotrading.com

Sebelum Anda ingin berjualan di marketplace, Anda harus sudah menyiapkan produk apa saja yang ingin Anda jual. Kalau bisnis Anda bergerak di bidang pakaian, Anda perlu menyiapkan jenis – jenis pakaian apa yang ingin Anda jual.

Jika ingin berhasil berjualan di marketplace, tidak serta merta Anda berjualan begitu saja, namun ada strateginya. Menurut beberapa pelaku bisnis yang sukses berjualan melalui marketplace, produk yang akan dijual   harus memiliki ciri khas atau keunikan, meski hanya berjualan melalui marketplace. Keunikan sebuah produk menjadi kunci utama untuk menarik minat para konsumen. Namun, Anda harus memperhatikan produsen produk tersebut sehingga saat produk habis di toko, Anda dapat me-restock produk dengan cepat agar konsumen tidak menunggu terlalu lama.

  1. Mengenali Kebutuhan Konsumen
news.indotrading.com

news.indotrading.com

Untuk memulai bisnis memang alangkah baiknya kita melakukan riset terlebih dulu. Hal ini dilakukan untuk mengetahui kebutuhan konsumen. Bisnis apa yang tengah diminati masyarakat, atau bisnis seperti apa yang  tidak termakan oleh zaman.

Selain itu kebutuhan tiap-tiap konsumen pun berbeda – beda. Contoh konkretnya adalah anak muda dan orang tua. Jika anak muda membutuhkan gadget yang super canggih di era digital, orang tua cukup membutuhkan gadget yang dapat digunakan untuk berkomunikasi.

Supaya dapat memahami kebutuhan konsumen, Anda harus menetapkan target pasar yang jelas terlebih dahulu agar dapat menentukan spesifikasi produk yang hendak dijual. Dengan begitu, produk Anda jual akan cepat laku karena produk tersebut benar-benar dibutuhkan konsumen.

  1. Melihat Kekuatan Pesaing
news.indotrading.com

news.indotrading.com

Sudah menjadi rahasia umum, jika dunia bisnis dipenuhi para pesaing. Jumlah pesaing yang akan Anda hadapi tidak hanya satu orang, tetapi puluhan, bahkan ratusan orang, atau bahkan ribuan. Agar produk yang dijual mengalami perputaran, pahami betul kekuatan para pesaing, lalu bandingkan dengan kekuatan bisnis Anda.

Apabila daya saing bisnis Anda masih terlalu rendah, pikirkan strategi jitu seperti apa yang dapat diterapkan untuk memenangkan pasar. Dengan demikian, bisnis yang Anda geluti tetap berjalan lancar walaupun pesaing ada di mana-mana.

  1. Menjual Produk yang Berkualitas
news.indotrading.com

news.indotrading.com

Hal kecil yang sering diabaikan para pebisnis adalah kualitas produk. Tidak dapat dipungkiri, barang yang berkualitas memiliki harga jual yang cukup mahal sehingga sering kali menjadi bahan pertimbangan bagi konsumen sebelum membeli suatu produk. Namun, produk berkualitas memiliki umur ekonomis yang cukup lama sehingga dapat dipakai selama bertahun-tahun.

  1. Menuliskan Deskripsi Produk dengan Jelas
news.indotrading.com

news.indotrading.com

Jika Anda sudah memilih marketplace sebagai tempat berjualan. Yang harus paling Anda perhtikan adalah tuliskan deskripsi yang jelas, informatif, dan lengkap mengenai produk yang Anda jual agar konsumen mengetahui gambaran kasar dari produk tersebut sebelum memutuskan untuk membeli. Jika hal itu tidak dilakukan bisa maka produk Anda akan kalah saing oleh produk lain yang mungkin sama dengan produk yang Anda jual.

  1. Menambahkan Foto Produk yang Real
news.indotrading.com

news.indotrading.com

Karena berjualan online itu memiliki keterbatasan, diantaranya calon pembeli tidak dapat melihat secara real atau langsung. Maka dari itu pastikan gambar produk yang Anda cantumkan sesuai dengan produk aslinya agar konsumen tidak kecewa saat produk tersebut sampai di tangan mereka. Dengan demikian, toko online milik Anda akan dipercaya para konsumen.

  1. Memberikan Fasilitas yang Memadai
news.indotrading.com

news.indotrading.com

Bukan hanya toko ofline saja yang harus memberikan fasilitas memadai untuk para konsumennya. Toko online pun wajib hukumnya memberikan fasilitas yang memadai. Fasilitas yang dimaksudkan dalam toko online adalah kemudahan-kemudahan yang diberikan oleh toko online. Entah itu dari segi transaksi, pengembalian barang, ataupun biaya pengiriman. Agar toko online milik Anda tidak kalah bersaing, sediakan segala kemudahan bagi para konsumen agar mereka bisa mendapatkan barang yang diinginkan dengan mudah pula tanpa hambatan sedikit pun.

Dari ketujuh tips berjualan online yang dipaparkan di atas, satu hal yang jangan sampai terlewatkan, bangunlah komunikasi yang baik dengan konsumen. Karena terkadang hal sepele namun berdampak besar inilah yang diabaikan oleh banyak penjual sehingga ditinggalkan oleh para customer.

Beberapa tahun belakangan ini bisnis sistem economy sharing seperti marketplace banyak dinikmati oleh masyarakat. Hal ini tidak hanya menguntungkan pemilik website saja, melainkan membantu perekonomian lainnya. Selain itu marketplace merupakan wadah bagi para pebisnis online untuk menjajakan produk yang dijualnya dengan lebih mudah, aman, dan menguntungkan. Agar berbisnis di marketplace mendulang kesuksesan, lakukan tips-tips di atas dengan benar. Jangan lupa juga untuk selalu berinovasi pada strategi pemasaran dan produk yang dijual agar tidak kalah bersaing dengan toko online yang lain.

Semoga tips berjualan online ini membantu Anda menang dalam bersaing di era industri 4.0 ini.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
WordPress Image Lightbox Plugin