Insight

13 Bagian – bagian Mesin Bubut dan Jelaskan Fungsinya

bagian bagian mesin bubut

Perkembangan teknologi membuat banyak orang melakukan inovasi pada berbagai penggunaan alat di bidang industri. Salah satunya adalah pembuatan dan penggunaan mesin bubut yang sangat beragam dan bermanfaat. Ada banyak bagian-bagian mesin bubut beserta fungsinya yang perlu Anda ketahui.

Banyak orang yang sudah mengerti dan paham apa saja kegunaan dan bagian dari mesin bubut itu sendiri. Alat ini pada umumnya bekerja untuk memotong, memahat, atau membuat bubutan pada segala jenis benda. Baik itu benda logam, kayu, besi, dan beberapa jenis bebatuan.

Apa itu Mesin Bubut?

bagian bagian mesin bubut 1

https://selmach.com/

Mesin bubut sering digunakan pada industri pembuatan bahan bubutan, yang berguna untuk memahat, memotong, dan membuat bubutan dari berbagai bahan atau material. Banyak orang yang menggunakan mesin ini baik untuk konteks produksi maupun reparasi suatu barang dan material.

Dalam mesin bubut terdapat beberapa komponen yang perlu Anda ketahui dan memiliki fungsi yang berbeda-beda. Tentunya setiap mesin akan mengandalkan pada komponen putar yang tersusun pada mesin itu sendiri. Cara kerjanya juga cukup mudah dan simpel untuk diaplikasikan.

Baca juga : Pengertian Mesin CNC, Jenisnya dan Fungsi yang Mesti Diketahui

Bagian-Bagian dari Mesin Bubut

 

bagian bagian mesin bubut 2

http://www.mydaycnc.com/

1. Kepala Tetap

Di bagian ini akan memiliki poros spindle mesin dengan fungsi sebagai dudukan cekam. Ketika poros ini berputar maka cekaman ini akan ikut berputar bersamaan yang memiliki sabuk dan puli untuk menghubungkannya dengan motor penggerak.

Perubahan arah putar dan kecepatan mesin bisa saja terjadi karena adanya puli yang terhubung dengan poros spindle. Untuk menghubungkannya bisa dilakukan menggunakan roda gigi transimisi dalam kotak gigi. Putaran harus selalu berlawanan arah dengan mata pisau alat potong yang sedang digunakan.

2. Bagian Motor Penggerak

Anda bisa menjumpai bagian ini yang berada tepat di bawah gearbox atau tempat gigi dan kepala tetap. Fungsi utama dari bagian ini adalah untuk mengubah energi listrik yang dihasilkan menjadi energi mekanik. Maka nantinya semua komponen yang ada bisa bergerak pada mesin.

3. Sisi Tuas/Handle

Setiap mesin bubut pasti memiliki tuas atau handle yang memiliki jenis berbeda pada setiap mesinnya. Bahkan cara penggunaannya juga bisa disesuaikan oleh pengguna dengan menggunakan table yang menempel pafa mesin. Fungsi yang dimilikinya juga sangat kompleks antara lain:

  1. Untuk mengatur kecepatan yang ada pada spindle
  2. Untuk memberikan pengaturan arah pemakanan
  3. Menyalakan kemudian mematikan mesin
  4. Mengatur kecepatan pemakanan dengan otomatis
  5. Mengatur penguliran
  6. Mengatur arah putaran spindle

4. Tombol Emergency Stop

Secara umum tombol ini memiliki fungsi penting bagi beberapa mesin. Tidak ada yang tahu kapan hal buruk bisa terjadi ketika Anda atau siapapun mengoperasikan mesin. Maka, Anda akan membutuhkannya pada situasi emergency.

5. Tail Lock

Kegunaan alat ini adalah untuk menahan ujung benda kerja yang sedang dibubut, atau sebagai penahan dudukan bor ketika sedang digunakan. Operator bisa dengan mudah mengunci dan menggeser bagian ini ketika digunakan.

6. Eretan/Carriage

Bagian-bagian mesin bubut yang penting lainnya adalah eretan dengan fungsi sebagai alas pada mesin. Membuat benda apapun yang akan dibubut bisa dipotong dengan mudah. Terdapat beberapa jenis yang bisa disesuaikan dengan penggunaannya.

7. Dudukan Pahat

Bagian dudukan sebenarnya berada pada bagian atas eretan yang kemudian memiliki fungsi menjepit bagian pahatan. Membuat proses menjadi lebih mudah dan akurat ketika dilakukan oleh operator. Dudukan ini dibagi menjadi dua, yaitu standard tools dan adjustable tools.

8. Lampu Penerangan

Operator tentu membutuhkan konsentrasi yang tinggi ketika menggunakan alat ini, khususnya untuk mencegah terjadinya kecelakaan. Maka, lampu penerangan ini sangat penting kegunaannya jika Anda harus bekerja di tempat yang lumayan gelap.

9. Pendingin/Selang Coolant

Pendingin akan dibutuhkan selama proses pemotongan atau pemangkasan. Nantinya, dari selang ini akan disemprotkan cairan yang berfungsi untuk menstabilkan suhu alat potong. Ketika dirasa sudah sangat atau terlalu panas maka operator biasanya akan menggunakan selang ini.

10. Alas Mesin

Bagian alas memiliki fungsi sebagai tumpuan gaya pemakanan ketika proses dilakukan. Bentuk dari alat ini sangat bermacam-macam yang kemudian memiliki ketinggian tertentu ataupun datar.

11. Poros Pembawa/Transporter

Poros ini menjadi bagian poros berulir yang berada di bawah eretan alas dan berbentuk seperti trapesium. Poros ini nantinya akan memiliki fungsi untuk membawa eretan secara otomatis terutama ketika proses pembuatan berlangsung.

12. Alat Pencekam

Kegunaan utama dari bagian atau alat ini adalah sebagai bagian yang digunakan untuk mengikat benda yang keras. Proses pembubutan akan membutuhkan pegangan yang kuat agar hasil dan akurasi bisa didapatkan.

13. Rem Kaki

Jika Anda menjadi seorang operator maka akan membutuhkan bagian ini untuk menghentikan proses. Tentunya putaran mesin bisa dihentikan kapan saja ketika Anda mengatur rem kaki yang bahkan digunakan dalam keadaan darurat.

Baca Juga: Rekomendasi 10 Merk Mesin Potong Rumput Terbaik

Di Mana Anda Bisa Menemukan Mesin Bubut Terbaik?

bagian bagian mesin bubut 3

Siapapun bisa mendapatkan produk terbaik jika berbelanja di Indotrading. Platform B2b e-commerce yang satu ini menyuguhkan berbagai barang yang berasal dari penjual, supplier, dan distributor ternama juga terpercaya. Anda bisa memastikan jika semua barang yang dibeli aman dan berkualitas tinggi.

Tidak perlu khawatir untuk mencari mesin bubut di Indotrading dengan berbagai kelebihannya. Semua bagian-bagian mesin bubut yang dijual sudah dipastikan aman dan terpercaya. Anda bisa mencoba untuk mencari dan membeli mesin bubut di indotrading.

Selain itu, Indotrading juga memberikan jaminan bagi pembelinya untuk memiliki kualitas barang yang terbaik dengan transaksi aman. Anda tidak perlu takut untuk berbelanja di sini karena semua transaksi dijamin aman dan berdasarkan review terbaik dari pelanggan demi memajukan usaha Anda.

Selain mengetahui bagian-bagian mesin bubut, kegunaan mesin bubut yang sangat penting ini mengharuskan Anda untuk mencari mesin yang terbaik. Maka dari itu, Anda perlu mencoba membeli di Indotrading dengan berbagai jaminan yang ditawarkan.

To Top