Bisnis

5 Peluang Bisnis Rumahan yang Dijamin Menguntungkan

Sudah menjadi kenyataan yang tak bisa dipungkiri, bila biaya kebutuhan hidup manusia saat ini akan selalu meningkat dari waktu ke waktu. Berbagai strategi yang dijalankan pemerintah untuk mengupayakan penurunan biaya pangan dan lainnya masih saja tidak membuahkan hasil. Parahnya lagi, kondisi ini menjadikan masyarakat dengan pendapatan di bawah standar menjadi lebih kekurangan. Apa lagi bagi mereka yang belum mempunyai pekerjaan tetap. 

Hidup di era yang serba cepat seperti sekarang, memang dibutuhkan upaya-upaya ekstra untuk bisa menunjang kehidupan yang lebih baik. Salah satunya dengan membangun peluang usaha yang dapat dilakukan di rumah. Faktanya saat ini telah banyak sekali rumah tangga yang memaksimalkan bisnis kecil-kecilan mereka di rumah, dan berujung kepada hasil untung yang lebih besar dibandingkan bekerja kantoran. Anda pun bisa memanfaatkan teknologi untuk menyalurkan produk-produk Anda secara online untuk menghemat biaya lebih banyak. Apa saja contoh peluang bisnis rumahan yang menjanjikan? Simak langsung 5 contohnya berikut ini:

1. Katering

Buat Anda yang mungkin hobi dengan masak-memasak atau antusias di bidang kuliner, membangun usaha katering sangatlah menguntungkan. Namun perlu diingat, membangun bisnis katering tak melulu untuk Anda yang jago masak saja. Anda bisa membangun tim yang profesional soal memasak, dan Anda hanya butuh merancang konsep bisnis katering yang diinginkan. Satukan segala visi, misi dan etos kerja yang baik dalam tim Anda dan bangunlah semuanya secara bertahap. 

2. Jualan Barang Online

Seperti yang dikatakan, keberadaan teknologi canggih seperti sekarang bisa dijadikan aset berharga untuk Anda yang ingin membangun usaha dalam modal kecil. Seperti berjualan baju, sepatu, aksesoris, makanan dan sebagainya secara online. Jika ingin lebih praktis, Anda bisa memanfaatkan berbagai platform marketplace yang saat ini telah banyak tersedia secara gratis.

3. Freelancer

Ada banyak sekali pilihan bidang untuk menjadi seorang freelancer. Bila Anda pandai menulis, Anda bisa membangun sebuah blog pribadi dan menjadikannya alternatif untuk membuka jasa content writer. Ada juga freelance fotografer yang mungkin tidak sepenuhnya digolongkan sebagai bisnis rumahan, tapi Anda bisa menjadikan rumah sebagai kantor atau studio foto. Atau bila Anda tertarik dengan dunia desain grafis atau content creator, Anda bisa membuka jasa pembuat konten dengan berbagai macam topik seperti beauty and health, tips & tricks, tutorial DIY dan sebagainya.

Baca Juga: Asal Muasal Maraknya Bisnis Minuman Thai Tea di Indonesia

4. Laundry

Jangan menyepelekan bisnis satu ini. Banyak sekali orang-orang yang memiliki kegiatan padat di luar rumah yang akhirnya membuat mereka tidak sempat untuk mencuci pakaian sendiri. Nah, inilah kesempatan emas Anda untuk membangun usaha jasa laundry di rumah. Terlebih lagi bila Anda tinggal di kawasan yang cukup ramai seperti perumahan atau dekat dengan kos-kos mahasiswa yang biasanya sangat membutuhkan jasa laundry. Untuk mencapai pasar mahasiswa, Anda bisa mentarifkan biaya mencuci per kilogram yang tentu sangat menarik perhatian mereka. Bila Anda belum memiliki modal cukup untuk membeli banyak mesin cuci dan pengering pakaian, Anda bisa mengandalkan jasa agen laundry lain terlebih dahulu.

 5. Penyewa Kamar

Apakah Anda mempunyai sisa kamar lebih di rumah yang tidak terisi? Jangan salah, kamar kosong di rumah Anda sangat bisa menjadi peluang untuk berbisnis. Anda bisa menjadikannya untuk sewa kos bulanan atau tempat menginap harian. Akan sangat beruntung sekali bila Anda tinggal di kota yang populer dengan berbagai tempat wisata seperti di Bali, Jogja, Bandung atau Lombok. Untuk bisa menjangkau target pengunjung, Anda bisa mendaftarkan kamar kosong di rumah melalui aplikasi-aplikasi travel dan hotel yang saat ini sudah banyak tersedia.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top