Berita

Musim Menikah, 5 Pekerjaan Sampingan Ini Bakal Laris Manis

pekerjaan sampingan di musim nikah

Musim menikah ternyata tidak hanya menjadi momen bahagia untuk para pasangan yang menikah saja, tapi juga orang lain yang tidak menikah. Lho, maksudnya gimana? Ternyata, musim menikah bisa membuka pintu rezeki untuk orang-orang yang butuh pekerjaan sampingan. Kebanyakan calon pasangan yang hendak menikah akan melibatkan jasa orang lain untuk bisa membantu keberlangsungan momen indah mereka. Mulai dari pengurus acara, dokumentasi, perancang busana dan lain-lainnya. Walaupun bisa saja mereka hanya mengandalkan bantuan dari pihak saudara atau keluarga, tapi membagikan rezeki kepada orang lain, tentu menjadi hal yang baik bukan? 

Kira-kira pekerjaan sampingan seperti apa yang bakal laris manis di musim menikah? Simak 5 contohnya, yuk!

     1. Freelance Fotografer

fotografer sebagai pekerjaan sampingan

Keuntungan menjadi seorang freelance fotografer, tak hanya karena memiliki kebebasan waktu saja, tapi juga penghasilan yang bahkan bisa lebih besar ketimbang bekerja secara terikat (kantoran). Terutama di saat musim nikah, biasanya upah yang diperoleh untuk mengabadikan momen indah bisa sangat menggiurkan lho! Jasa mereka akan diandalkan mulai dari momen pra-nikah, akad nikah hingga resepsi. Menjadi freelancer fotografer, Anda memiliki waktu yang lebih fleksibel tanpa harus mengganggu jam-jam kantor. Karena kebanyakan acara nikah dijadwalkan saat akhir pekan. Rata-rata untuk foto pra-nikah bisa mencapai 2 juta Rupiah hingga 5 juta Rupiah. Bahkan di saat momen menikah hingga resepsi bisa mencapai di atas 5 juta! Menarik, kan?

Baca juga: 5 Pekerjaan Freelance yang Menjanjikan bagi Ibu Rumah Tangga

     2. Freelance Videografer

videografer

Zaman dengan serba publikasi yang blak-blakan terutama di media sosial, biasanya akan lebih menarik jika tidak hanya mengunggah foto saja, tapi juga video. Untuk para pengantin, seringkali mereka merekrut fotografer sekaligus videografer untuk mengabadikan momen spesial mereka. Sama halnya dengan fotografer, jasa freelance videografer juga bisa memperoleh pendapatan yang sangat lumayan. Apalagi proses pembuatan video cenderung memakan waktu lebih lama dibandingkan foto. Umumnya, jasa freelancer videografer diupahi dengan kisaran 4 hingga belasan juta Rupiah.

     3. Make Up Artist (MUA)

pekerjaan sampingan MUA

Saat menikah, siapa sih yang tidak ingin terlihat menawan? Inilah kesempatan emas untuk Anda yang memiliki pekerjaan sampingan sebagai penata rias, atau bahasa kekiniannya dikenal dengan sebutan MUA (Make Up Artist). Jadi, buat Anda yang menekuni atau memiliki skill di bidang ini, dijamin Anda akan kebanjiran job saat musim nikah! Terutama bila Anda termasuk orang yang berpengalaman dan memiliki banyak portofolio, bisa-bisa Anda semakin terkenal dengan biaya jasa yang juga semakin wah. 

     4. MC

master of ceremony

Buat Anda yang pandai berbicara di depan umum, atau mempunyai skill mumpuni di bidang public speaking, kesempatan menjadi MC (Master of Ceremony) pada musim nikah bisa menjadi peluang besar untuk memperoleh uang tambahan. Apalagi modalnya juga simpel, hanya dengan pandai berbicara dan percaya diri saja. Yang penting Anda bisa membawa suasana sakral terasa hangat, akrab dan penuh dengan kekeluargaan. Jika sudah begini, bayaran Anda sekali acara bisa mencapai belasan juta lho. 

     5. Penyanyi atau Organ Tunggal

penyanyi

Jangan lupa, ada satu pekerjaan sampingan yang juga bisa kecipratan job saat musim nikah, yaitu penyanyi atau organ tunggal. Yup, buat Anda yang memiliki suara indah alias bakat bernyanyi, Anda bisa menjadikannya sebagai pekerjaan sampingan. Di momen yang indah dan sakral, para pengantin tentunya mengharapkan suasana yang dapat menghibur para tamu mereka. Maka itu, jasa penyanyi atau organ tunggal akan sangat dicari untuk membantu memeriahkan acara. Dari segi penghasilan, semuanya tergantung dari pengalaman dan performa Anda. Jika sudah memiliki banyak jam terbang, tak mustahil untuk Anda memperoleh upah yang berlimpah. 

Baca juga: Cara Ampuh Mengusir Bosan dalam Menjalankan Bisnis Online

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top