Insight

10 Produk Detektor Gas Berteknologi Canggih dan Terbaik di Kelasnya

detektor gas

Gas merupakan suatu bentuk benda selain cair dan padat. Biasanya gas berwujud transparan dan bisa memenuhi ruangan dalam bentuk apapun. Jika gas diletakkan di sebuah ruangan maka akan ada tekanan yang terjadi pada dinding. Volume gas sendiri sangat menyesuaikan dengan tempatnya. Adanya sifat gas tersebut maka sangat penting memiliki alat detektor gas agar ruangan tetap aman saat menggunakan gas sebagai bahan yang dimanfaatkan sehari-hari.

Apa Arti Detektor Gas?

Alat yang merupakan detektor untuk gas ini bisa diartikan sebagai alat yang berfungsi untuk mendeteksi adanya gas di suatu ruang atau tempat. Biasanya, pendeteksi gas ini digunakan oleh berbagai bagi instansi/perusahaan yang erat kaitannya dengan kondisi rawan terjadi kebocoran gas. Misalnya saja, suatu dapur pada restoran atau rumah makan yang biasanya memakai gas untuk memasak, kilang minyak, pabrik/perusahaan yang memakai bahan bakar gas untuk mengoperasikan mesin, dan lain sebagainya.

Pentingnya Menggunakan Gas Detektor

Gas memang menjadi kebutuhan penting, karena gas mampu menyatu dengan udara serta tidak mudah terdeteksi oleh manusia. Maka, detektor inilah yang dapat mendeteksi kebocoran gas sejak dini sehingga bisa mencegah kebakaran maupun keracunan gas. Inilah mengapa, perangkat yang satu ini sangat penting terutama bagi perusahaan atau instansi yang berkaitan dengan bahan bakar gas.

Cara Kerja Detektor Gas

Detektor ini akan melakukan analisa terhadap gas yang berbahaya di dalam sebuah ruangan, misalnya saja mampu mendeteksi adanya gas berbahaya yang mudah terbakar. Adapun gas yang bisa terdeteksi yaitu gas yang beracun, penipisan kandungan oksigen atau meningkatnya karbon dioksida, serta gas yang bisa memicu api.

Detektor biasanya dipasang dan dihubungkan pada sistem kontrol atau juga bisa dihubungkan pada alarm, atau lampu tanda bahaya. Jadi, pada saat adanya kebocoran atau kekacauan pada gas, maka semua orang yang mendengar alarm ini bisa langsung segera keluar dari ruangan untuk menyelamatkan diri. Dengan adanya alat detektor, tentu saja kemungkinan-kemungkinan buruk akan bisa dihindari seperti kebakaran atau keracunan gas yang berpotensi menyebabkan kematian.

Rekomendasi Detektor Gas Terbaik untuk Berbagai Kebutuhan

Karena fungsinya sangat luas, maka jenis gas detector yang beredar di pasaran pun juga sangat beragam. Detektor untuk gas pada industri rumah tangga tentu akan sangat berbeda dengan detektor pada pabrik atau perusahaan kilang minyak. Nah, kami menawarkan kepada anda beberapa detektor terbaik untuk mendeteksi gas yang dapat dipesan secara langsung untuk berbagai kebutuhan Anda.

1. BW Siaga Micro Clip Xt

Desain yang dibuat tampak ramping ini, menjadikan BW Siaga Micro Clip XT sebagai detektor gas yang simple dan mudah digunakan. Bagaimana tida, BW Siaga Micro Clip Xt didesain ergonomis dengan satu tombol sehingga mudah digunakan dan meminimalisasi kesalahan operasional saat digunakan. Seri ini juga sudah memiliki interface navigasi yang lebih mudah daripada generasi yang sebelumnya. Selain itu, alat ini juga dilengkapi dengan monitor yang dapat menampilkan visual detektor saat berfungsi.

2. Max XT II

Detektor seri Max XT II ini merupakan solusi untuk mendeteksi kebocoran gas di area kerja Anda yang mudah meledak dengan cara menyedot gas berkat teknologi smartsample pump-nya. Alat ini dapat mendeteksi hingga empat gas sekaligus yaitu berupa H2S, CO, O2, dan LEL. Selain itu, Anda juga tidak perlu khawatir, sebab detektor ini sudah mengantongi sertifikat resmi dari BW Technologies by Honeywell sehingga kualitas yang ditawarkan tidak perlu diragukan lagi!

3. Detektor DK-G60

Detektor K-G60 adalah jenis detektor yang digunakan untuk mendeteksi konsentrasi gas yang mudah terbakar atau beracun. Jika konsentrasi gas mencapai atau melebihi nilai alarm preset, maka pengontrol akan menghidupkan alarm. Alat ini dilengkapi dengan sinyal yang cukup stabil, sistem akurasi yang tinggi, polarisasi yang pendek, respons yang cepat, menjadikan detektor tetap DK-G60 diandalkan untuk industri besar seperti metalurgi, minyak bumi, dan bahan kimia lainnya.

4. Honeywell Ezsense

Detektor Honeywell Ezsense merupakan detektor gas yang dapat mendeteksi adanya gas alam, gas butana, propane, LPG dan LNG pada sebuah area. Dilengkapi alarm dan lampu LEDberwarna kuning dan merah guna memberitahukan saat terdapat kebocoran gas. Tidak seperti yang lainnya, detektor ini tidak memerlukan kalibrasi karena sudah dilengkapi dengan sensor katalitik. Gunakan alat ini untuk identifikasi sumber kebocoran di pipa, fitting, katup, tangki penyimpanan gas silinder dan pemanas air panas!

5. Detektor Gas ND 104N LPG Shun Woo

Nah, untuk mendeteksi kebocoran gas di rumah Anda, tak perlu ragu memilih Detektor Gas ND 104N LPG Shun Woo! Sebab, detektor gas ini sangat cocok untuk diguanakan pada industri rumah tangga karena memiliki akurasi yang tinggi dalam mendeteksi adanya kebocoran gas LPG. Selain bisa digunakan untuk dapur rumah, alat ini juga cocok dipakai untuk mendeteksi kebocoran gas di industri rumah makan atau restoran.

6. Amprobe GSD60D

Gas detektor yang satu ini sangat mahir mendeteksi keberadaan gas prophane dan metana dalam suatu ruangan. Alat ini dilengkapi dengan sistem kontrol otomatis sehingga bisa memberitahu dan menunjukkan letak kebocoran gas. Dilengkapi dengan lima level alarm LED yakni >40, >80, >160, >320, dan >640 ppm untuk menimbulkan peringatan maksimal. Jika Anda menginginkan setting bisu, alat ini juga dilengkapi dengan jack earphone internal.

7. Horing AH 0822

Untuk mendeteksi kebocoran gas yang terjadi di berbagai industri besar seperti pabrik-pabrik, lokasi pertambangan, maupun pada kilang minyak, Horing seri AH 0822 merupakan pilihan yang tepat. Sebab, alat ini memang dirancang untuk mendeteksi berbagai gas pada skala besar.

8. Dreager

Dreager merupakan gas detector yang didesain secara ergonomis namun dengan fungsi yang dahsyat. Pasalnya, alat ini dapat mendeteksi hingga enam jenis gas dengan bantuan teknologi sensor infra-merah yang inovatif. Selain gas, alat ini juga dapat mendeteksi gas beracun dan kadar oksigen secara akurat, membuatnya ideal untuk digunakan untuk berbagai aplikasi, baik untuk keperluan rumah hingga industri berskala besar.

9. Sonochek

Alat detektor gas Sonochek ini bisa mendeteksi adanya kebocoran  pada sistem tekanan udara dan gas industri. Berkat teknologi ultrasound-nya, alat ini mampu mendeteksi dan mengklasifikasi kebocoran pada konduksi, pipa, dan titik-titik sambungan melalui dua fitur utamanya yaitu sonolevel dan sonoleak.

Sonocheck merupakan fitur yang memungkinkan sistem perangkat merekam semua data kebocoran gas untuk kemudian diubah dalam bentuk digital. Terakhir adalah fitur sonoleak yang berfungsi untuk menganalisis dan mengkasifikasikan tingkat urgensi kebocoran gas ke dalam 5 level. Sehingga, informasi yang didapat melalui alat ini cukup lengkap.

10. Hydrogen Sulfide H2S Gas Detector

Terkahir adalah alat uji deteksi kebocoran gas Hidrogen Sulfida (H2S) yang memiliki tingkat sensor dan presisi tinggi yang tinggi, stabilitas kuat, dapat melihat data secara nyata. Alat ini dilengkapi dengan tiga mode alarm berupa suara, cahaya, dan getaran. Dibuat dari bahan ABS dengan yang dikenal sebagai bahan yang tahan lama, kedap air, tahan debu dan terhadap ledakan. Alat ini dipersenjatai dengan teknologi kontrol kontrol mikro 8-bit mainstream mencapai tingakt akurasi 0-100ppm dengan resolusi 0,1ppm.

Baca juga : Kenalan Lebih Jauh dengan Lampu LED, Jenis Lampu Hemat Energi dan Ramah Lingkungan

Dimana Mencari Supplier Detektor Gas Terbaik?

Nah, jika Anda sedang mencari detektor gas untuk segala kebutuhan, rekomendasi di atas bisa Anda gunakan sebagai referensi! Namun, jika Anda menginginkan produk yang lain, Anda bisa mencarinya di website Indotrading, karena masih banyak produk detektor gas yang bisa Anda pilih dan sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Selain itu, melalui website kami, Anda juga bisa temukan berbagai supplier detektor gas terbaik dan terpercaya di seluruh Indonesia!

To Top