Economy and Business

5 Tips Memulai Bisnis Kos-Kosan Yang Profitabel

bisnis kos-kosan

Bisnis properti memang merupakan lahan bisnis yang menawarkan segudang kesempatan yang menjanjikan, termasuk bisnis di bidang kos-kosan. Bisnis kos-kosan kini kian diminati banyak orang sebagai investasi jangka panjang yang sangat menggairahkan, apalagi di kota-kota industri ataupun pelajar sehingga bisa menjadi pilhan yang tepat bagi kamu yang ingin mengepakkan sayap di bidang bisnis properti.

Walaupun terlihat sangat menarik dan menggiurkan, namun kamu tentunya perlu perencanaan dan strategi yang matang agar bisnismu lancar, kos-kosanmu banyak dilirik orang, dan tentunya akan berkelanjutan. Nah, jika kamu masih ragu untuk memulai, kamu bisa membaca beberapa hal berikut ini mengenai tips dalam memulai bisnis kos-kosan yang profitabel.

1. Pilih Lokasi yang Tepat dan Strategis

bisnis kos-kosan

Hal yang sangat esensial untuk kamu perhatikan sebelum memulai bisnis kos-kosan adalah memilih lokasi yang tepat, strategis, dan sesuai pangsa pasar yang kamu incar. Kos-kosan ini biasanya banyak sekali dicari oleh para mahasiswa ataupun para pekerja yang datang dari daerah lain, merantau untuk mengeyam pendidikan ataupun mengais rejeki.

Oleh karena itu, ada baiknya kamu melakukan survei lokasi terlebih dahulu dan lihat seberapa besar pasar yang bisa kamu incar. Jika target pasarmu adalah mahasiswa, tentunya usahakan lokasi agar dekat dengan deretan kampus, begitu jug ajika target pasarmu adalah karyawan, kamu harus memilih lokasi yang dekat dengan area perkantoran. Perhatikan juga aksesibilitasnya, pastikan kos-kosna terletak di daerah yang gampang diakses dan dekat dengan beragam pelayanan publik, supermarket, dan tempat makan.

2. Berikan Harga yang Bersaing

bisnis kos-kosan

Setelah kamu menemukan lokasi yang tepat dan mulai mempersiapkan pembangunan kos-kosanmu, saatnya kamu untuk mulai untuk mempertimbangkan harga yang akan kamu patok untuk propertimu tersebut, karena harga biasanya menjadi faktor nomor wahid yang akan menentukan apakah calon penghuni akan tinggal di propertimu atau tidak.

Cobalah untuk melakukan survei pada penyedia kos-kosan lainnya yang berada di sekitar lokasi propertimu serta melihat harga pasaran yang ada di daerah tersebut. Usahakan harga yang kamu tawarkan tak terlalu jauh dari ambang batas pasaran, agar tetap kompetitif, kecuali kamu berani menawarkan berbagai fasilitas eksklusif untuk memanjakan penghuni.

3. Pastikan Seluruh Ruangan Bersih, Aman, dan Nyaman

bisnis kos-kosan

Faktor kebersihan dan kenyamanan bangunan pasti selalu masuk kedalam daftar konsiderasi para calon penghuni ketika akan memilih tempat kos yang akan mereka tinggali. Kamu sebaiknya memastikan bahwa bangunan kosan tetap terawat dengan melakukan perawatan yang rutin agar dinding kosan tidak kusam dan lantai-lantai kosan tidak banyak noda. Kamu bisa menyewa asisten rumah tangga yang dapat terus menerus mengontrol dan menjaga kebersihan kos.

Soal faktor keamanan, kamu bisa menawarkan fasilitas CCTV yang terpasang di setiap sudut ruangan dan di area parkir untuk menjadi sumber pengawasan. Sebagai tambahan, kamu juga bisa merekrut penjaga kos atau pihak keamanan yang bisa memastikan dan meyakinkan para penghuni bahwa keamanan di propertimu akan selalu tetap terjaga. Dengan begitu, para penghuni akan loyal dan merasa nyaman menghuni bangunan kosmu.

4. Tawarkan Fasilitas yang Mumpuni

bisnis kos-kosan

Fasilitas yang disediakan oleh kos memang kerap menjadi pemikat yang membuat para calon penghuni jatuh hati. Hal ini tergantung dari jenis pangsa pasar yang akan kamu incar, misalnya jika kamu memiliki banyak kamar kos dan mengincar karyawan menengah keatas, ada baiknya kamu menyediakan fasilitas parkir yang luas, baik untuk motor maupun mobil, yang dapat menunjang mobilitas dan agar mereka dapat keluar masuk dengan nyaman.

Selain itu, hal yang biasanya juga disorot ketika para calon penghuni melakukan survey kostan adalah keberadaan wifi dan fasilitas kamar mandi yang bersih. Pastikan wifi yang kamu sediakan dapat menjangkau seluruh ruangan dan memiliki koneksi yang cepat dan juga pastikan fasilitas kamar mandi tetap bersih dan terjaga. Selain itu, jika perlu, kamu pun bisa menyediakan fasilitas-fasilitas lainnya, seperti catering, laundru, dan lain sebagainya. Dengan begitu, kamu bisa memenangkan persaingan pasar.

5. Gencar Lakukan Promosi dan Pemasaran

bisnis kos-kosan

Setelah perencanaan, pembangunan, dan penataan dipersiapkan dengan baik dan sudah rampung, saatnya kamu melakukan promosi dan pemasaran besar-besaran atas property yang akan kamu sewakan. Kamu bisa mempromosikan kos-kosanmu dengan menyebarkan brosur di berbagai tempat, mempromosikannya di beragam platform media sosial, serta tentunya menjajalkannya di aplikasi-aplikasi pencari kos dan properti, seperti MamiKost, Kost Hunt, dan lain sebagainya.

Selain itu, kamu pun bisa menyediakan promosi atau potongan harga bagi penghuni kost pertama atau untuk beberapa penghuni terpilih. Hal itu tentunya akan menjadi magnet tersendiri agar bisa membuat tempat kosmu dilirik banyak orang. Satu lagi hal yang patut kamu perhatikan adalah memastikan bahwa nomor kontak yang dicantumkan bisa dijangkau setiap saat, mengetahui semua informasi kos, dan tentunya ramah dalam menghadapi pelanggan agar calon penghuni pun merasa nyaman dan tertarik untuk tinggal di kos-kosanmu.

Baca juga: 5 Ide Bisnis Rumahan yang yang Cocok untuk Para Ibu Rumah Tangga

Memiliki bisnis kos-kosan memang menarik perhatian banyak orang, namun perencanaan bisnis dan pengelolaan properti yang buruk akan membuat kos-kosanmu tak laku. Oleh karena itu, kelima tips diatas bisa menjadi referensi yang berguna untuk kamu yang ingin memulai bisnis kos-kosan. Selamat berbisnis ya!

To Top