Tips dan Trik

Berikut Ukuran Selang Spiral dan Kegunaannya Sesuai Kebutuhan

ukuran selang spiral

Selang merupakan salah satu media untuk pemindahan atau transmisi air dalam proses pengolahan melalui saluran baik dibantu energi mekanik maupun secara gravitasi. Pada proses transmisi, keberadaan selang memegang peranan yang sangat vital, khususnya dalam suatu instalasi pengolahan air termasuk dalam menghitung kapasitas produksi. Dibandingkan saluran transmisi berupa pipa yang kaku, selang memiliki berbentuk saluran yang fleksibel.

Salah satu jenis selang yang umum digunakan sebagai transmisi adalah selang spiral atau spiral hose. Struktur selang ini sangat fleksibel sehingga dapat dipindah tempatkan tanpa merusak instalasi. Permukaan yang fleksibel terhadap tekanan menjadikan selang spiral tidak mudah pecah atau patah karena tekanan dari luar. Bentuk dan diameter selang spiral didesain agar tidak terpengaruh oleh kevakuman pompa.

Selang spiral didesain supaya bisa untuk pembuangan air yang bertekanan tinggi. Selang spiral terbuat dari paduan bahan PVC lunak dan keras. Umumnya, warna dari selang spiral adalah semi transparan. Dengan demikian, Anda akan dapat melihat pergerakan air di dalam selang tersebut. Bentuk lekukan pada selang spiral yang terlihat di dinding selang sebenarnya hanya ada pada bagian permukaan luar saja. Sedangkan pada bagian permukaan dinding di dalamnya sangat mulus. Jadi, air dapat mengalir dengan lancar di dalam selang spiral tersebut.

Fungsi Selang Spiral

ukuran selang spiral 1

Selang merupakan salah satu media transmisi untuk menyalurkan air maupun gas. Sama seperti selang dan pipa pada umumnya, selang spiral memiliki 2 fungsi utama, yaitu sebagai suction hose dan delivery hose. Selang spiral berfungsi sebagai selang penghisap atau suction hose yang artinya selang dapat ditempatkan untuk menghisap cairan. Sementara fungsi delivery hose atau selang dorong berarti selang dapat ditempatkan untuk mengirimkan cairan. Fungsi selang spiral lebih maksimal karena bisa bekerja pada transmisi yang memiliki tekanan air tinggi.

Keunggulan Selang Spiral

ukuran selang spiral 2

Jika dibandingkan selang-selang jenis lainnya, selang spiral memiliki beberapa keunggulan seperti:

  • Didesain khusus untuk aplikasi transmisi bertekanan tinggi
  • Diperkuat dengan bahan pvc keras berkualitas tinggi dan dilapisi bahan pvc lunak
  • Bisa diaplikasikan pada pompa hisap untuk mengalirkan air, pasir, hingga material padat yang berbentuk butiran
  • Tahan lama dan tahan terhadap temperatur, cuaca extrem, dan tingkat kelembaban yang tinggi.
  • Bisa digunakan di semua kondisi iklim
  • Tahan terhadap gesekan
  • Cocok digunakan untuk irigasi, pertambangan, konstruksi, dan beberapa aktivitas perindustrian
  • Memiliki variasi ukuran untuk pemakaian yang berbeda

Baca Juga: Cara Paling Mudah Menambal Tangki Air Fiber yang Bocor

Ukuran selang spiral dan Kegunaannya

ukuran selang spiral 3

Sebenarnya, setiap brand selang spiral memproduksi dengan ukuran selang spiral yang berbeda sesuai dengan target pasar masing-masing. Beberapa merek selang spiral juga tersedia dalam ukuran yang bervariasi untuk memudahkan konsumen memilih selang spiral sesuai kebutuhan. Namun, secara umum selang spiral memiliki ukuran diameter mulai dari 1 inchi. Beberapa merek selang spiral ada yang menyediakan ukuran selang spiral sangat besar sampai dengan 20 inchi.

Setiap ukuran selang spiral pasti memiliki fungsi dan aplikasi yang berbeda. Umumnya, selang spiral dengan diameter kecil berguna untuk keperluan pompa air dan beberapa instalasi alat rumah tangga seperti mesin cuci, gas LPG, dan air conditioner (AC). Sementara itu, ukuran selang spiral yang besar cocok digunakan untuk keperluan industri besar, irigasi, konstruksi, perkebunan, dan pertambangan.

Baca juga : Ketahui Jenis-jenis Pompa Air dan Rekomendasinya

Rekomendasi Selang Spiral

ukuran selang spiral 4

Bagi Anda yang ingin beli selang spiral, sangat disarankan untuk memilih produk-produk yang berkualitas. Beberapa rekomendasi berikut ini bisa Anda jadikan pertimbangan saat akan beli selang spiral.

1.  Selang Spiral Ducting

Selang spiral Ducting merupakan merek selang spiral asal china yang tersedia dalam berbagai ukuran selang spiral. Mulai dari 1 inchi, 1,25 inchi, 1,5 inchi, hingga 20 inchi. Selang ini memiliki desain warna transparan yang bervariasi, mulai dari putih, abu-abu, hingga merah muda. Setiap selang spiral juga tersedia dalam panjang yang berbeda, yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Selang ini memiliki daya tahan yang cukup mumpuni dengan harga yang relatif murah.

2. Selang Spiral Tebal Sansan

Selang Spiral Tebal Sansan merupakan produk selang spiral asal Indonesia. Untuk saat ini, selang spiral ini tersedia untuk ukuran mulai dari 1 inchi hingga 8 inchi. Selang ini sangat fleksibel dengan dinding yang tebal sehingga sangat cocok untuk berbagai instalasi rumah tangga. Untuk beli selang spiral ini, Anda bisa membeli sampai dengan ukuran selang spiral 50 meter. Harga yang dipatok umumnya harga per meter dan pastinya sangat terjangkau.

3. Mondea Spiral Hose

Mondea Spiral Hose merupakan salah satu selang spiral PVC yang sangat baik untuk digunakan dan diaplikasikan pada transmisi bertekanan tinggi. Selang ini sangat cocok untuk penyedotan dan pembuangan air. Mondea Spiral Hose adalah pilihan yang tepat bagi Anda karena diproduksi menggunakan mesin yang canggih dan modern. Bahan-bahan yang digunakan juga terbuat dari bahan baku PVC yang berkualitas tinggi. Selang spiral ini memiliki kekuatan impak dan ketahanan yang sangat tinggi sehingga cocok untuk aplikasi pada transmisi bertekanan besar.

Mondea Spiral Hose memiliki dinding bagian dalam yang mulus sehingga aliran yang akan selalu lancar. Saat ini, tersedia dalam beberapa ukuran selang spiral, yaitu 1 inchi, 1,25 inchi, 1,5 inchi hingga 6 inchi. Keunggulan produk Mondea Spiral Hose dibandingkan produk selang spiral lain adalah produk ini terbuat dari 100% bahan baku murni, sangat fleksibel, dinding bagian dalam mulus, kuat terhadap berbagai bahan kimia, dan tahan terhadap abrasi maupun korosi.

4. Selang Trilliun Spiral

Selang Trilliun Spiral merupakan selang PVC spiral yang sangat baik kualitasnya karena terbuat dari 100% bahan baku murni. Dinding bagian dalam selang spiral ini sangat mulus sehingga aliran air akan sangat lancar. Warna produk ini tersedia hanya biru saja dengan transparansi yang cukup sehingga pergerakan cairan di dalam selang dapat dilihat secara menyeluruh.

5. Selang Air Spiral Milliard

Selang air spiral milliard merupakan produk selang spiral yang teruji kualitasnya untuk mendorong atau menyedot air. Selang ini banyak digunakan untuk transmisi air di Indonesia karena kualitas dan daya tahannya sangat baik. Selain itu, selang air spiral ini dijual dengan harga yang relatif terjangkau.

Setelah Anda tahu fungsi, keunggulan, ukuran selang spiral, kegunaan, dan rekomendasinya, maka Anda tidak akan salah pilih ketika akan beli selang spiral. Tapi, untuk beli selang spiral Anda juga harus memperhatikan distributor atau suppliernya. Jangan mudah percaya dengan tawaran produk selang spiral dengan harga yang murah. Pastikan Anda hanya membeli produk selang spiral hanya dari supplier yang terpercaya.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Tangki Air untuk Cadangan Air Bersih

Indotrading.com merupakan platform supplier terbaik di Indonesia yang akan membantu Anda untuk mendapatkan produk berkualitas dari tangan pertama. Setiap supplier juga akan melayani Anda untuk pembelian selang spiral dalam partai besar. Tentunya, Anda akan mendapatkan potongan harga yang sangat menguntungkan untuk Anda. Maka dari itu, pastikan Anda hanya membeli selang spiral dan rekomendasi tangki air secara langsung melalui supplier yang telah terdaftar pada platform indotrading.com.

To Top