Insight

Cara Paling Mudah Menambal Tangki Air Fiber yang Bocor

cara menambal tangki fiber

Tangki air atau bak yang dibuat dari bahan fiber biasanya mudah bocor, apalagi jika kualitas bahannya kurang bagus. Untuk itu, Anda harus mengetahui bagaimana cara menambal tangki fiber dengan benar. Kebanyakan bak mandi atau tangki zaman sekarang memang dibuat dari bahan fiber.

Dalam mencegah atau menambal tangki dan bak mandi berbahan fiber ini, juga harus dilakukan sampai tuntas supaya tidak terjadi kebocoran di masa mendatang. Sebelum menambal bagian tangki yang bocor, sebaiknya Anda periksa dahulu bagian mana yang bocor dan harus diperbaiki.

Cara Menambal Tangki Fiber Bocor dengan Benar Hingga Tuntas

cara menambal tangki fiber 1

tangkifrp.com

Penambalan yang nanti Anda lakukan, caranya tergantung pada besar atau kecilnya bagian yang bocor pada tangki tersebut. Apabila bagian bocornya kecil maka bisa dilakukan dengan cara berikut ini:

Alat dan Bahan :

Siapkan alat-alat dan juga bahan berikut ini:

  • Lem silicon untuk aquarium
  • Pisau cutter

Langkah dan Cara :

  • Pertama-tama, kuras tangki atau bak kamar mandi terlebih dahulu lalu keringkan. Setelah itu Anda harus mengecek bagian mana yang bolong atau penyebab bocornya tangki. Kemudian bersihkan bagian itu dari semua kotoran lalu dikeringkan kembali.
  • Apabila bagian bocornya terlalu kecil maka Anda bisa menggunakan pisau cutter yang sudah disiapkan tadi. Tujuannya adalah supaya titik atau bagian bocornya bisa dibuat lebih lebar dan proses perbaikan titik tersebut bisa dilakukan dengan lebih mudah.
  • Ambil lem silikon yang biasa digunakan untuk akuarium. Kemudian tempelkan lem ke bagian tengah lubang atau di area sekitar lubang tersebut.
  • Jika sudah, maka Anda tinggal menunggu sampai lemnya kering. Dalam waktu lima menit saja biasanya bagian lem silikon ini bisa menggumpal. Baru setelah satu jam kemudian lemnya bisa benar-benar kering.
  • Setelah itu Anda bisa menggunakan cutter untuk memotong dan meratakan tonjolan lem yang terlihat tidak merata. Jika sudah maka tangki air bisa digunakan kembali.

Supaya hasil tambalannya semakin kuat maka Anda bisa mengisi lagi tangki sehari setelah tangki tersebut diperbaiki. Supaya airnya tidak merembes/meluap atau masuk ke bagian dalam struktur penyangga maka Anda bisa tambahkan lem silikon di pinggir tangki/bak.

Baca juga : 10 Rekomendasi Tangki Air untuk Cadangan Air Bersih

Cara Memperbaiki Tangki Fiber dengan Tuntas

cara menambal tangki fiber 2

garudajaya.com

Dalam menambal atau memperbaiki tangki fiber yang bocor sebaiknya Anda tidak menggunakan cat aquaproof, karena cat tersebut hanya untuk tembok yang bocor dan tidak terendam air. Sehingga metode tersebut kurang baik dan kurang pas dilakukan, pada tangki yang terendam air.

Untuk lebih tepatnya lagi, sebaiknya Anda menggunakan cat khusus untuk kolam yang biasa digunakan pada kolam yang terendam air. Cat kolam yang digunakan ini harus diaduk sebelum mulai digunakan, bisa dengan kayu atau apapun.

Aduk tersebut cat itu sampai seluruh bagiannya tercampur dengan warna yang lebih merata. Berikut ini cara mengecat bagian tangki yang bocor dengan cat kolam:

  1. Keringkan tangki fiber terlebih dahulu sampai benar-benar kering. Jika airnya sudah habis maka keringkan dengan menggunakan lap basah biasa atau lap kanebo supaya keringnya bisa benar-benar tuntas.

Kemudian Anda harus mengalihkan penampung air menuju ember plastik besar dengan menggunakan selang yang berasal dari keran.

  1. Setelah itu amplas bagian tangki fiber dengan memakai amplas yang halus, supaya catnya bisa menempel dengan sempurna. Anda bisa menggunakan amplas yang ukurannya 2000.
  2. Apabila tangki fiber sudah kering maka Anda bisa mulai mengecatnya dengan cat kolam tipis-tipis saja di lapisan yang pertama. Kemudian biarkan lapisan itu kering terlebih dahulu kurang lebih satu hari.

Pengeringan bisa menjadi lebih lama apabila posisi kamar mandi tidak terkena sinar matahari. Proses pengeringan ini harus benar-benar kering karena tangki ini akan terendam oleh air nantinya.

  1. Jika lapisan yang pertama sudah benar-benar kering maka cat kembali bagian tangki tadi dengan cat kolam lapisan berikutnya. Untuk lapisan yang kedua ini harus lebih tebal dari lapisan pertama. Lalu biarkan kolam mengering sampai setidaknya satu minggu.

Jangan menggunakan tangki tersebut selama satu minggu supaya bagiannya benar-benar mengering.

  1. Jika lapisan kedua sudah mengering kini saatnya untuk mengecat kembali untuk lapisan ketiga. Lapisan ini juga harus lebih tebal dari lapisan kedua. Biarkan kembali tangki sampai kira-kira 1,5 minggu dan jangan digunakan dahulu.
  2. Siram dengan air di permukaan tangki jika lapisan ketiga sudah benar-benar kering. Jangan lupa untuk mengusapnya dengan tangan, karena ada lapisan yang licin di bagian itu yang harus dihilangkan. Setelah itu keringkan kembali bak/tangki fiber kira-kira satu hari saja.
  3. Sehari kemudian tangki sudah bisa diisi kembali dengan air, lalu coba sentuh bagian dindingnya. Pastikan kembali tidak ada cat atau cairan licin yang menempel di sana. Apabila catnya mengelupas atau terkikis artinya cat itu belum benar-benar kering.

Untuk mencegah kebocoran pada tangki berbahan fiber maka sebaiknya Anda memilih jenis tangki yang kualitasnya benar-benar bagus, kokoh dan anti bocor. Supaya tangki bisa dilakukan dalam waktu lama dan Anda tidak harus menambalnya berulang kali.

Apabila Anda ingin mencoba beli produk tangki fiber yang baik kualitasnya, maka Anda harus membelinya di indotrading. B2B Marketplace dan supplier terbesar itu menyediakan segala jenis tangki fiber dalam berbagai merek dan harga yang terjangkau.

Pemesanan dan pengiriman yang cepat di Indotrading ini akan memudahkan Anda dalam memilih produk terbaik. Namun apabila Anda mengalami kebocoran pada tangki, maka Anda bisa menggunakan cara menambal tangki fiber yang bocor dengan cara-cara di atas.

To Top