Insight

Informasi Mengenai Manfaat Pasir Silika dan Ketahui Pengertiannya

manfaat pasir silika

Kegunaan pasir silika semakin dibutuhkan saat ini, khususnya dalam dunia industri dan konstruksi. Tentunya, pasir ini memiliki banyak kegunaan untuk siapapun yang menggunakannya dengan berbagai fungsi yang kompleks. Manfaat pasir silika paling sering digunakan pada bidang konstruksi.

Umumnya pengguna pasir silika mengaplikasikannya untuk mengurangi atau menghilangkan kandungan lumpur atau tanah dan sedimen pada air tanah. Selain itu penggunanya juga bisa mengaplikasikan pasir ini sebagai bahan campuran untuk pembuatan bahan semen.

Apa Itu Pasir Silika?

manfaat pasir silika 1

Pasir silika sering disebut sebagai pasir kuarsa di bidang industri, merupakan material tambang dan hasil pelapukan batuan dengan kandungan mineral utama kuarsa dan feldstar. Hasil pelapukan tersebut nantinya akan tercuci kemudian terbawa oleh air ataupun angin yang nantinya diendapkan di alam bebas.

Biasanya, pasir ini bisa ditemukan di beberapa tempat seperti tepian sungai, laut, dan danau. Pasir ini juga memiliki kandungan yang tergabung di dalamnya seperti SIO2, AI2O, CaO, FE2O3, TiO2, MgO, dan juga K20. Pasir silika memiliki sifat seperti berwarna putih bening, abu, kuning, merah, dan coklat.

Warnanya juga bergantung pada senyawa pengotor yang dimilikinya dan terbawa selama proses pengendapan terjadi. Senyawa pengotor akan mengandung zat oksida besi, kalsium, magnesium, alkali, lempung, dan zat organik yang berasal dari hasil pelapukan sisa-sisa hewan mati.

Manfaat Pasir Silika

manfaat pasir silika 2

1. Untuk Aquarium

Pasir silika ini bisa memiliki fungsi tersendiri bagi Anda yang memiliki koleksi ikan hias atau usahanya. Salah satunya adalah bisa dijadikan sebagai filter aquarium yang berguna untuk membersihkan kotoran ikan. Caranya adalah dengan memperangkap kotoran ikan dengan filter karbon tersebut.

Manfaat pasir silika ini sangat penting sehingga Anda tidak selalu membersihkan aquarium secara manual. Filter ini mengabsorbsi bahan kimia organic yang dikeluarkan oleh ikan sehingga dapat mengontrol bau dan warnanya. Pasir silika yang digunakan biasanya berwarna putih dan bisa menambah eksotisme.

2. Filter Air Isi Ulang

Sudah menjadi rahasia umum jika kegunaan lain dari pasir silika ini adalah untuk memfilter air isi ulang. Memiliki fungsi yang sangat esensial dalam hal filter, silika ini akan berguna untuk menghilangkan kotoran makro seperti lumpur dan partikel. Bahkan bisa digunakan untuk mengurangi turbiditas pada air.

Meskipun tidak hanya bisa dilakukan menggunakan pasir silika, Anda juga bisa menggunakan karbon aktif, pasir zeloit, resin, dan lain sebagainya. Namun, pasir silika ini dikenal sangat efektif untuk mengurangi kotoran dan memfilter bagian penampungan air isi ulang.

3. Untuk Air Ledeng/Tanah

Ketika Anda sedang membuat sumur bor tentu banyak kemungkinan yang terjadi seperti kontaminasi air dengan lumpur dan padatan lainnya. Hal ini tentunya akan membuat air berubah warna menjadi lebih keruh dan berbau. Kejadian ini biasanya terjadi ketika Anda mengebor kurang dalam.

Maka, untuk mengatasi hal ini Anda bisa mencoba untuk menggunakan pasir silika sebagai filter yang digunakan pada air ledeng atau tanah yang digunakan. Pasir ini bermanfaat untuk mengurangi kekeruhan pada kandungan air yang membuatnya menjadi jauh lebih jernih.

4. Untuk Sandblasting

Meskipun tidak banyak yang tahu mengenai proses sandblasting, sebenarnya sandblasting merupakan cara pembersihan suatu media menggunakan semprotan pasir bertekanan tinggi. Pasir ini banyak digunakan pada beberapa industri yang masih mengandalkan proses sandblasting.

Meskipun ada beberapa alternatif lain, pasir silika ini masih banyak digunakan dan diandalkan. Media yang keras seperti besi atau baja sering dibersihkan menggunakan media ini. Berbeda dengan media lain seperti kayu yang teksturnya lebih lembut akan diblasting menggunakan pecahan kaca.

5. Sand/Metalcasting

Proses ini merupakan cara yang digunakan untuk mencetak logam menggunakan pasir sebagai alat cetaknya. Langkah ini sangat umum digunakan untuk produksi komponen logam mulai dari jumlah yang kecil hingga besar. Ada beberapa alasan mengapa banyak orang menggunakan pasir silika untuk cara ini.

Salah satunya adalah harga pasir silika cenderung lebih murah dibandingkan dengan media lainnya, serta bahan ini juga dapat direcycle. Tentunya, pasir ini juga bisa bertahan pada temperatur yang tinggi, maka dibutuhkan beberapa bahan logam seperti besi, nikel, dan titanium.

6. Untuk Kucing/Hewan Peliharaan

Belum banyak yang tahu bahwa pasir silika ternyata sering digunakan untuk perawatan hewan peliharaan, khususnya kucing. Tentu Anda pernah mendengar yang namanya pasir untuk kotoran kucing agar tidak berbau dan lebih bersih. Pasir ini akan berfungsi untuk menyerap bau yang dihasilkan dan lebih efektif.

Baca juga : Fungsi Pasir Silika Untuk Keperluan Rumah Tangga Hingga Industri

Di Mana Tempat Membeli Pasir Silika?

manfaat pasir silika 3

Banyak orang yang membutuhkan pasir silika untuk berbagai kegunaan yang juga membutuhkan tempat menjual pasir ini yang original dan terpercaya. Untuk mencarinya Anda bisa langsung membeli di Indotrading yang memiliki banyak penjual supplier dan distributor pasir silika terpercaya.

Jika ingin berbelanja di indotrading, Anda akan mendapatkan barang yang berkualitas. Harga yang ditawarkan juga cukup kompetitif, dengan penjual terpercaya yang dapat memberikan barang yang dibutuhkan. Jangan lupa untuk mencari kategori yang sesuai.

Selain itu, Indotrading juga memberikan kemudahan dengan cara pembelian yang aman dan cepat. Anda tidak perlu mencari jauh-jauh dan takut untuk mendapatkan produk silika yang salah. Indotrading akan memastikan barang yang dijual orisinil dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Manfaat pasir silika yang cukup banyak dan sangat berguna ternyata memiliki banyak keunggulan saat ini. Namun, kebanyakan orang masih salah untuk memilih jenis pasir silika yang tepat untuk memberikan hasil yang diinginkan. Maka, Anda bisa mencoba untuk membelinya di Indotrading untuk hasil yang terbaik.

IndoTrading.com adalah Direktori Supplier No 1 Terbesar di Indonesia.

B2B Marketplace, B2B E-commerce, B2B, Pusat Distributor, Trading, Supplier, Agen, Grosir, Importir, Exportir dan Penyedia Jasa terlengkap di Indonesia.

© 2021 Indotrading.com. All Right Reserved.

To Top