Insight

Ketahui Berbagai Ukuran Gelas Plastik Sesuai Penggunaannya

ukuran gelas plastik

Ukuran gelas plastik sangat penting untuk kamu ketahui terlebih dulu sebelum kamu membuka bisnis minuman. Tak disangkal bahwa kemasan memiliki pengaruh penting dalam branding suatu produk. Kini sudah banyak para pedagang yang menyadari hal ini termasuk penjual minuman di pinggir jalan, sehingga sudah jarang kita temui penjual minuman yang masih menggunakan plastik bening seperti dulu.

Kebanyakan penjual sekarang beralih pada kemasan yang lebih menarik dan praktis. Bahkan beberapa penjual juga memberikan label khusus untuk minuman yang dijualnya, sehingga dagangannya akan semakin banyak dikenal karena memiliki identitas. Hal ini tentu akan berdampak baik pada pemasaran produknya.

Ragam Ukuran Gelas Plastik Sesuai Penggunaannya

Ukuran gelas plastik sangatlah beragam, itulah mengapa kamu harus memilih ukuran yang tepat sesuai kebutuhan produkmu. Jangan sampai kamu membelinya secara asal tanpa mempertimbangkan kesesuaiannya dengan produk yang kamu jual.

Ukuran gelas plastik biasanya menggunakan satuan oz, yang berarti ounce atau biasa kita kenal dengan satuan ons. Selama ini yang kita ketahui tentang ons adalah setara dengan 100 gram. Namun dalam hal kemasan gelas plastik ini, 1 ons (oz) yang dimaksud adalah 28,35 gr sesuai dengan sistem satuan Ons Avoirdupois Internasional.

Berikut adalah beberapa macam ukuran gelas plastik yang perlu kamu tahu:

Gelas plastik ukuran 12 oz

ukuran gelas plastik 2

Gelas ukuran 12 oz ini memiliki volume sebesar 350 ml. Gelas ini diameter atasnya berukuran 8 cm, sedangkan diameter bawahnya biasanya berkisar antara 5,5 cm. Kamu bisa menggunakan tutup yang datar maupun cembung untuk gelas ni. Ukuran 12 oz ini merupakan ukuran yang paling kecil, jadi tidak direkomendasikan untuk digunakan  sebagai wadah produk yang ditambah es batu.

Gelas dengan tinggi hanya sekitar 9,5 cm  ini akan lebih cocok digunakan untuk menyajikan minuman hangat, atau minuman yang dikemas untuk dimasukkan ke kulkas. Ukurannya yang relatif kecil, akan menguntungkanmu untuk menempatkan porsi yang pas dengan harga yang terjangkau.

Gelas plastik ukuran 14 oz

ukuran gelas plastik 3

Gelas ini adalah gelas yang banyak dipilih para pedagang yang mulanya berjualan menggunakan plastik es untuk berhijrah pada kemasan yang lebih praktis dan menarik. Kamu pernah datang pada suatu acara yang mana banyak para pedagang minuman yang berkeliling menawarkan minuman di gelas plastik? Biasanya mereka menjual minuman berupa es ter, es jeruk, atau es sirup. Gelas ukuran inilah yang mereka pakai.

Gelas ini memang tidak begitu besar. Namun dengan tinggi gelas 11 cm, gelas ini masih memungkinkan untuk diisi minuman yang juga diberi sedikit es batu. Kamu juga dapat memilih untuk menggunakan tutup datar atau cembung. Namun bagi kamu yang hanya berjualan minuman seperti es teh maupun es jeruk, tutup datar tentu lebih kami rekomendasikan karena lebih sesuai.

Baca Juga: Mengenal Jenis Gelas Plastik dan Tips Memilih untuk Kebutuhan Bisnis

Gelas plastik ukuran 16 oz

ukuran gelas plastik 4

Dibanding gelas ukuran 14 oz yang hanya dapat menampung volume 400 ml, gelas ukuran 16 oz rasanya lebih pas untuk digunakan sebagai kemasan minuman yang menggunakan es batu, karena memiliki daya tampung sebesar 470 ml. Gelas plastik ini memiliki tinggi 12 cm dengan diameter atasnya 8 cm dan diameter bawahnya 5,5 cm.

Gelas plastik ukuran 20 oz

Bisa dibilang gelas ini adalah gelas yang paling ideal untuk sebuah minuman yang memerlukan es batu lumayan banyak seperti jus, milkshake, maupun pop ice.  Gelas ini memiliki diameter atas 8 cm dan diameter bawahnya 5,5 cm. Tingginya yang 14 cm menjadikan gelas ini dapat menampung es dengan baik.

Kamu dapat memilih tutup cembung atau datar saat menggunakan gelas ini. Kamu bisa menyesuaikan dengan minuman apa yang kamu jual. Jika minuman yang kamu jual terdapat beberapa topping, kamu dapat memilih untuk menggunakan tutup cembung.

Gelas plastik ukuran 22 oz

Gelas ini adalah gelas yang umum digunakan oleh para penjual minuman kekinian. Apalagi berbagai produk semacam thai tea. Jika kamu hendak menjual produk minuman yang bertipe hampir sama, kamu dapat memilih gelas yang dapat menampung volume 640 ml ini. Gelas ini memiliki tinggi 15 cm.

Gelas plastik ukuran 32 oz

ukuran gelas plastik 5

Gelas plastik 32 oz ini adalah gelas plastik yang berukuran paling besar. Gelas inilah yang digunakan pada minuman berukuran large di berbagai kedai minuman. Minuman  ukuran ini sangat sesuai bagi kamu yang hobi minum dalam jumlah banyak karena akan lebih puas dan melepas dahaga.

Gelas berukuran 32 oz ini dapat menampung volume 930 ml dengan tinggi gelas 17,5 cm. Biasanya minuman berukuran large dengan menggunakan gelas plastik ukuran ini dijual dengan selisih harga yang tidak banyak dengan minuman yang menggunakan gelas berukuran reguler. Hal ini merupakan salah satu bagian dari strategi marketing.

Baca Juga: Tips Memilih Kantong Plastik Ramah Lingkungan Sesuai Kebutuhan

Nilai Plus Menggunakan Gelas Plastik

ukuran gelas plastik 1

Menambah nilai jual

Jika kamu menjual suatu minuman menggunakan plastik biasa, harga yang dapat kamu tawarkan paling mentok mungkin hanya sekitar 3000 rupiah saja. Namun jika kamu mau beralih pada kemasan gelas plastik ini, kamu dapat menjualnya dari harga Rp. 5.000 – Rp. 10.000.

Menarik atensi pembeli

Dibanding menggunakan kemasan plastik biasa, pembeli akan lebih tertarik pada minuman yang dijual menggunakan cup plastik karena tampak lebih modern. Selain itu, gelasplastik juga lebih praktis dan mudah dibawa ketimbang plastik biasa.

Bisa ditambahkan label produk

Branding menjadi sesuatu yang semakin penting di era sekarang ini. Tidak hanya berbagai produk yang dijual di tempat-tempat besar. Berbagai produk rumahan juga mulai menyertakan brand pada produk yang mereka produksi. Hal ini tentu saja dilatarbelakangi oleh kesadaran para pengusaha atas pentingnya merk produk demi memperluas pasar dan identitas khas.

Dengan menggunakan cup plastik, kamu dapat lebih mudah menambahkan label pada produk yang kamu jual. Sehingga daganganmu akan lebih banyak dikenal masyarakat luas.

Berbagai jenis dan ukuran gelas plastik tersebut, kamu dapat beli gelas plastik dengan mudah dan harga yang murah di Indotrading. Kami menyediakan berbagai keperluan usaha anda dari mulai mesin produksi, mesin kemas, bahkan kemasan itu sendiri. Selain gelas plastik, kami juga menyediakan berbagai kemasan lain yang dapat kamu sesuaikan dengan produk yang kamu jual.

Dengan adanya banyak kedai penjual minuman yang menggunakan gelas plastik ini, tentu akan menjadi peluang bisnis gelas plastik yang menjanjikan.  Karena sekarang telah banyak isu lingkungan yang semakin menentang penggunaan plastik sekali pakai secara berlebihan, kantong plastik yang kamu gunakan untuk produk minumanmu dapat kamu alihkan pada kantong plastik ramah lingkungan

Ukuran gelas plastik yang bermacam-macam jangan sampai membuatmu bingung. Kamu dapat melakukan  survey terlebih dulu untuk mengetahui gelas seperti apa yang sesuai dengan minuman yang kamu jual. Untuk mensurvey harganya, kamu dapat langsung mengunjungi Indotrading sekaligus berbelanja kebutuhanmu dengan mudah dan anti ribet.

To Top