Tips Bisnis

10 Tips Memulai Bisnis Kos kosan Selama Pandemi

bisnis kos kosan

Bisnis kos kosan menjadi salah satu bisnis yang bisa dikatakan cukup menjanjikan dalam jangka panjang. Tidak heran jika banyak yang tertarik menjalankan bisnis ini apalagi bagi mereka yang memiliki modal besar atau lahan luas.

Namun tahukah Anda di masa pandemi seperti sekarang ini ternyata bisnis kos-kosan juga terkena dampak sama halnya dengan usaha lainnya.

Datangnya pandemi ternyata juga membuat bisnis kos-kosan terjebak dalam kondisi yang cukup sulit. Apabila Anda tidak menyikapinya dengan baik, tentu saja bisnis kos-kosan yang Anda jalankan justru dapat mendatangkan kerugian atau bahkan bangkrut.

Nah, untuk Anda yang ingin memulai bisnis kos-kosan di masa-masa pandemi seperti sekarang, berikut ini beberapa tips yang bisa Anda terapkan. Apa saja itu? Berikut ulasan lengkapnya.

Baca Juga : Ide Bisnis Hampers Lebaran yang Bisa Raup Omset Jutaan

10 Tips Memulai Bisnis Kos kosan di Masa Pandemi

Ingin memulai bisnis kos-kosan? Pastikan untuk membuat perencanaan dan pertimbangan yang matang agar usaha yang Anda tawarkan dapat menarik perhatian pengunjung.

Ada banyak sekali tips yang bisa Anda lakukan untuk memulai bisnis kos-kosan khususnya di masa pandemi. Nah, untuk lebih jelasnya berikut ini tips-tips yang bisa Anda terapkan.

Mempercantik Tampilan Fisiknya

 

Salah satu hal penting yang perlu dipertimbangkan oleh calon penyewa sebelum memutuskan untuk memilih sebuah kos-kosan yaitu melihat dari tampilan fisiknya.

Umumnya calon penyewa akan melakukan survei terlebih dahulu di sekitar daerah yang diinginkannya. Tentu saja, kos-kosan yang Anda miliki tersebut bukan satu-satunya target survei dari calon penyewa.

Biasanya mereka akan membandingkan kos-kosan milik Anda dengan pihak kompetitor terutama dalam hal tampilan fisiknya. Untuk itu, jika Anda ingin banyak orang yang tertarik dengan kos-kosan Anda jangan lupa mempercantik tampilan fisik.

Hal tersebut bertujuan agar semakin banyak calon penyewa yang tertarik untuk menyewa kos-kosan di tempat Anda. Tampilan fisik yang baik tentu saja akan menjadi awal pengunjung tertarik untuk menyewa kamar kos di tempat Anda.

Tawarkan Konsep Kosan Unik

Jika Anda pengguna Instagram atau media sosial lainnya pasti pernah lihat banyak kosan yang menawarkan desain unik dan menarik. Tahukah Anda ternyata hal tersebut menjadi trik tersendiri untuk pemilik usaha agar bisnisnya semakin banyak peminatnya.

Untuk membuat konsepan ini pun tidak boleh dilakukan secara sebarangan. Anda perlu mencari tahu apa saja tren yang sekarang sedang berkembang dan mengaplikasikannya ke bisnis Anda.

Salah satu konsep yang sekarang ini sedang tren dikalangan remaja yaitu konsep hunian aesthetic. Nah, jika Anda ingin membuat konsep kosan yang kekinian pastikan untuk membeli perlengkapan yang tepat. Akan sangat menguntungkan jika Anda mendapatkan potongan harga dari bahan-bahan yang Anda beli dalam jumlah banyak.

Biaya Sewa yang Sesuai Rate

Tips selanjutnya yang juga tidak kalah penting yaitu masalah biaya sewa. Perlu Anda ketahui bahwa harga sewa sangat mempengaruhi bagaimana tingkat occupancy sebuah rumah indekos. Dalam hal ini Anda harus memastikan bahwa biaya sewa yang Anda tawarkan benar-benar sesuai dengan rate atau pasaran kamar kos yang ada di daerah Anda. Sebaiknya jangan mematok harga yang terlalu tinggi karena dapat membuat calon penyewa beralih ke tempat lain.

Meski begitu, jangan juga menawarkan harga yang terlalu murah karena tidak semua kos yang dipatok dengan biaya yang murah dapat membuatnya jauh lebih ramai.

Hal tersebut terjadi karena terkadang beberapa orang curiga dengan harga kamar kos yang terlalu murah takut jika keamanannya kurang terjamin. Oleh karena itu, sebelum menetapkan harga ada baiknya untuk melakukan riset harga pasar terlebih dahulu.

Fasilitas yang Sesuai Harga

Tahukah Anda selain harga sewa dan tampilan, tidak dapat di pungkiri jika fasilitas juga menjadi faktor yang penting. Nah, jika Anda ingin menetapkan harga sewa yang tinggi maka Anda harus memberikan fasilitas yang lengkap dan bagus.

Seperti yang diketahui, fasilitas menjadi salah satu faktor mengapa seseorang cenderung memilih sebuah kamar kos. Namun perlu diingat bahwa fasilitas yang diberikan di sini bisa disesuaikan dengan target market kos-kosan sekitar.  Umumnya fasilitas kos-kosan eksklusif yang diberikan di beberapa kota besar tersedia dalam berbagai pilihan.

Fasilitas umumnya seperti pendingin ruangan, kamar mandi dalam, akses internet, parkir luas, dapur bersama, layanan keamanan 24 jam dan masih banyak lagi. Namun jika Anda membuka kos-kosan bukan di kota besar maka bisa menyesuaikan dengan keadaan sekitar dan juga biaya sewa.

Pilih Lokasi yang Strategis

Untuk Anda yang berencana untuk membuka bisnis kos kosan di masa pandemi ini maka disarankan untuk memilih lokasi yang benar-benar strategis. Jangan sampai karena salah pertimbangan lokasi justru membuat bisnis yang mulai Anda jalankan merugi atau bahkan bangkrut.

Umumnya para penyewa kos akan memilih lokasi yang dengan fasilitas publik atau transportasi umum. Selain itu mereka juga akan memilih kos-kosan yang dekat dengan pusat perbelanjaan, kampus, kantor dan lain sebagainya. Oleh karena itu, agar bisnis yang Anda jalankan semakin ramai setiap tahunnya, pastikan untuk memilih lokasi yang tepat atau strategis.

Baca Juga : 20 Daftar Bahan – bahan Bangunan Rumah yang Pasti Ada

Pilih Bangunan yang Tepat

Tips yang selanjutnya ini sangat cocok untuk Anda yang belum memiliki properti pribadi. Jadi Anda bisa langsung membeli bangunan kos kosan yang sudah jadi dengan risiko model kamar tidak bisa Anda konsep sedari awal.

Sekarang ini sudah banyak sekali pilihan info jual kos yang bisa dijadikan pertimbangan mulai dari bangunan yang masih baru atau sudah lama sekalipun.

Nah, untuk Anda yang berencana untuk membeli bangunan baru jangan lupa untuk memperhatikan sertifikat propertinya. Sedangkan jika bangunannya sudah lama maka Anda juga perlu melihat bagaimana kondisinya apakah masih layak atau tidak.

Dalam hal ini Anda harus benar-benar teliti sebelum memutuskan karena ditakutkan Anda justru mengeluarkan uang lebih banyak untuk melakukan renovasi. Jadi, pastikan untuk lebih berhati-hati ya!

Fasilitas Keamanan 24 Jam

Selain beberapa tips yang sudah disebutkan di atas, hal lainnya yang tidak kalah penting saat memulai bisnis kos-kosan di masa pandemi yaitu menyediakan fasilitas keamanan 24 jam.

Seperti yang diketahui, keamanan selama tinggal di kamar kos menjadi salah satu prioritas utama. Sehingga tidak heran jika para pemilik kos menetapkan beberapa peraturan agar menjaga kondisi kos tetap aman dan nyaman.

Jika memang dibutuhkan, Anda mungkin juga perlu menyediakan penjaga kos yang berperan layaknya security. Hal ini dimaksudkan agar kendaraan atau barang-barang berharga dapat terjaga dengan aman. Sehingga risiko pencuri yang menyamar dapat diminimalisir dengan baik.

Nah, jika Anda berencana untuk membuka kos-kosan untuk putri maka sebagai pemilih atau pengelola Anda juga perlu waspada. Jangan sampai terjadi hal-hal yang justru tidak diinginkan.

Perhatikan Masalah Kebersihan

Seperti yang diketahui, kebersihan menjadi salah satu faktor seseorang merasa nyaman tinggal di suatu tempat. Tidak heran jika banyak yang menyebutkan bahwa rumah yang bersih akan membuat seseorang betah berada di di rumah tersebut dalam jangka waktu yang lumayan lama.

Tahukah Anda ternyata kebersihan menjadi salah satu kunci agar bisnis kos-kosan Anda ramai dan laku tersewa. Saat memilih sebuah kosa-kosan para penyewa tentu akan memilih tempat yang mana mereka merasa nyaman berada di sana.

Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin menjalankan bisnis kos-kosan apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini penting untuk memperhatikan masalah kebersihan. Selain itu, Anda sebagai pemilik kos juga perlu memberikan kesadaran kepada pihak penyewa agar bisa tetap menjaga kenyamanan dan kebersihan kamar kosnya.

Adanya Pelayanan Khusus

Di kota-kota besar beberapa pemilik kos akan memberikan pelayanan khusus pagi para penyewa kamar kosan. Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk diferensiasi atau yang membedakan kosan Anda dengan kompetitor.

Misalnya terdapat layanan resepsionis yang berfungsi menerima berbagai informasi penting atau paket jika ada penyewa kosan yang membeli barang secara online.

Pada beberapa kosan khususnya yang sasaran utamanya adalah kalangan menengah-atas menyediakan fasilitas laundry. Adanya fasilitas ini akan memudahkan penghuni kos yang ingin mencuci baju dengan mudah dan praktis.

Fasilitas ini sangat cocok untuk mereka yang kerja kantoran mulai dari pagi sampai sore sehingga tidak memiliki banyak waktu untuk mencuci bajunya sendiri. Dengan menyediakan pelayanan khusus tersebut Anda bisa mengambil keuntungan baik dalam bisnis kos-kosan ataupun bisnis laundry.

Baca Juga : Cara Membuat Instagram Ads untuk Promosi Bisnis Anda

Promosikan Kos-kosan Anda

Satu lagi tips yang perlu Anda perhatikan saat akan memulai bisnis kos-kosan di masa pandemi seperti sekarang yaitu melakukan promosi. Seperti yang diketahui, sekarang ini sebuah bisnis bisa dipromosikan dengan mudah karena kemajuan teknologi.

Sudah tersedia banyak sekali platform atau media sosial yang bisa dimanfaatkan sebagai media promosi. Anda bisa menggunakan media sosial seperti instagram, Facebook, WhatsApp dan lain sebagainya untuk mempromosikan bisnis Anda.

Seperti yang kita tahu, di zaman yang sudah sangat modern saat ini masyarakat cenderung tertarik melakukan jual beli melalui media sosial. Umumnya saat seseorang ingin mencari suatu hal mereka melakukan browsing terlebih dahulu melalui Google.

Perlu diketahui, saat ini media online menjadi salah satu media yang menawarkan tingkat keberhasilan penjualan produk paling besar.

Namun perlu diingat, selain beriklan melalui platform media sosial Anda juga perlu melakukan iklan konvensional seperti membuat petunjuk di depan usaha. Dengan memasang petunjuk di depan usaha akan semakin meningkatkan peluang seseorang tertarik dan tahu bahwa kos yang Anda miliki masih tersedia.

Nah, untuk Anda yang berencana untuk membuka bisnis kontrakan di era pandemi seperti sekarang ini pastikan untuk menerapkan 10 tips di atas.

Seperti yang diketahui sekarang ini peluang bisnis properti bisa dikatakan masih sangat bagus. Oleh karenanya jika Anda memiliki modal yang besar tidak ada salahnya untuk membuka bisnis properti atau investasi properti yang sekarang ini sudah banyak tersedia.

Bagi yang sekarang ini sedang memulai bisnis kos kosan dan bingung bagaimana interior dan bahan-bahan apa saja yang dibutuhkan, Indotrading bisa menjadi solusinya. Kami menyediakan banyak sekali pilihan jasa yang bisa disesuaikan dengan bisnis Anda.

Lalu, mengapa Anda harus membuat permintaan pada kami? Kami menawarkan banyak sekali keuntungan yang pastinya menguntungkan Anda. Langsung saja, untuk informasi lebih lanjut bisa langsung cek di website resmi indotrading. Semoga bermanfaat!

To Top